Uncategorized

Apa Itu Daun Tapak Liman ?

 

Sebagai salah satu negara yang berada di kawasan Asia tentu saja membuat Indonesia termasuk dalam kawasan hutan tropis. Keuntungan berada di kawasan tropis adalah membuat Indonesia mempunyai beberapa tumbuhan yang berkhasiat untuk kesehatan. Salah satu tumbuhan berkhasiat untuk kesehatan adalah daun tapak liman. Pernah mendengar daun tapak liman? Daun ini merupakan tanaman obat – obatan untuk mengatasi penyakit seperti gangguan hati, kanker, anti bisa, anti diabetes, penyakit asma, disentri dan masih ada banyak manfaat untuk kesehatan lainnya.  Ada banyak kandungan yang baik untuk kesehatan yang ada di dalam daun ini sehingga mulai banyak diolah untuk pengobatan. Walaupun masuk dalam tanaman yang banyak dicari untuk pengobatan, namun daun ini terbilang mempunyai harga yang terjangkau. Harga dari daun ini tidak sampai puluhan ribu per kilonya, namun tergantung dengan penjualnya ingin memasang harga seberapa.

Pengolahan Daun Tapak Liman Untuk Pengobatan

Daun tapak liman ini mempunyai sebuah batang yang bercabang dan juga kaku. Daun itu juga mempunyai bunga yang berwarna – warni mulai dari warna putih dan merah dengan panjang mencapai 80 cm. Cara mengolah daun ini hingga bisa dimanfaatkan adalah dengan merebus daun tapak liman terlebih dahulu. Biasanya yang dikonsumi adalah sarinya dan dikonsumsi rutin setiap hari. Cara pengolahan daun ini memang terbilang sangat sederhana, siapa saja yang tertarik menggunakannya bisa mencobanya sendiri.

Apa ada efek samping? Semenjak daun ini dipercayai sebagai salah satu tanaman obat belum ada pihak yang menyatakan bahwa tanaman ini mempunyai efek samping jika dikonsumsi. Memang beberapa dari pengguna daun tapak liman ini mengalami beberapa gejala yang tidak mengenakkan, namun tidak ada secara pasti mengenai jawaban terkait efek samping yang dimiliki. Sehingga jika anda tertarik menggunkan daun ini untuk pengobatan, alangkah baiknya jika anda tetap waspada dan jika menemukan hal yang tidak sewajarnya maka berhentilah untuk mengkonsumsi daun tersebut, itulah manfaat yang bisa anda dapatkan dari daun tapak liman.

Author

Sutaryo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *