Membuat Anti Rayap Sendiri Di Rumah

0 Comments

Rayap adalah serangga yang menjadi musuh paling berbahaya untuk manusia. Terutama untuk rumah. Kehadiran hewan yang satu ini sangat mengganggu eksistensi rumah. Apalagi jika di dalam rumah terdapat bahan-bahan dari kayu. Rayap merupakan musuh untuk perabotan kayu. Sehingga kehadiran rayap harus segera dibasmi untuk menyelamatkan kondisi rumah beserta semua perabotan yang terbuat dari kayu. Solusinya adalah dengan menggunakan zat khusus yang berfungsi sebagai anti rayap. Alasannya adalah zat tersebut dapat mengusir rayap serta membuat rayap tidak kembali lagi ke rumah untuk merusak semua perabotan yang anda miliki di dalam rumah.

Anti Rayap Alami

Menghilangkan rayap merupakan sebuah pekerjaan rumah yang cukup menyita waktu. Penggunaan senyawa kimia kadang dipilih sebagai solusi untuk membunuh para rayap yang sudah ada di dalam rumah dan perabotan kayu di dalam rumah. Namun kekurangannya adalah penggunaan senyawa kimia sangat tidak aman untuk lingkungan. Selain itu dampak jangka panjang yang akan terjadi di dalam rumah juga cukup berbahaya. Sehingga diupayakan untuk menggunakan bahan-bahan yang relatif lebih aman untuk lingkungan sekitar serta tidak memiliki residu kimia yang berpotensi membahayakan rumah dan juga isinya. Penggunaan bahan alami sangat disarankan untuk mengatasi rayap yang sudah membandel. Meskipun memang membutuhkan waktu untuk menuntaskannya.

pxhere.com

Bahan pertama yang bisa dijadikan pembunuh rayap di dalam rumah adalah rumput vetifer. Tanaman yang satu ini cocok untuk dijadikan tanaman yang ditanam di dalam pekarangan rumah. Meskipun dijadikan tanaman untuk pekarangan rumah, ternyata rumput ini memiliki kandungan zat nookatone mampu  mengusir rayap yang ada di dalam rumah. Aromanya yang harum membuat rumput ini juga sering dijadikan bahan dasar untuk membuat parfum. Bukan hanya rayap yang tidak suka dengan aroma yang dimiliki oleh tanaman yang  satu ini, ternyata ada jangkrik, semut, dan kecoa juga tidak suka dengan aroma yang ditimbulkan oleh rumput fetiver. Caranya sangat mudah untuk menggunakannya. Yakni cukup ditanam saja di halaman rumah kemudian rayap akan pergi dari rumah.

Bahan kedua alami yang bisa dijadikan bahan anti rayap yang paling ampuh untuk membuat rayap pergi dari rumah adalah buah bintaro. Buah yang satu ini tergolong cukup jarang dan sulit ditemukan. Meskipun sulit ditemukan, tetapi ternyata buah ini merupakan jenis buah yang sangat efektif untuk menghilangkan dan juga membunuh rayap yang ada di dalam rumah. Kandungan zat certerin yang ada pada buah bintaro sangat beracun untuk rayap. Bukan hanya untuk rayap saja, bagi manusia, zat ini juga cukup beracun. Meskipun menjadi tanaman yang beracun, tanaman ini bisa ditemukan di tepi jalan. Cara penggunaanya sangat mudah. Cukup buat buah bintaro ini menjadi  campuran buah bintaro dengan air. Buah harus dihaluskan untuk kemudian dijadikan semprotan yang bisa disemprotkan pada semua material kayu di dalam rumah.

Bahan ketiga yang dapat mengusir rayap dari rumah adalah daun mint. Aromanya yang khas serta tajam ternyata dapat digunakan untuk mengusir rayap dari rumah. Daun mint yang biasa dipakai untuk aneka minuman maupun untuk berbagai produk, ternyata merupakan racun untuk rayap. Zat yang ada di dalam daun mint sangat tidak disukai oleh rayap.cara untuk mengusir rayap dengan daun mint sangat sederhana. Hanya perlu menanamnya saja di rumah, maka rayap akan pergi dengan sendirinya karena tidak suka dengan aroma daunnya yang sangat tajam menusuk bagi rayap.

pxhere.com

Pengusir  Rayap Alami

Bahan alami yang bisa dijadikan obat khusus untuk anti rayap jumlahnya cukup banyak di alam. Bahkan beberapa diantaranya sering digunakan di dalam masakan rumahan. Bahan yang dimaksud adalah cabai merah. Tanaman cabai yang biasanya dapat menimbulkan sensasi rasa pedas pada masakan ternyata bisa digunakan untuk membunuh rayap. Cabai merah yang ditanam di halaman rumah dapat menimbulkan rasa pedas serta sensasi terbakar untuk rayap. Selain itu, aromanya dari cabai merah membuat rayap tidak ingin dekat-dekat dengan rumah atau perabotan anda. jadi selain dapat digunakan dalam masakan tanaman cabai merah dapat dipakai melindungi rumah dari rayap.

Penggunaan cabai merah sebagai pengusir rayap sangat mudah. Selain dengan menanam di dalam pot dan membiarkannya tumbuh subur di dalam rumah, anda bisa menggunakannya dengan cara sebagai semprotan khusus untuk mengusir rayap. Caranya adalah dengan merendam cabai merah di dalam air selama seharian penuh. Kemudian, anda bisa menyaringnya. Air yang menjadi sari cabai merah tersebut. Kemudian tambahkan dengan sabun cuci piring. Cairan dan campuran inilah yang merupakan semprotan khusus untuk menghilangkan rayap. Setelah jadi semprotan bebas dari rayap, maka anda bisa menggunakan secara rutin untuk disemprotkan pada seluruh perabotan rumah yang terbuat dari kayu.

pxhere.com

Menggunakan obat anti rayap yang dibuat dari bahan alami tentu saja akan membuat rumah menjadi bebas dari rayap. Rayap yang mengganggu akan hilang seketika dengan menggunakan obat-obatan alami yang akan membuat rumah terbebas dari rayap yang mengganggu. Itulah mengapa bahan alami juga lebih aman untuk lingkungan dan juga membuat rumah bebas dari rayap.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *