Uncategorized

Gula Darah Naik, Minum Si Merah Daun Hanjuang Aja!

41 daun hanjuang

 

Cek kadar gula darah dalam tubuh secara berkala menjadi hal yang penting dilakukan. Terlebih sekarang ini banyak sekali makanan yang mengandung gula atau makanan yang tidak jelas bahan bakunya. Tingginya kandungan gula dalam darah tentu akan membuat tubuh menjadi tidak sehat. Penderita gula darah tinggi biasanya mengalami gejala seperti kelelahan, pandangan buram, sering buang air kecil, hingga sakit kepala. Tampaknya beberapa gejala tersebut  memang sepele, akan tetapi jika berlanjut, tingginya kadar gula dalam darah dapat menimbulkan komplikasi diabetes atau gagal jantung.

Biasanya tingginya kadar gula dalam darah ini disebabkan kurangnya insulin. Glukosa atau gula dibutuhkan untuk memenuhi atau sebagai energi pembantu. Jika Anda terlalu banyak makan manis atau makanan berkarbo dengan tidak diimbangi olahraga, Anda akan membuat insulin ini kesulitan atau terlalu penuh untuk menampung kadar gula. Hal tersebut yang kemudian membuat sel tidak dapat menyerap glukosa dalam  tubuh. Akibatnya gula akan menumpuk dalam darah dan menyebabkan masalah kesehatan.

Namun Anda tidak perlu khawatir, ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk membuat kadar gula dalam darah menjadi normal. Anda dapat mencoba mengkonsumsi obat herbal dari tanaman di sekitar Anda. Dibandingkan dengan konsumsi obat-obat kimia, obat herbal saat ini lebih populer karena keamanannya untuk pemakaian jangka panjang. Disamping itu, obat herbal juga lebih murah terlebih jika dapat membuatnya sendiri di rumah. Nah, untuk mengatasi kadar gula darah yang tinggi, Anda dapat memilih tanaman hias daun Hanjuang. Beberapa orang mungkin tidak menyadari bahwa tanaman hias berwarna merah ini memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Selain ampuh untuk membuat gula darah menjadi normal, daun Hanjuang juga dapat dimanfaatkan untuk melancarkan haid, peredaran darah, TBC, diare, nyeri lambung, dan masih banyak lagi lainnya.

Daun Hanjuang atau yang kerap disebut daun Andong ini memiliki khasiat menormalkan kadar gula dalam darah karena memiliki kandungan senyawa flavonoid. Senyawa flavonoid ini membantu gula tidak menumpuk dalam darah dengan meningkatkan glikogenesis. Sedangkan senyawa lainnya seperti Saponin membantu menurunkan gula darah dengan kemampuannya meningkatkan sekresi insulin  dengan meregenerasi pankreas sehingga penumpukan gula darah terhindarkan dengan hadirnya insulin yang cukup.

 

Author

Sutaryo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *