Islam

Biaya Umrah Murah dan Hemat

Pergi ke tanah suci adalah impian dari hampir seluruh umat muslim di dunia ini. Baik haji maupun umrah, keduanya merupakan lading pahala yang dapat diambil dari kita seorang muslim. Namun, tidak semua orang mampu untuk menunaikan ibadah haji ini. Karena biaya yang dikeluarkan untuk haji relatif mahal serta waktu menunggu sejak awal pendaftaran sampai keberangkatan. Sehingga banyak masyarakat yang tertarik dan antusias dengan umroh.

Umrah adalah ibadah sunnah yang dilaksanakan oleh umat Islam. Ibadah ini hampir sama dengan ibadah haji. Dewasa ini, banyak orang yang ingin pergi ke tanah suci, akan tetapi mereka terkendala oleh biaya atau faktor finansial mereka yang masih kurang. Sehingga banyak lembaga atau biro umrah yang berlomba-lomba untuk menawarkan umroh kepada masyarakat dengan biaya yang minimal tapi konsumen dapat memperoleh kepuasan dan pelayanan yang maksimal, termasuk Umrah Solo ini. Tetap baca artikel ini untuk mengetahui mengatasi kendala biaya anda dalam pergi umroh.

http://unsplash.com

Tips dan Trik Mengumpulkan Biaya untuk Umroh

Banyak orang yang ingin pergi umroh, akan tetapi mereka masih terkendala oleh biaya. Selain itu, mereka juga kurang bisa menyisihkan uang mereka untuk dikumpulkan guna berangkat umrah. Sehingga niat mereka yang ingin untuk berangkat umroh hanya angan-angan belaka. Oleh karena itu, simak tips berikut ini agar anda dapat pergi umroh tanpa ada kendala biaya.

  1. Pilih Paket Umroh Berdasarkan Kemampuan

Pada saat kamu ingin memilih paket umroh, maka kamu akan melihat paket umroh yang menawarkan fasilitas yang komplit dan nyaman. Akan tetapi, kamu malah menyiksa diri sendiri karena biaya yang dibutuhkan untuk membeli paket tersebut tidak sesuai dengan isi  dompet anda.

Oleh karena itu, pilihlah paket umroh yang membuat anda nyaman dengan harga sesuai dana yang anda miliki. Karena semakin lama anda di tanah suci juga akan menambah biaya anda dalam umroh itu sendiri. Selain itu anda harus menyesuaikan dengan kondisi, apabila anda ingin umroh dengan keluarga maka pilih paket umroh yang menyesuaikan jadwal keluarga anda, sehingga semua anggota keluarga anda dapat mengikuti umroh tersebut.

 

Selain itu, sebaiknya jangan memilih umroh pada waktu high season  karena biasanya harga umroh akan meroket tinggi. High season ini biasanya terjadi pada bulan Juni, Juli, dan Agustus.

http://unsplash.com
  1. Siapkan Dana dari Jauh Hari

Sebaiknya anda harus sudah memilih sebuah paket umroh dari jauh hari untuk jadi patokan, sehingga anda bisa mengetahui berapa banyak dana atau keperluan lainnya untuk umroh. Banyak biro umroh yang mewajibkan jamaahnya untuk membayar uang muka sekitar 10 juta atau sebesar 10% dari total biaya paket umroh  keseluruhan.

 

Selain menabung minimal untuk uang muka 10%, anda bisa juga untuk ber investasi pada instrument investasi yang menjanjikan, contohnya seperti saham, obligasi, logam mulia, emas, surat berharga Negara, serta investasi lainnya yang bisa mendapatkan dana dan keuntungan finansial bagi anda.

 

Harga saham yang memiliki fundamental dan laporan keuangan yang baik, akan memberikan keuntungan serta dividen kepada para investornya. Sehingga ketika kita sudah menjual seluruh asset saham anda, diharapkan semua dana yang ada sudah bisa digunakan untuk membayar uang muka 10% atau bahkan bisa untuk membayar lunas biaya umroh tersebut.

 

  1. Metode Pembiayaan Lain

Ada institusi keuangan yang menyediakan kemudahan untuk pergi  umrah. Contohnya adalah bank syariah, yang mana sudah sering menyediakan program bagi mereka yang ingin pergi umroh. Program ini mirip dengan kredit tanpa agunan, akan tetapi disediakan melalui akad syariah yaitu jual beli manfaat atau jasa yang mana biasa disebut dengan ijarah multijasa.

http://unsplash.com

Bagaimana Mencari Biro Umroh yang Bagus?

Bagus disini artinya pas dan nyaman, pas dalam artian tidak terlalu mahal dan tidak terlalu murah sehingga worth it untuk anda. Ada jenis umroh yang menawarkan program plus-plus yang artinya selain anda melakukan umroh, anda juga bisa liburan ke Turki, Eropa, Mesir atau tempat lainnya.

Setelah anda sudah memutuskan jenis program umroh tersebut. Maka sekarang anda  bisa cari di internet tentang beberapa biro umroh yang akan anda gunakan. Akan tetapi tidak disarankan untuk langsung memutuskan ketika anda sudah menemukan biro umroh yang ada.

Sebelum anda memutuskan biro umroh mana yang akan anda gunakan, perkecil dahulu dari sekian banyak biro umroh yang ada menjadi 4-5 biro umroh saja. Setelah itu, ada baiknya anda jangan langsung percaya dengan biro tersebut. Sebaiknya anda melakukan observasi atau survey ke tempat kantor biro umroh tersebut.

Ada beberapa cara yang perlu anda ketahui sebelum memutuskan biro umroh solo mana yang akan anda pilih, antara lain :

  • Menanyakan perizinannya pada Kementrian Agama
  • Melihat Track Record keberangkatan jamaahnya
  • Membaca reviews dari para jamaah yang telah menggunakan biro tersebut

Mungkin sekian informasi yang dapat kami berikan, harapan kami adalah supaya anda bisa berangkat umroh dengan baik tanpa terkendala oleh biaya. Untuk anda yang belum menabung untuk umroh, silahkan menabung dari sekarang. Setelah itu pilihlah biro umroh yang cocok dengan finansial anda serta nyaman untuk anda gunakan.

 

 

 

 

Author

Sutaryo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *