Cara Menambah Berat Badan Ideal Anak Bagi Bertubuh Kurus

Anak adalah salah satu titipan dari Tuhan yang mana keberadaannya harus dijaga sebaik mungkin oleh orang tuanya masing-masing. Anda sebagai ayah atau ibu tidak hanya memperhatikan semuanya yang diinginkan sang buah hati, tetapi juga mengetahui perkembangan mereka dari aspek fisik sehingga kesehatannya tetap terjaga dan memiliki pola hidup yang sama dengan anak-anak seusianya. Anda sendiri tidak boleh memandang sebelah mata mengenai berat dan tinggi badan ideal sesuai umurnya karena setiap anak mempunyai hasil yang berbeda.

Secara umum, orang tua mempunyai peran besar untuk meningkatkan kesehatan dan kebugaran fisik secara eksternal maupun internal bagi buah hati mereka karena berat badan ideal anak sangat penting untuk dijaga untuk mereka sebagai orang tua yang memiliki buah hati dengan bobot terlalu kurus maupun gemuk. Hal ini juga bertujuan supaya anda bisa mengetahui tumbuh kembangnya apakah memiliki kekebalan tubuh yang sehat maupun riwayat khusus sehingga sulit memiliki berat badan ideal sehingga sang buah hati bisa mengenakan pakaian dari grosir kaos karakter anak yang menarik.

pexels.com

7 Cara Menambah Berat Badan Ideal Anak Paling Efektif

 

Jika anda memiliki buah hati dengan tubuh terlalu kurus, maka bisa memperhatikan cara-cara menambah berat badan anak paling efektif berikut agar dapat memiliki bobot yang lebih ideal dan sehat, antara lain :

  1. Berikan Asupan Lemak

Anda perlu memberikan asupan lemak dalam menu makanan favorit sang buah hati secara rutin supaya bisa memiliki berat badan ideal. Pasalnya, lemak mempunyau kadar kalori lebih banyak sehingga membantu menambah bobot tubuh bagi buah hati bertubuh kurus, sementara anda sendiri perlu mengganti menu makanan rendah lemak menjadi konsumsi berupa makanan berlemak tinggi bagi mereka. Contohnya adalah menggunakan susu segar ketika membuat sereal daripada menggunakan air biasa.

  1. Tingkatkan Asupan Karbohidrat

Karbohidrat adalah salah satu zat gizi penting dan dibutuhkan semua orang untuk meningkatkan energi dalam tubuh. Meski begitu, kadar kalorinya tidak terlalu besar seperti lemak dan anda bisa memberikan asupan nutrisi dengan karbohidrat tinggi untuk menambah berat badan ideal anak paling efektif, seperti buah-buahan kering. Anda juga perlu memperhatikan asupan karbohidrat secara rutin ke dalam menu harian sang buah hati dengan memberikan madu maupun sari buah pada buah-buahan favorit mereka yang sering dikonsumsi setiap hari.

  1. Porsi Lebih Banyak

Anda bisa menambahkan porsi si kecil supaya bisa menambahkan berat badan mereka sehingga lebih ideal apabila terlalu kurus. Jika sebelumnya mereka lebih sering mengonsumsi satu buah roti tawar, maka anda bisa memberikan roti lapis dengan asupan nutrisi lebih banyak untuk mendukung proses penambahan berat badannya. Lalu, perhatikan minuman yang sering dikonsumsi karena beberapa cairan yang disarankan untuk menambah bobot tubuh si kecil menjadi ideal antara lain susu dengan komposisi lebih banyak.

pexels.com
  1. Utamakan Asupan Kalori Tinggi

Anda perlu mengutamakan beberapa makanan dengan kadar kalori lebih tinggi supaya bisa menambah berat badan ideal anak. Tak hanya itu, anak-anak memiliki kebutuhan kalori berbeda sesuai usianya dan apabila buah hati anda berusia 2 sampai 3 tahun maka jumlah yang ditaksir tidak lebih dari 1.000 kkal per harinya, sedangkan anak-anak berumur 4 hingga 8 tahun sekitar 1.200 atau 1.400 kkal secara rutin. Hal ini perlu diketahui semua kalangan orang tua karena bilamana anak anda bertubuh kurus mungkin saja disebabkan asupan kalori terlalu rendah.

  1. Istirahat Cukup

Tidak bisa dipungkiri bahwa setiap orang tua bisa menambah berat badan ideal kepada buah hati mereka apabila memperhatikan jam tidur setiap harinya. Oleh sebab itu, anda harus bisa mengatur waktu kapan sang buah hati harus istirahat dan bangun tidur di pagi harinya sehingga tidak menyebabkan kegemukan maupun terlalu kurus. Anda harus membatasi waktu malam mereka hingga pukul 9 malam dan mengurangi penggunaan gadget maupun menonton TV ketika menjelang waktu tidur.

  1. Olahraga Teratur

Walaupun anda memberikan makanan kaya gizi setiap hari, namun buah hati anda tidak bisa menambah berat badan ideal anak apabila orang tua tidak memiliki rasa semangat untuk mendorong mereka supaya bisa olahraga secara teratur. Pasalnya, kegiatan fisik sederhana sangat penting agar dapat memberikan bobot tubuh lebih proporsional sesuai usianya sehingga mereka lebih percaya diri dengan teman-teman sebayanya. Anda bisa mengajak si kecil untuk berjalan kaki secara rutin dalam jarak dekat sehingga mereka terbiasa berolahraga.

  1. Pola Makan yang Benar

Kemudian, anda harus memperhatikan pola makan si kecil sehingga mampu menambah berat badan menjadi ideal bagi mereka yang bertubuh kurus. Umumnya bahwa anak-anak mempunyai porsi yang hampir sama dengan orang dewasa karena mereka perlu mengonsumsi sebanyak 5 porsi buah-buahan segar maupun sayur mayur setiap hari. Jika si kecil merasa tidak nyaman memakannya secara langsung, maka anda bisa mengolahnya menjadi jus buah dan sayur yang segar sehingga mereka lebih senang dan tidak ragu mengonsumsinya.

pexels.com

Berapa Berat dan Tinggi Badan Ideal untuk Anak?

 

Bagi semua orang tua yang belum tahu seputar berat dan tinggi ideal untuk sang buah hati, maka perlu menganalisa poin-poin berikut ini sesuai usia si kecil sehingga bisa tumbuh kembang lebih optimal, yaitu :

  1. Anak Usia 6 Tahun

Jika anda memiliki anak kecil berusia 6 tahun, maka berat badan idealnya untuk laki-laki adalah 21 hingga 22 kg dan tinggi badannya sekitar 116 cm. Namun, jika anak anda perempuan maka berat badannya harus mencapai 20 kg dan tingginya berkisar 115 sampai 116 cm. Apabila keduanya belum memenuhi batas minimum, maka anda perlu menambah berat badan ideal anak supaya mereka bisa memiliki bentuk tubuh proporsional dan sesuai usianya sehingga lebih percaya diri ketika bermain dengan rekan sebayanya.

  1. Anak Usia 7 Tahun

Bagi siapa saja yang mempunyai anak laki-laki berusia 7 tahun, maka berat badan yang harus dimiliki sang buah hati adalah sekitar 23 sampai 24 kg dengan tinggi badan mencapai 122 cm. Kemudian, batas maksimum tersebut stagnan alias sama seperti mereka selaku orang tua yang memiliki anak perempuan. Anda bisa menjaga berat badan si kecil untuk tetap ideal dengan memberikan asupan nutrisi penting dan seimbang sehingga mereka tidak kehilangan atau bertambah berat badan secara drastis.

  1. Anak Usia 8 Tahun

Sementara itu, anda bisa menambah berat badan ideal anak untuk anak laki-laki berusia 8 tahun sebesar 26 atau 27 kg dengan tinggi sekitar 128 cm, sedangkan angka tersebut sama persis bagi mereka yang memiliki buah hati anda berjenis kelamin perempuan dan para orang tua tidak perlu khawatir apabila tinggi badan mereka terlalu melampaui batas yang berlaku karena salah satu faktor yang menyebabkan hal itu terjadi karena gen atau keturunan dari ayah atau ibu dimana keduanya memiliki postur tubuh tinggi.

  1. Anak Usia 9 Tahun

Jika anda anda berusia 9 tahun dan bertubuh kurus, maka anda harus memperhatikan asupan nutrisi tepat dan terbaik untuk mereka. Sebab, anda harus mencapai batas bobot maksimum sebesar 29 kg dengan tinggi mencapai 134 cm untuk anak laki-laki, serta anak perempuan memiliki berat badan dalam angka yang sama tetapi tinggi badannya cenderung lebih pendek daripada anak laki-laki. Sebab, anak perempuan yang berusia 9 tahun biasanya tidak pernah berpostur lebih dari 133 cm sebagai bukti bahwa tumbuh kembangnya optimal.

pexels.com
  1. Anak Usia 10 – 12 Tahun

Selanjutnya, apabila anak anda berusia 10 tahun maka harus memiliki berat badan sebesar 32 kg dan tinggi 139 cm (laki-laki), serta 33 kg dan 138 cm (perempuan). Lalu, jika anak anda berumur 11 tahun maka berat badan idealnya adalah 36 kg dan tinggi 144 cm (laki-laki), sedangkan untuk perempuan biasanya sebesar 37 kg dan 144 cm. Anak yang berusia 12 tahun cenderung lebih besar karena mereka harus memiliki berat sekitar 41 kg dan tinggi 149 cm (laki-laki) serta 42 kg dan 152 cm (perempuan), sedangkan catatan tersebut adalah berat badan ideal anak paling bagus.

Demikian informasi mengenai cara menambah berat badan ideal untuk anak-anak bertubuh kurus paling efektif. Anda juga perlu memperhatikan berapa bobot dan postur terbaik bagi sang buah hati sehingga tidak terlalu kurus bahkan kegemukan sehingga mereka bisa mengenakan berbagai macam pakaian menarik dari grosir kaos karakter anak terbarunya. Anda sendiri harus memperhatikan gaya hidup mereka apakah tergolong sehat atau tidak sehingga bisa membatasi konsumsi makanan atau minuman yang membahayakan kesehatan mereka dan berisiko terhadap berat dan tinggi badannya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *