Uncategorized

Ikan Nila Pembasmi Gulma

 

 

Salah satu gerakan menteri kelautan Indonesia adalah ayo makan ikan. Gerakan makan ikan tersebut didasari karena kurangnya minat masyarakat mengkonsumsi ikan. Ikan – ikan tersebut banyak jenisnya. Tidak terbatas pada ikan tertentu, hampir segala jenis ikan air tawar dan ikan air asin yang biasa diperjual belikan dapat dikonsumsi. Salah satu jenis ikan yang populer di Indonesia adalah ikan nila. Ikan nila ini merupakan salah satu primadona bagi para peternak ikan untuk dibudidayakan. Ikan jenis ini telah tersebar luas ke suluruh lapisan masyarakat di Indonesia. Hampir semua orang mengenal ikan ini walau nama dari tiap daerah bisa berbeda – beda.

 

Ikan nila adalah spesies ikan air tawar yang banyak dikembang – biakkan oleh para peternak ikan di Indonesia. Ikan ini pertama kali diintroduksi pada tahun 1969 di Afrika. Proses introduksi ini digunakan untuk mengurangi populasi berlebihan hewan – hewan atau mahluk kecil tertentu. Ikan nila ini adalah ikan pemakan segala atau omnivora. Ikan nila dapat memakan tumbuhan, plankton ataupun ikan – ikan yang lebih kecil lainnya. Ikan ini sering kali dimanfaatkan untuk membasmi hama atau gulma pada daerah tertentu. Kemampuannya dalam memakan segala menjadi salah satu daya tarik ikan ini. Akan tetapi ikan yang terkenal karena duri – duri tajam pada punggungnya juga dapat dimanfaatkan sebagai ikan konsumsi.

 

Nilai Gizi Ikan Nila

 

Selain berguna nila juga bergizi. Tidak jauh berbeda dengan ikan jenis lainnya. Ikan nila memiliki kandungan gizi berupa protein. Walau memiliki protein sebagai salah satu kandungan gizi akan tetapi ikan nila juga memiliki beberapa kekurangan yaitu kandungan asam lemak omega 6 yang tinggi. Kandungan asam lemak ini tidak dianjurkan bagi seseorang yang mengalami gangguan peredaran darah. Di Indonesia budidaya ikan nila telah banyak dilakukan, dengan modal yang sedikit banyak masyarakat yang mencoba peruntungan dengan membudidayakan ikan ini. Akan tetapi anggaran budidaya yang rendah juga berbanding dengan harga jual ikan nila yang juga rendah. Kurangnya minat masyarakat akan ikan ini juga mempengaruhi proses penjulannya.

Author

Sutaryo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *