teknologi

Aplikasi Terbaik untuk Android dan Cara Mengatasi Aplikasi yang Berhenti Tiba-tiba

Pada pertemuan kali ini, akan mengulas tentang aplikasi Android yang patut Anda unduh di ponsel pintar. Peran aplikasi ini nantinya akan membantu segala aktivitas, baik sebagai hiburan, pekerjaan, maupun kegiatan lainnya.

Ponsel pintar dengan sistem operasi Android mengizinkan pengguna untuk mengunduh dan menginstal aplikasi apa saja, selagi bisa dijalankan. Dalam penggunaannya, aplikasi di smartphone berbasis Android telah terverifikasi oleh sistem keamanan agar bisa diunduh melalui Playstore.

Bagi pengguna ponsel pintar berbasis Android, terdapat berbagai macam aplikasi unggulan yang perlu Anda gunakan. Aplikasi tersebut akan memberikan manfaat untuk keperluan sehari-hari. Selain sebagai media komunikasi, ponsel pintar akan mendukung proses bekerja sehari-hari sehingga membutuhkan aplikasi yang tepat.

Aplikasi yang Wajib Diinstal Ponsel Pintar Android

Tidak perlu menunggu lama, kami sudah merangkum aplikasi terbaik tahun 2019 yang wajib Anda instal di ponsel pintar, sebagai berikut.

pixabay.com
  1. AirDroid

Kebanyakan orang akan menyimpan data-data penting di ponsel pintar mereka. Namun, ketika kapasitas memori ponsel kian menipis, maka diperlukan “tempat” lain sebagai media penyimpannya. Atau, jika Anda menyimpan data untuk persentasi pekerjaan di ponsel pintar dan ingin memindahkan ke laptop tentunya akan membutuhkan kabel data. Kini Anda tidak perlu repot-repot memindahkan file dari ponsel pintar ke laptop menggunakan kabel data. Aplikasi AirDroid hadir sebagai alat bantu transfer file ke jaringan komputer.

Fitur menarik yang bisa ditemukan dari aplikasi ini adalah menampilkan layar ponsel pintar ke layar monitor laptop/PC. Dengan begitu Anda bisa leluasa memindah file penting tanpa repot memasang kabel data, yang bisa saja lupa tak dibawa.

  1. Goodreads

Aplikasi kedua ini wajib Anda instal untuk ponsel pintar Android. Goodreads berguna bagi pecinta akan dunia literasi. Pasalnya aplikasi ini membuat Anda bisa menyusun tulisan, membuat diskusi, mencari buku, dan menulis/me-review buku yang telah dibaca. Dengan aplikasi ini Anda akan menambah pengetahuan ihwal perbukuan.

  1. BlackPlayer

Saat ini mendengarkan musik sangatlah penting. Diperlukan aplikasi mumpuni yang bisa menjamin hari-hari Anda tidak ketinggalan alunan musik terbaik dari ponsel pintar. Aplikasi BlackPlayer akan membantu Anda dengan menyajikan berbagai format musik. Dengan hadirnya format unggulan memungkinkan Anda mendengarkan musik berkualitas setiap hari melalui ponsel pintar.

  1. SHAREit

Aplikasi satu ini mungkin sudah terinstal di ponsel pintar Andorid Anda. Ya, SHAREit menjadi aplikasi unggulan yang membantu transfer file perangkat Android lainnya. Banyak orang menggunakan aplikasi ini karena kecepatan transfer file 200 kali lipat daripada menggunakan Bluetooth.

  1. Google Drive

Bagi pengguna ponsel pintar bersistem operasi Android pastinya tidak asing dengan Google Drive. Aplikasi besutan Google umumnya digunakan sebagai media penyimpanan di server/cloud. Namun, Google Drive tidaklah unggul di situ saja. Belum banyak orang yang tahu kalau Google Drive mampu melakukan backup terhadap pesan aplikasi WhatsApp. Dengan kemampuan ini Anda bisa leluasa melihat pesan-pesan penting di aplikasi ini.

pixabay.com

Cara Mengatasi Aplikasi Berhenti Secara Tiba-tiba

Sesudah merangkum 5 aplikasi yang patut diinstal di ponsel pintar Android, penjelasan berikutnya adalah menyikapi aplikasi yang mendadak berhenti. Bagi pengguna ponsel pintar pastinya pernah mengalami masalah force close atau berhenti sendiri. Apabila Anda pernah mengalami masalah ini dan sering muncul di ponsel pintar, tidak perlu khawatir. Kami sudah menuliskan tips mengatasi force closes pada Android.

Sebelum berpindah ke cara mengatasi aplikasi yang terhenti, Anda harus mencari tahu penyebabnya, sebagai berikut;

  • Data aplikasi yang terinstal mengalami corrupt data (game data, cache, temporary, dan lain sebagainya);
  • Koneksi internet tiba-tiba putus;
  • Aplikasi yang diinstal tidak dari Play Store; dan
  • Aplikasi masih versi beta.

Cara mengatasi aplikasi di ponsel pintar yang mendadak berhenti bisa dilakukan dengan mudah. Cara yang kami tuliskan adalah menggunakan manual force stop atau menghentikan secara paksa aplikasi di Android. Force stop menjadi cara ampuh yang sering digunakan oleh banyak orang. Untuk lebih jelasnya, perhatikan prosedur di bawah ini.

pixabay.com
  • Silakan memilih menu pengaturan (setting)
  • Langkah berikutnya adalah klik Application Manager
  • Setelah itu, pilih aplikasi yang akan dihentikan secara paksa
  • Tahap berikutnya adalah klik menu Force Stop dan tunggu hingga proses (loading) selesai
  • Terakhir, Anda hanya perlu menyalakan kembali aplikasi yang sudah dihentikan secara paksa.

Cara kedua yang bisa digunakan setelah menghentikan paksa aplikasi adalah dengan clear data aplikasi. Apabila Anda sudah melakukan menghentikan paksa aplikasi tetapi aplikasi di ponsel pintar Android masih sering berhenti, cara ini menjadi opsi terbaik. Anda hanya perlu memperbaiki aplikasi yang sering berhenti dengan melakukan clear cookies dan cache secara manual.

Harus diingat baik-baik kalau clear cache dan data ataupun menghapus semua data serta cache aplikasi ponsel pintar akan menghilangkan history pencarian. Efek dari clear data menjadikan aplikasi seperti baru atau baru diinstal ke perangkat ponsel pintar.

Begitulah informasi yang bisa Wakdroid sampaikan pada kesempatan kali ini. Rangkuman aplikasi Android serta cara menanggulangi masalah aplikasi berhenti ini semoga memberikan wawasan baru bagi Anda.

Author

Sutaryo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *