usaha kecil

Caleg Butuh Baliho, Simak Penjelasan Berikut

Baliho sendiri sebenarnya bukan asli Bahasa Indonesia dan dari Indonesia namun dari luar negeri yang di adopsi. Kata baliho sendiri sebenarnya berasal bahasa arab yang di indonesiakan menjadi kata menyampaikan, apa yang di maksud menyampaikan adalah penyampaian pesan yang tersirat hal ini menjurus kepada iklan, promosi atau pemberitahuan yang sifatnya untuk di ketahui khalayak umum.

 

Fungsi dan Manfaat Baliho

Baliho merupakan suatu sarana atau media yang di gunakan untuk promosi yang di dalamnya sendiri memiliki unsur memberitakan informasi event atau kegiatan yang berhubungan dengan masyarakat luas. Baliho juga digunakan untuk mengiklankan suatu produk baru seperti makanan, pakaian dan kebutuhan manusia lainnya.

 

Ciri-Ciri Baliho

Bakiho memilki ciri-ciri  yang diantaranya adalah:

  • Mempromosikan suatu produk dan event
  • Ukurannya besar
  • Diletakkan di tempat khusus dipinggiran jalan
pixabay.com

Jenis-Jenis Bahan Baliho

Baliho memiliki jenis-jenis bahan dalam pencetakannya, diantaranya:

  • Poly A dan Poly B:

Jika anda mencari harga termurah dalam proses pembuatan baliho pilihlah baliho yang terbuat dari bahan Poly. Mengingat kualitas tidak cukup baik karena harga yang murah, maka bahan ini biasanya  digunakan untuk media promosi berjangka pendek.

  • Flexy China

Untuk anda yang ingin promosi secara  indoor bahan ini adalah jenis yang cocok. Karena bahan ini memilki kekurang seperti cat yang mudah luntur saat terkena hujan, bahan yang cepat kering dan mengelupas saat musim panas dan sebagainya. Sehingga sangat tidak di sarankan untuk digunakan sebagai media promosi outdoor.

  • Flexy Korea

Ini adalah bahan yang berbanding terbalik dengan flexy china. Flexy korea banyak di gunakan untuk promosi outdoor. Kualitas dari bahan ini terbilang lebih bagus. Untuk masalah harganya tidak jauh berbeda tetapi kekuatan dan ketahanan.

  • Flexy Jerman

Jika kamu mencari kualitas terbaik bahan ini adalah jawabannya. Jenis ini adalah yang terbaik diantara dua jenis flexy sebelumnya. Untuk indoor maupun outdoor tidak ada batasan karena ketahan bahan yang sangat bagus. Keunggulan lainnya dari flexy jerman cukup awet digunakan dalam berbagai cuaca.

pixabay.com

Jenis-Jenis Ukuran Baliho

Baliho bisa dibuat dengan beragam jenis ukuran. Berikut ini jenis-jenis ukuran baliho yang seringkali dipesan masyarakat khususnya para caleg adalah sebagi berikut:

 

  • Baliho vertikal 2 x 3 meter

Baliho vertikal ukuran 2 x 3 meter adalah salah satu jenis baliho yang kerap dipesan oleh masyarakat. Alasannya addalah  seperti yang kita ketahui, baliho adalah media reklame yang terbuat dari papan kayu maupun tripleks. Kemudian bahan-bahan tersebut selanjutnya dipasang pada tiang dan ada juga yang memasangnya pada konstruksi lainnya yang sifatnya tidak permanen. Biasanya, untuk ukuran baliho 2 x 3 meter ini memiliki ciri-ciri full color dan bahan pembuatannya dan triplek, kain atau juga kertas stiker. Teknik pembuatannya pum tidak hanya satu tapi melalui dua cara yaitu dengan digital printing dan manual. Baliho ini sangat di minati oleh sejumlah perusahaan utnuk mempromosikan produknya. Tempat yang cocok biasanya dipasang di jalan-jalan.

pixabay.com
  • Baliho Horizontal 3 x 4 meter

Bagi kamu para caleg ini adalah ukuran yang pas. Baliho dengan ukuran 3 x 4 meter horizontal ini banyak sekali digunakan untuk pemilu. Ukuran tersebut tentunya sudah diatur dan disepakati oleh pihak penyelenggara. Baliho ini juga memiliki proses pembuatan yang sama dengan jenis ukuran sebelumnya, yaitu dari triplek tipis, kain maupun kertas stiker. Hal tersebut tergantung kemauan anda sendiri. Alasan mengapa memilih menggunakan ketiga bahan yang telah disebutkan, bukan asal pilih bahan saja namun bila dilihat di jalan-jalan, baliho dengan kertas sticker lebih terkesan bagus. Untuk pemilihan bahan  triplek sendiri karena nantinya jika di pasang hasil pemasangan atau kesannya yang dihasilkan ialah baliho yang kokoh. Tidak mudah tumbang akan semakin baik.

  • Baliho Vertikal 4 x 6 meter

Ukuran baliho  4 x 6 ini adalah ukuran jumbo. Untuk memasangnya biasanya diperlukan rangka penyangga yang cukup kuat. Baliho jenis ini biasanya diminati oleh perusahaan besar atau penyelenggara event tertentu yang memiliki jangkauan luas misalnya event nasional atau setingkat nasional. Dengan ukuran jumbo ini, kemungkinan bisa menarik perhatian masyarakat untuk melihatnya sangat besar.

Sekarang ini anda tidak perlu repot mencari media promosi. Baliho adalah media luar ruang yang cukup efektif untuk menarik perhatian masyarakat. Baliho bisa dibuat dalam berbagai ukuran, tergantung selera anda dan perhitungan markering anda, bagaimana mengatur suatu promosi iklan dengan biaya minim tetapi bisa menghasilkan hasil yang maksimal. Dalam pemasangannya baliho sendiri harus sangat  dipikirkan secara matang titik yang akan di jadikan objek pemasangan, oleh karena itu konsultasi kepada penyedia jasa media luar ruang sangatlah diperlukan.

 

Author

Sutaryo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *