Uncategorized

10 Instrumen Meksiko yang Layak Dipelajari

Musik Meksiko hadir dalam banyak variasi yang kaya dan beragam, dari ranchera dan mariachi hingga balada dan rock.

Setiap kategori dan genre musik Meksiko memiliki suara unik, gaya penampilan, dan kelompok instrumen Meksiko yang membuatnya unik.

Ada sejumlah lagu-lagu Meksiko populer yang telah mencapai daya tarik luas, namun, ada begitu banyak musik Meksiko daripada memenuhi mata.

Jika Anda menyukai suara latin pedas dari Carlos Santana, keindahan sedih dari balada romantis tulus yang dinyanyikan oleh Selena atau kegembiraan band Mariachi, maka Anda akan ingin belajar lebih banyak tentang instrumen Meksiko yang membuat genre musik yang istimewa ini. sangat hidup dan menyenangkan.

Tentu saja, sebagian besar musik yang keluar dari Meksiko dinyanyikan dalam bahasa Spanyol. Untuk benar-benar menikmati beberapa suara favorit Anda, Anda dapat mempelajari dasar-dasar bahasa Spanyol dasar sehingga Anda dapat memahami liriknya.

Guitarrón Mexicano

instrumen MeksikoThe Guitarron mexicano mungkin terdengar sangat mirip dengan instrumen lain yang Anda mungkin sudah terbiasa; gitar.

Bahkan, namanya diterjemahkan menjadi “gitar Meksiko”! Dalam banyak hal, ini sangat mirip, dalam hal ini adalah alat musik petik yang dipetik yang terlihat sangat mengerikan seperti namanya tetapi pada kenyataannya itu sangat berbeda dari gitar yang Anda mungkin paling kenal.

Untuk satu hal adalah jauh lebih besar – sekitar 2 kali lebih besar dari gitar – dan lebih mirip bass daripada gitar.

Itu juga fretless dengan leher pendek dan punggung cembung. Jika Anda pernah melihat band Mariachi langsung maka Anda telah melihat guitarrón mexicano. Biasanya ada 2 dari mereka bersama vihuela yang lebih kecil, yang akan kita bahas selanjutnya.

Vihuela

Vihuela adalah instrumen yang jauh lebih kecil, dan memiliki lima senar di mana sepupunya yang lebih besar, guitarrón mexicano, memiliki enam. Ini juga memiliki cembung kembali, dan tampak sangat mengerikan seperti instrumen yang kemungkinan berasal: kecapi.

Ini sebenarnya berbagi nama dengan vihuela Spanyol, tetapi kedua instrumen tidak terlalu mirip. Sebaliknya, vihuela Meksiko lebih terkait dengan jerawat Spanyol daripada namanya sendiri.

Ini sebenarnya sangat mirip dengan guitarron mexicano, kecuali bahwa ia gelisah di sepanjang leher dan memiliki nada yang jauh lebih tinggi ketika dipetik atau dipetik.

Bajo Quinto / Bajo Sexto

Dua instrumen bass ini sangat mirip satu sama lain, tetapi sepenuhnya unik dalam keluarga instrumen senar. Bajo quinto memiliki tidak kurang dari 10 senar disetel dalam kursus ganda (digantung sangat erat berdampingan), sedangkan bajo sexto memiliki 12 senar kekalahan disetel dalam kursus ganda. Terlepas dari kenyataan bahwa kedua instrumen berasal di selatan Meksiko, mereka terutama ditemukan dalam musik Norteno.

Nama ini secara harfiah berarti “utara”, dan kadang-kadang disebut sebagai “Tex-Mex” karena prevalensinya di sepanjang perbatasan utara Meksiko, dekat Texas.

Arpa Jarocha

instrumen MeksikoArpa jarocha adalah instrumen lain yang akrab dengan twist-kali ini pada kecapi barok. Itu terlihat sangat mirip dengan harpa gaya tradisional atau anglo, dalam hal ini memiliki 36 senar dan dimainkan sambil berdiri, tetapi dimulai sebagai harpa duduk yang lebih kecil.

Kecapi ini unik karena ada banyak kecapi yang ada di seluruh Amerika tengah sebelum Spanyol memperkenalkan kecapi barok ke wilayah tersebut, tetapi orang-orang Veracruz menafsirkan kembali instrumen tersebut untuk menjadikannya instrumen yang benar-benar baru.

Ini terutama digunakan dalam musik grup, terutama contunjo jarocho atau musik jarochos sones, jenis musik rakyat yang dimainkan sebagai ansambel dengan harpa sebagai melodi utama dan instrumen Meksiko lainnya seperti gitar jarana dan requinto.

Banyak penggemar sones jarochos menggambarkannya sebagai campuran antara ketukan dan melodi Spanyol dan Afrika.

Flauta de Tres Hoyos

Nama instrumen ini diterjemahkan menjadi “seruling tiga lubang” dan itu menggambarkannya dengan sempurna! Ini sangat mirip dengan apa yang Anda sebut peluit sen, kecuali bahwa ia memiliki, cukup mengejutkan, hanya tiga lubang.

Itu kecil dan perkasa – tujuan ukurannya yang kecil adalah untuk memungkinkan pemain suling bermain instrumen lain seperti lonceng atau instrumen perkusi di tangan mereka yang lain. Jenis instrumen ini juga disebut sebagai pipa tabor atau hanya tabor.

Ocarina

instrumen MeksikoOcarina adalah instrumen yang umum bagi banyak kelompok instrumen di seluruh dunia – bukan hanya instrumen Meksiko.

Ini adalah hal kecil yang lucu, dan banyak orang menggambarkan bentuknya hampir seperti kapal selam. Tentu saja, mustahil bagi kapal selam untuk menjadi inspirasinya, mengingat ocarina sudah berusia lebih dari 12.000 tahun!

Ocarinas Meksiko dan instrumen Meksiko lainnya seperti itu biasanya merupakan instrumen rakyat dari budaya mesoamerika dan kadang-kadang dibentuk menjadi burung, kura-kura, atau totem sebagai cerminannya. Mereka sering digunakan dalam ansambel musik rakyat Meksiko dunia lama.

Terompet

Terompet adalah instrumen pokok dalam musik jazz Meksiko dan Mariachi, tetapi tidak selalu seperti ini! Bahkan, tidak sampai tahun 1950-an bahwa dua musisi mariachi terkenal,  Silvestre Vargas dan Rubén Fuentes memperkenalkan instrumen untuk suara Mariachi, yang disebut  putra .

Mereka mengambil inspirasi dari kegilaan musik Jazz yang melanda negara dan dari suara khas Kuba yang memanfaatkan trompet. Terompet itu sendiri adalah instrumen mapan.

Sudah ada sejak lama dan telah melalui sejumlah inkarnasi dari coronet ke terompet. Ini adalah instrumen yang sangat populer bagi orang-orang yang ingin mengambilnya, dan mudah untuk mengetahui alasannya.

Belajar memainkan trompet adalah cara yang bagus untuk membuka semua jenis jalan musik untuk diri sendiri, apakah Anda ingin menggunakannya sebagai salah satu dari banyak instrumen Meksiko, cobalah suara band besar, atau pergi untuk sesuatu yang sedikit lebih orkestra.

Akordeon

instrumen MeksikoAkordeon adalah instrumen lain yang akan Anda temukan dalam genre musik Meksiko.

Apakah itu mengejutkan Anda? Lagi pula, siapa pun yang pernah mendengar akordeon dalam beberapa lagu polk oom-pah-pah kuno yang baik pasti akan setuju bahwa tidak ada banyak bumbu latin untuk instrumen ini.

Jadi bagaimana kita menghitungnya di antara instrumen Meksiko lainnya yang tercantum di sini? Ya, itu penting dalam musik norteño dan tejano.

Seingat Anda, yang pertama sering disebut sebagai Tex-Mex karena popularitasnya di sepanjang perbatasan Texas-Meksiko.

Yang terakhir sebenarnya adalah kata yang  berarti Texas. Ini penting karena salah satu pemukiman Jerman pertama yang didirikan oleh imigran Jerman berada di Texas, dan mereka membawa akordeon. Setelah Anda tahu itu, tidak sulit untuk melihat bagaimana itu diadopsi oleh musisi Meksiko terdekat.

Marimba

instrumen MeksikoMarimba sangat mirip gambang, dan seperti arpa jarocha, ia lahir di Veracruz. Itu secara tradisional terbuat dari batang kayu dengan resonator (ini menyerupai pipa terbalik seperti yang Anda temukan pada organ pipa) yang melekat padanya, dan kemungkinan berasal dari gambang, yang kemungkinan diperkenalkan ke Meksiko pada abad ke-16 atau ke-17.

Maya membuat resonator dari labu, menurut catatan yang kita miliki saat itu. Ketika mereka dipukul dengan palu mereka membuat suara dering yang indah dan halus. Saat ini, banyak marimbas yang terbuat dari logam dan bukan kayu, tetapi mereka sama instrumentalnya dengan nada jarochos seperti arpa yang telah kita bahas sebelumnya.

 

Drum Gesekan

instrumen MeksikoDrum gesekan, yang merupakan instrumen perkusi membran yang secara alternatif disebut arcusa atau tigrera, adalah drum sederhana yang ditutupi dengan membran kencang yang kemudian disapu atau dihantam dengan jari, tongkat, telapak tangan seseorang, buluh, atau bahkan kuas. Ketika membran dibasahi atau ditekan, suara juga akan berubah dalam nada atau nada.

Instrumen perkusi bersifat universal. Anda akan menemukan mereka di mana saja dari Meksiko ke Uganda ke Jepang, dan mempelajari beberapa teknik drum dasar dapat membawa Anda secara harfiah ke seluruh dunia!

Sekarang Anda tahu lebih banyak tentang instrumen Meksiko yang digunakan dalam musik Meksiko dan banyak tradisi dan rasa musik besar lainnya.

Satu-satunya hal yang harus Anda lakukan adalah mencoba memainkan satu atau lebih instrumen ini sendiri! Tempat yang bagus untuk memulai adalah mempelajari dasar-dasar musik – blok bangunan dari upaya pengembangan keterampilan musisi.

Mungkin Anda akan ingin menuju ke arah sesuatu yang sedikit lebih eksperimental dan melihat bagaimana Anda dapat mengintegrasikan teknik bermain marimba Anda ke dalam produksi musik elektronik ,menggunakan program perangkat lunak seperti Logic Pro yang populer.

Ada begitu banyak kemungkinan yang menunggu untuk ditemukan! Bagian terbaik dari membuat musik adalah Anda memiliki begitu banyak pilihan kreatif. Apa yang akan Anda lakukan dengan pengetahuan baru Anda?

Author

Mbun Tam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *