Mengenai  3 Masjid Utama dalam Islam yang Harus Anda Tahu

0 Comments

Untuk semua umat beragama Islam, masjid merupakan tempat untuk melakukan ibadah. Oleh karenaya masjid merupakan tempat yang sangatlah mulia dan suci sehingga memang sangat dihargai oleh para umat Islam. Masjid bagi umat muslim tidak hanya sekedar tempat suci ataupun lambang saja tetapi juga untuk mengerjakan berbagai hal yang tujuan atau sifatnya membesarkan serta mengagungkan Allah. Nah, dari semua masjid yang ada di dunia ini, ada tiga masjid yang mempunyai kedudukan atau standar yang lebih utama. Pastinya umat muslim sejati sudah mengetahui 3 masjid utama dalam Islam tersebut. Bagi yang belum mengetahui, ketiga masjid tersebut adalah Masjidil Haram, Majid Al-Aqsha dan Masjid Nabawi.

Pada  3 masjid utama dalam Islam yang mana seluruh umat islam di dunia wajib untuk mengunjunginya karena memang menjadi keutamaan. Tentunya ketiga masjid ini mempunyai kedudukan tersebut karena terdapat beberapa alasan yang mendasari. Sejarah dari ketiga masjid utama dalam Islam ini juga harus Anda ketahui sebab juga  mampu membuat Anda mengerti mengapa dijadikan sebagai keutamaan. Maka dari itulah Anda harus mampu mengenal ketiga masjid ini terutama mengenai alasan mengapa masjid tersebut mempunyai keududukan yang utama serta sejarahnya. Apabila Anda sudah mengenal ketiga masjid utama dalam Islam dengan baik terutama mengenai kedua hal tersebut maka pengetahuan mengenai Islam akan semakin meningkat lagi.

pexels.com

Alasan 3 Masjid Utama dalam Islam

Tentunya ada banyak alasan mengapa Masjidil Haram, Masjid Al-Aqsha dan  Masjid Nabawi menjadi 3 masjid utama dalam islam. Anda harus mengetahui semua alasan tersebut agar nantinya ketika mempunyai kesempatan mengunjunginya, dapat lebih menghayati dan lebih berkesan lagi. Adapun berikut adalah berbagai alasan ketiga masjid  tersebut menjadi yang utama dalam Islam yang sudah seharusnya  diketahui semua umat muslim:

  1. Masjidil Haram

Seperti yang diketahui, bahwa Masjidil Haram merupakan masjid yang terdapat pada kota suci yakni Mekkah.  Masjid inilah merupakan rumah ibadah yang pertama di dunia didirikan. Ka’bah yang ada dalam Masjidil Haram menjadi keutamaannya yang dijadikan sebagai kiblat bagi semua umat Islam diseluruh dunia. Perlu Anda ketahui bahwa setiap tahunnya, masjid ini menjadi tempat bagi umat islam menunaikan ibadah haji pada saat bulan Zulhjjah. Selain itu, ibadah umrah setiap waktunya umat Islam tunaikan di Masjidil Haram ini. Maka dari itulah tidak heran apabila banyak orang membanjiri tempat ibadah tersebut tanpa henti. Terdapat beberapa alasan lain mengapa Masjidil Haram menjadi ketiga masjid  utama dalam Islam  selain dari Ka’bah yang telah disebutkan tadi.  Beberapa alasan tersebut berhubungan dengan Keagungan Allah SWT yang bisa langsung dijumpai pada masjid tersebut yakni adanya air zam-zam, pijakan batu Nabi Ibrahim yakni batu Mawam, Hajar Aswad batu berwarna hitam yang berasal (turun) dari surga dan masih banyak lagi.

  1. Masjid Al-Aqsha

Sebelum Masjidil Haram menjadi arah kiblat dari umat mislim, Masjid Al-Aqsha yang terdapat di Palestina menjadi yang pertama. Hal ini menjadi alasan mengapa masjid tersebut menjadi salah satu dari ketiga masjid  utama dalam Islam. Selain itu, ada alasan lain yang tidak boleh Anda lewatkan pula, seperti misalnya dapat ditemukannya banyak jejak islam maupun perkembangan Islam pada  masjid ini. Ketika peristiwa Isra Miraj, tempat ini dijadikan persinggahan dari Nabi Muhammad SAW. Tak hanya itu saja alasannya,  Masjid Al-Aqsha ini menjadi bangunan kedua di bumi yang tempatkan oleh Allah SAW.

  1. Masjid Nabawi

Masjid Nabawi merupakan masjid ketiga dari salah satu ketiga masjid  utama dalam Islam.  Masjid ini merupakan masjid dengan ukuran terbesar kedua di dunia yang dibangun oleh Rasulullah dengan anshor dan muhajirin para sahabatnya. Didalam masjid ini ada Raudhah alias nama dari makam nabi dengan arti taman surga. Untuk mengenali Raudhah ini sangatlah mudah karena Anda bisa langsung mengetahuinya lewat kubah dengan warna hijau. Kubah tersebut terletak disamping mimbar tempat imam mempimpin ibadah shalat, alias bagian selatan Masjid Nabawi ini.  Dari masjid inilah berbagai ajaran Islam yang  berisi dengan ajaran penuh kemuliaan mulai disebarkan ke seluruh dunia.  Pada setiap waktu, salah satu masjid dari ketiga masjid  utama dalam Islam ini tidak pernah sepi dengan umat muslim yang menulaikan ibadah haji atau umrah.

pexels.com

Sejarah Ketiga Masjid Utama dalam Islam

Sesudah mengatahui mengapa Masjid Al-Aqsha, Masjid Nabawi dan Masjidil Haram menjadi 3 masjid  utama dalam Islam, Anda harus mengetahui sejarah mengenai ketiganya pula.  Berikut adalah sejarah singkat mengenai ketiga masjid utama tersebut:

  1. Masjidil Haram

Seperti yang diketahui, bahwa Masjidil Haram merupakan rumah ibadah pertama di dunia. Masjid ini sudah ada semenjak zaman dari nabi Adam as. Kemudian pendiriannya  diteruskan oleh Nabi Ibrahim As bersama dengan Nabi Ismail As putranya sekitar beberapa ratus tahun kemudian. Hal ini dilakukan karena terdapat perintah dari Allah SWT.  Pada masa Kekahlifahan Umar Bin Khattab yakni pada 639 M atau tahun 17 H, Masjidil Haram diperluas pertama kali. Pada saat ini luas masjid tersebut mencapai 328.000 meter persegi  yang mana saat shalat berjamaah mampu menampung hingga 730.000 umat muslim banyakknya.

  1. Masjid Al-Aqsha

Masjid Al-Aqsha yang merupakan bagian dari ketiga masjid  utama dalam Islam ini terletak pada kawasan khusus bernama Haram al Quds Al Syarif di Yerusalem Timur. Dalam kawasan ini terdapat dua masjid sekaligus yakni Masjid As- Saqrah yang kubahnya mempunyai warna keemasan dan Masjid Al-Aqsha dengan kubah berwarna abu-abu. Saat ini, umat muslim yang hendak berkunjung atau beribadah di masjid Al-Aqsha ini sangatlah sulit tapi Anda tetap bisa memanfaatkan tour masjidil aqsa untuk membantu pergi ke masjid ini. Penyebabnya adalah pemerintah Yahudi yang menguasai negri tersebut semenjak puluhan tahun lalu.  Maka dari itulah hingga saat ini, umat muslim melawan kaum Zionis Israel dengan sekuat tenaga dan gigih agar segera pergi dari lahan yang telah dijajah semenjak tahun 1967.

pexels.com
  1. Masjid Nabawi

Untuk menentukan dimana masjid Nabawi ini dibangun sangatlah penuh dengan suasana menegangkan. Pasalnya memang  setiap kaum anshor Madinah mempunyai harapan agar  tanah atau rumah kepunyaannya bisa dijadikan tempat dimana masjid  dibangun bagi kaum umat islam di Madinah sekaligus merupakan  rumah untuk Nabi Muhammad SAW. Akhirnya pemilihan tempat dimana Masjid Nabawi ini didirikan dipilih oleh unta milik Rasulullah. Saat itu unta berhenti pada sebuah rumah Abu Ayub Al Anshori yang merupakan rumah kepunyaan dari Sahabat Anshor.

 

Demikianlah itu tadi merupakan beberapa informasi yang harus Anda simak dengan seksama agar dapat mengenal 3 masjid utama dalam Islam dengan baik.  Dengan mengetahui alasan dan sejarah dari ketiga masjid ini pastinya akan sangatlah berguna bagi Anda. Maka, jangan sampai mengabaikan semua informasi penting  yang berguna untuk mengenal ketiga masjid utama ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *