pendidikan

Blog Adalah Buku Diary Eletronik

Kegiatan anak muda jaman sekarang pasti tidak akan terlepas dari internet. Internet sudah menjadi kebutuhan bagi anak muda, orang dewasa bahkan anak-anak. Fitur-fitur yang ada di internet memang memudahkan segala orang untuk memenuhi segala kebutuhannya. Adanya internet ini, juga bisa memudahkan beberapa pekerjaan sehingga lebih efektif. Contohnya saja, bisa mengirim surat lamaran pekerjaan atau data pekerjaan melalui internet yang mudah dan tidak membutuhkan waktu yang lama. Internet juga terus berkembang seiring dengan perkembangan jaman. Blog adalah salah satu buktinya. Blog merupakan platform khusus yang dibuat untuk menulis jurnal atau artikel yang ingin ditulis.

Namun pada awalnya, blog digunakan sebagai tempat untuk menulis buku harian atau diary. Seiring dengan perkembangan jaman, blog mulai digunakan sebagai tempat untuk membagi konten informasi penting kepada orang lain melalui media online. Blog juga bisa digunakan sebagai tempat untuk menawarkan sebuah bisnis atau hal-hal lain yang berkaitan dengan dunia usaha. Blog yang digunakan sebagai tempat menulis buku harian atau diary memang hits pada tahun 2000an. Pada tahu itu, masih sering anak muda yang menulis buku harian.

Agar terlihat lebih up to date, banyak anak muda terutama remaja putri memilih blog sebagai tempat untuk mencurahkan isi hatinya. Bahkan ada yang sampai diterbitkan menjadi sebuah buku. Bedanya blog dengan buku harian manual adalah blog bisa dilihat oleh siapa saja yang mengaksesnya. Tidak heran jika terkadang penulisan kisah yang inspiratif bisa sangat viral atau terkenal di masyarakat. Adanya blog bisa menjadi salah satu tempat bagi siapa saja yang ingin mengeksplorasi dirinya dalam hal jurnalistik. Blog adalah sesuatu yang positif jika kita menggunakannya untuk hal-hal yang bermanfaat bagi semua orang.

pexels.com

Blog Adalah Struktur Yang Penuh Kreativitas

Sudah diketahui bahwa blog bisa menjadi tempat untuk menulis jurnal atau artikel. Jurnal atau artikel yang ditulis ini tentunya adalah jurnal yang bisa bermanfaat bagi banyak orang. Mengapa demikian? Jika kita menulis jurnal atau artikel yang bermanfaat di blog, tentunya akan semakin banyak pengunjung yang akan mengunjungi blog kita. Semakin banyak pengunjung, maka semakin populer blog yang kita miliki. Dalam membuat sebuah blog, tidak hanya memerlukan ide cemerlang untuk membuat jurnal atau artikelnya. Melainkan diperlukan kreativitas yang tinggi untuk mengatur atau membuat struktur blog agar menarik perhatian para pengunjung. Ada beberapa struktur dari blog yang perlu diketahui dan perlu untuk dihias atau didesain sekreatif mungkin.

Berikut beberapa struktur dari blog yang perlu kekreativitasan dalam membuat desainnya.

  1. Header

Header adalah bagian atas dari blog yang sangat penting. Di dalam header akan terdapat menu navigasi utama yang akan membawa pengunjung ke isi dari blog yang kita tulis. Dalam header, biasanya juga akan ada logo blog yang kita miliki. Desainlah logo semenarik mungkin agar pengunjung tertarik membaca blog kita.

  1. Konten utama

Konten utama adalah isi dari blog. Isi ini berupa artikel atau jurnal yang sudah kita tulis. Akan ada deretan artikel atau jurnal yang sudah kita tulis sehingga pengunjung bisa memilih jurnal atau artikel mana yang akan dibaca.

  1. Sidebar

Nah pada menu sidebar ini, akan lebih memudahkan pengunjung untuk mencari artikel atau jurnal mana yang akan dibaca. Blog adalah konten informasi yang berisikan artikel atau jurnal yang bermanfaat. Pada bagian sidebar ini, pengunjung akan menemukan kotak pencarian dan bisa meninggalkan komentarnya tentang tulisan yang telah dibaca.

  1. Footer

Bagian footer berada di bagian paling bawah. Footer berisi tentang link kebijakan privasi, teks copyright, link kontak dan lain sebagainya.

Intinya, buatlah desain struktur blog kita agar pengunjung merasa tertarik dan puas saat membaca tulisan yang ada di blog kita.

pexels.com

Manfaat Dari Sebuah Blog

Adanya sebuah blog, tentu akan memiliki manfaat bagi siapa saja yang membuat dan yang mengunjunginya. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah beberapa manfaat dari sebuah blog.

  1. Penyampaian informasi

Hal terpenting dari pembuatan sebuah blog adalah adanya informasi penting yang dibagikan kepada para pengunjung. Informasi penting ini tentunya akan sangat berguna untuk para pengunjung. Contohnya saja artikel tentang cara buka situs yang diblokir. Artikel ini sangat berguna untuk para pengunjung yang membutuhkan akses internet yang telah diblokir.

  1. Interaksi bisnis

Selanjutnya, blog juga bisa menjadi interaksi bisnis diantara pengunjung dengan bisnis yang ada di blog tersebut. Hal ini karena blog tidak hanya dijadikan tempat curhat dan berbagi informasi, tetapi juga sebagai tempat berbisnis.

  1. Promosi

Ajang promosi suatu produk juga bisa dilakukan di blog. Promosikan sebuah usaha atau bisnis yang sedang dijalankan dengan menarik, maka pelanggan pun akan mulai berdatangan.

pexels.com
  1. Ekspresi diri

Blog merupakan tempat untuk mengekspresikan diri. Selain sebagai tempat berbagi informasi penting seperti cara buka situs yang diblokir, blog bisa menjadi ladang untuk mengekspresikan diri. Siapa saja bisa menulis apa saja di dalam sebuah blog.

Blog adalah sebuah hasil teknologi yang tentunya akan memudahkan setiap aktivitas manusia. Gunakan blog dengan bijak agar bermanfaat dan tidak merugikan orang lain.

 

Author

Sutaryo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *