Bisnis

Beton Cor Murah untuk Kebutuhan Konstruksi

Anda tentu sudah sering mendengar istilah beton cor. Namun, mungkin sebagian dari Anda masih ada yang belum mengerti apa sebenarnya cor beton itu. Mungkin sebenarnya yang kita tidak ketahui bukan beton berupa fisik, melainkan cara produksi dan kegunaannya untuk apa saja. Untuk menjawab hal ini, tentu saja kita perlu memulainya dari definisi apa sebenarnya cor beton itu?

Beton adalah salah satu bahan bangunan komposit yang merupakan perpaduan dari beberapa material alam sebagai bahan pembuatnya, yaitu semen, pasir, kerikil, split, dan air. Seluruh material alam dasar ini diolah sedemikian rupa oleh tenaga ahli, sehingga bisa menjadi beton yang memiliki mutu tinggi.

Dalam sebuah konstruksi, keberadaan cor beton ini sangat amat penting, meski sebenarnya beton cor seringkali disebut sebagai batuan tiruan. Disebut demikian, karena jenis batuan ini dibuat oleh tangan manusia yang hasilnya memiliki rongga-rongga yang diisi oleh semen yang berfungsi sebagai pengikat dalam proses pengerasan batuan itu sendiri.

Kembali lagi pada pentingnya keberadaan cor beton pada sebuah bangunan, banyak bangunan dipercaya lebih kokoh ketika menggunakan cor beton, terutama Anda yang ingin membuat sebuah bangunan tinggi. Mengapa? Karena cor beton sudah diolah dengan tenaga ahli untuk menopang berat yang besar. Sehingga, beton sangat penting ada dalam sebuah konstruksi bangunan, seperti rumah, jalan, pembatas jalan, dan sebagainya. Lantas, apa manfaat cor beton?

pxhere.com

Manfaat Beton Cor Pada Sebuah Konstruksi

Cor beton tidak semua dibuat sama. Artinya, perbandingan dan kekuatannya dibuat sesuai kebutuhan masing-masing konstruksi yang akan dibangun. Maka, sering dijumpai ada berbagai macam jenis-jenis cor beton. Misalnya saja, cor beton konstruksi jalan besar, berbeda dengan cor beton untuk konstruksi area jalan perkampungan. Semua tergantung seberapa besar kekuatan yang dibutuhkan pada konstruksi yang akan dibangun. Harga beton cor pada setiap jenis pun berbeda untuk setiap konstruksi.

Meski begitu, ada banyak sekali manfaat menggunakan cor beton pada sebuah kontruksi. Berikut ini beberapa manfaat cor beton yang perlu kita ketahui sembari mempertimbangkan pemilihan cor beton yang cocok untuk konstruksi bangunan Anda. Mari simak.

  • Mampu menahan beban berat dengan baik, karena cor beton terbuat dari bahan-bahan berkualitas.
  • Sifat cor beton yang tahan terhadap korosi atau pembusukan terhadap lingkungan. Artinya, cor beton aja tetap kokoh, meski ditempa berbagai kondisi cuaca, mulai dari panas, hujan, badai, dan sebagainya, cor beton akan tetap kokoh.
  • Lebih fleksibel karena dapat dibentuk dan dicetak sesuai kebutuhan konstruksi dan keinginan pembuat bangunan.
  • Bisa diapliaplikasikan dengan alat bantu yang memungkinakn menjangkau lokasi sulit, misalnya di atas gedung tinggi atau gang-gang yang sulit dijangkau.
  • Cor beton lebih tahan terhadap panas dan api. Artinya, konstruksi ini tidak mudah terbakar, sehingga memungkinkan bertahan sangat lama untuk sebuah bangunan atau konstruksi.
  • Hasil adukan cor beton masih bisa digunakan untuk menambal retak pada sebuah area konstruksi.
  • Bentuk bangunan yang menggunakan cor beton bisa terlihat lebih kokoh dan kuat, serta lebih enak dipandang.
pxhere.com

Seperti yang sebelumnya kami utarakan, harga beton cor berbeda untuk tiap jenisnya, tergantung penggunaannya untuk konstruksi bangunan yang seperti apa. Berikut beberapa jenis beton yang biasa digunakan untuk konstruksi:

  • Mutu K 125: Biasa digunakan untuk konstruksi lantai dasar.
  • Mutu K 175: Cor beton jenis ini biasanya digunakan untuk konstruksi bangunan ringan.
  • Mutu K 225 – K 250: Biasa digunakan untuk bangunan ruko atau rumah yang memiliki 2 lantai. Pengaplikasiannya bisa menggunakan mobil standard.
  • Mutu K 300: Cor beton jenis ini biasa digunakan untuk konstruksi bangunan ruko atau rumah berlantai 3 atau 5 lantai. Bisa dibilang jenis ini lebih kuat dan bemutu sangat baik.
  • Mutu K 350: Cor beton jenis ini biasa digunakan untuk bangunan untuk bangunan ruko, rumah, atau gedung yang memiliki 5 lantai. Jenis ini bisa juga digunakan untuk lantas dasar bangunan pabrik. Bisa dikatakan jenis ini amat sangat kuat.
  • Mutu K 400 – K450: Cor beton jenis ini biasa digunakan untuk bangunan yang sangat kokoh dan biasa menahan benda sangat berat dengan intensitas sering. Biasanya digunakan untuk jalan tol, jalan raya besar, atau rigid jalan. Jenis beton ini bisa dikatakan sangat kuat dan tahan lama dari berbagai kerusakan, termasuk cuaca maupun lingkungan.

Tentu selain berbagai jenis mutu beton di atas, terdapat beberapa jenis mutu lainnya yang digunakan sesuai dengan kebutuhan dan kepentingan yang berbeda-beda. Sebab, setiap beton tidak bisa digunakan atau diukur sama. Beda fungsi, beda pula juga agregatnya.

pxhere.com

Untuk itu, tips bagi Anda yang tengah membangun sebuah konstruksi, ketahui dan pahami terlebih dahulu jenis mutu beton. Kemudian, baru diskusikan mana yang cocok untuk konstruksi bangunan yang tengah Anda buat. Anda yang masih kurang paham kegunaan, serta kelebihan dan kekurangan dari cor beton, bisa langsung datang ke perusahaan atau material tempat cor beton terdekat. Anda bisa secara langsung dijelaskan mengenai kegunaan, serta kelebihan dan kekurangan dari berbagai jenis beton.

 

Author

Sutaryo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *