Uncategorized

Bolehkah Cabut Gigi Saat Menyusui?

Hampir semua orang pernah merasakan yang namanya sakit gigi. Bahkan jika sudah sangat  parah ada yang harus menjalani cabut gigi. Meskipun proses cabut gigi sebenarnya tidak berbahaya tapi bagaimana jika Anda harus cabut gigi tapi masih dalam masa menyusui bayi? Apakah proses tersebut tidak akan berpengaruh pada ASI dan memberikan efek negatif bagi bayi Anda nantinya?

Sebenarnya dalam dunia medis, masa menyusui bukanlah larangan untuk cabut gigi. Namun, perlu Anda ketahui jika proses cabut gigi juga memerlukan beberapa obat-obatan baik saat proses cabut gigi (menggunkan anastesi) maupun untuk perawatan sesudahnya. Yang dikhawatirkan adalah ada beberapa jenis obat yang mungkin tidak sesuai atau tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil dan ibu menyusui karena bisa mempengaruhi produksi ASI dan membahayakan bayi. Oleh sebab itu, kebanyakan dokter menyarankan untuk melakukan konsultasi lebih dulu dengan dokter gigi sebelum mulai proses cabut gigi. Saat konsultasi, jangan lupa untuk mengatakan kondisi Anda yang sedang menyusui bayi kepada dokter Anda agar diberikan perawatan yang tepat.

Jika Anda masih merasa bingung, maka tidak ada salahnya jika Anda memeriksakan diri terlebih dahulu ke dokter gigi untuk memastikan kondisi gigi Anda. Tidak semua gigi berlubang dan sakit butuh proses cabut gigi sehingga Anda butuh diagnosis dari dokter ahli. Sementara itu, jika kondisi Anda memang sedang tidak memungkinkan untuk menjalani prosedur cabut gigi maka sebaiknya Anda tetap menjaga kesehatan dan kebersihan gigi dan mulut Anda. Pastikan untuk selalu menyikat gigi 2 kali sehari secara rutin dan bila perlu Anda bisa menggunakan obat kumur non-alkohol agar lebih bersih. Selain itu, Anda juga bisa melakukan flossing gigi agar gigi Anda selalu terlihat bersih dan terawat. Meskipun hal ini jarang dilakukan orang Indonesia tapi teknik ini terbukti bisa membersihkan gigi hingga ke sela-sela yang paling kecil. Namun, jika Anda merasakan rasa nyeri yang tidak tertahankan di gigi,  Anda bisa menggunakan Paracetamol untuk meredakan nyeri tersebut. Parasetamol sendiri sudah terbukti aman digunakan oleh ibu menyusui asalkan digunakan sesuai aturan.

 

Similar Posts