teknologi

Game Android Offline Pilihan

Game android offline adalah permainan yang tidak membutuhkan jaringan internet. Pada umumnya bisa ditamatkan, artinya permainan dilanjutkan kembali ke cerita atau stage awal setelah menang melawan atau menyelesaikan level terakhir.

Sebelum bisa menjalankan atau memainkan game, terlebih dulu harus memiliki file installer dari permainan tersebut. File installer dapat didownload dari internet dan biasanya menggunakan tipe file berekstensi Apk. File installer juga bisa diperoleh dengan mengkopi dari penyimpanan lain.

Ukuran dari file installer sebuah permainan offline bisa bervariasi namun relatif lebih kecil dibandingkan yang online. Faktor yang mempengaruhi ukuran file installer antara lain cerita game, fitur, kualitas grafis, dan lain sebagainya. Jadi perlu  RAM dan penyimpanan yang cukup agar bisa menggunakannya.

Saat mendownload file installer, tentunya membutuhkan jaringan internet atau android harus dalam kondisi online. Setelah file terdownload, instal game dan mainkan. Game yang sudah terpasang tidak membutuhkan jaringan internet lagi untuk memainkannya.

Tidak membutuhkan kuota internet adalah salah satu kelebihan dari game offline. Jenis permainan tersebut juga bisa dimainkan kapan saja dan dimana saja. Game dapat di pause atau dihentikan sementara dan dilanjutkan kapan saja. Game offline pada umumnya juga lebih ringan dari game-game online.

Contoh game offline ada banyak dan tersedia dalam berbagai jenis. Game offline juga mudah untuk dimainkan dengan lancar tanpa terkendala masalah sambungan internet. Berbeda dengan game online yang bisa berhenti jika sambungan internet tidak stabil atau hilang.

Namun untuk level permainan terbatas hanya sampai level yang sudah didownload saja. Berbeda dengan game online yang biasanya memiliki level lebih banyak sehingga tidak pernah tamat. Berdasarkan genre game, ada beberapa jenis game offline seperti berikut.

pixabay.com

Jenis-Jenis Game Offline untuk Android

Game android yang bisa dimainkan secara offline dikategorikan dalam beberapa jenis game berikut.

  1. Adventure

Jenis game dengan genre adventure ini akan membawa Anda ke petualangan di dalam dunia virtual. Ada tokoh atau karakter yang dimainkan dalam game. Jumlah karakter kebanyakan hanya satu tetapi tidak menutup kemungkinan lebih dari satu.

Karakter utama dalam game umumnya memiliki level hidup atau kekuatan tertentu. Tingkat kekuatan akan menurun selama permainan atau saat melawan musuh. Apabila masih ada kekuatan atau level hidup hingga permainan selesai, maka game sudah dimenangkan.

  1. Simulasi kendaraan

Game jenis ini memberikan pengalaman untuk mengendarai atau mengoperasikan suatu jenis kendaraan. Visualisasi dari kendaraan virtual tersebut juga dibuat semirip mungkin seperti kendaraan aslinya. Fitur dan tampilan yang memiliki kemiripan dengan yang asli.

Cara memainkan game jenis ini biasanya adalah mengendarai dengan medan jalan yang beragam. Tidak hanya menjalankan, tetapi juga harus bisa melewati rintangan-rintangan yang disediakan di tengah perjalanan. Jika berhasil sampai garis finish, berarti sudah menang.

  1. Sport atau olahraga

Jenis game offline ini merupakan permainan atau olahraga virtual. Salah satu game yang paling banyak dimainkan adalah soccer atau game sepak bola. Ada beberapa karakter di dalam game yang dibuat seperti pemain sepak bola dengan jumlah tim dan lawan yang sama.

Fitur-fitur disediakan di dalam game untuk bisa menggerakan karakter. Biasanya ada tombol-tombol tertentu agar pemain bisa melakukan passing, shooting, dan mencetak gol. Cara memenangkan game jenis ini sama seperti cara memenangkan olahraga sungguhan.

pixabay.com
  1. First person shooter

Game offline juga ada yang bertema pertempuran. Permainan FPS atau first person shooter. Biasanya tampilannya adalah tangan yang memegang senjata. Tangan tersebut merupakan karakter utama yang dimainkan dalam game. Senjata yang digunakan biasanya bisa berganti-ganti sesuai level atau pilihan.

Beberapa game seperti Call of Duty, Battle field, Killzone, Halo, dan Counter Strike adalah contoh game android FPS yang bisa dimainkan secara offline. Permainannya dimenangkan jika berhasil mengalahkan karakter lawan yang muncul dalam game.

  1. Real time strategy

Game offline yang menyenangkan dan menegangkan untuk dimainkan. Game yang dimainkan dengan cara membangun markas, mencari sumber daya tertentu, membangun unit, atau mempertahankan suatu unit bangunan. Contoh game RTS antara lain adalah Warcraft, Comand and Conguer, dan lain-lain.

Hal yang perlu dilakukan oleh pemain adalah mengatur strategi atau taktik. Biasanya dalam game, pemain harus tahu kapan menyerang dan kapan membangun pertahanan. Sebelum memainkan, sebaiknya baca petunjuk atau arahan karena untuk menang harus bisa sesuai dengan peraturan mainnya.

pixabay.com
  1. Simulasi kehidupan

Game yang satu ini memiliki tantangan tersendiri untuk bisa menang. Pemain perlu sabar dan cermat untuk mengikuti cerita dalam game. Biasanya ada karakter yang bertugas untuk menghidupkan atau memelihara suatu populasi maupun manusia virtual.

Kemampuan yang diberikan pada karakter utama umumnya adalah memberi makan, membangun rumah, melakukan pekerjaan, bersama dengan pasangan, dan lain sebagainya yang semuanya mirip seperti di kehidupan nyata. Game dinyatakan menang jika berhasil menyelesaikan seluruh plot atau cerita..

Itulah berapa jenis game android offline berdasarkan genre game. Game offline sering menjadi pilihan untuk menghabiskan waktu luang. Game yang umumnya ringan tersebut juga tidak akan cepat membuat perangkat android menjadi panas.

 

Author

Sutaryo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *