Uncategorized

Buah Zaitun, Buah Kaya Manfaat

 

 

Anda pasti sudah sering kali mendengar mengenai manfaat buah zaitun. Buah ini biasanya dimanfaatkan dalam bentuk minyak. Namun, ternyata jika mengkonsumsi buahnya secara langsung juga dapat memperoleh banyak manfaat. Buah dengan pohon hijau abadi ini mengandung berbagai macam senyawa yang baik untuk tubuh. Mulai dari mineral, vitamin, lemak, zat besi hingga senyawa organik.

 

Buah Zaitun Kaya Antioksidan

Buah dengan kandungan antioksidan yang tinggi sangat baik untuk menjaga kesehatan. Antioksidan seperti hydroxytyrosol, uropein, tyrosol, quercetin serta asam oleonalik sangat baik untuk melawan radikal bebas. Radikal bebas ini merupakan senyawa yang bersifat oksidatif bagi tubuh. Sumbernya juga beraneka ragam mulai dari polusi udara, sinar matahari, hingga merokok. Jika terpapar dengan senyawa radikal bebas, maka akan berbahaya bagi kesehatan.

 

Beberapa penyakit akibat radikal bebas diantaranya yaitu diabetes, hipertensi, serangan jantung hingga kanker. Maka dari itu, tubuh butuh asupan senyawa antioksidan yang cukup untuk melawan radikal bebas. Buah zaitun merupakn solusi yang baik. Buah zaitun juga memiliki kandungan vitamin E yang merupakan antioksidan bersifat alami.

 

Buah Zaitun untuk Kesehatan Tulang

Buah zaitun selain biasa digunakan di dalam dunia kecantikan juga ternyata populer di dunia kesehatan. Kandungan antioksidan yang tinggi telah membuat buah ini banyak direkomendasikan untuk dikonsumsi oleh para ahli gizi. Selain buah ini baik untuk melawan kanker, zaitun juga ternyata baik untuk menjaga kesehatan dari tulang. Penyakit osteoporosis yang terjadi akibat adanya penurunan dari massa tulang dapat dicegah dengan rutin mengkonsumsi zaitun.

 

Hasil survey menunjukkan bahwa negara-negara di daerah Mediterania lebih berisiko rendah terkena osteoporosis daripada negara lain. Daerah ini merupakan tempat di mana penduduknya memiliki tingkat konsumsi buah zaitun yang relatif tinggi. Zaitun dipercaya memiliki senyawa organik atau produk metabolit sekunder yang dinilai mampu mencegah tulang mengalami pengeroposan. Fakta ini telah didukung dengan adanya penelitian menggunakan beberapa animal test yang menunjukkan hasil yang signifikan. Jadi, dari beberapa manfaat yang disebutkan di atas, maka jangan ragu untuk mengkonsumsi buah ini. Tidak hanya enak, tetapi juga bermafaat untuk tubuh.

 

 

Author

Sutaryo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *