teknologi

Indosiar: Televisi Swasta yang Mempopulerkan Sinetron Indonesia

Indosiar merupakan salah satu televisi swasta di Indonesia yang telah berdiri sejak tahun 90an. Televisi satu ini memiliki banyak acara yang mengedepankan aspek budaya. Pada awal mengudara, Indosiar rutin menayangkan acara pertunjukkan wayang setiap malam Minggu. Selain itu, televisi satu ini juga dikenal dengan tayangan kontes dangdutnya yang banyak dinikmati oleh masyarakat di seluruh Indonesia.

Pada awalnya, Indosiar rutin menayangkan film dan drama asal Hongkong seperti drama yang dibintangi Andy Lau yaitu Return of The Condor Heroes. Namun, kini Indosiar telah berevolusi dengan menyajikan berbagai tayangan dari dalam negeri.

Sejarah Pendirian Indosiar

Indosiar secara resmi mengudara pada tanggal 11 Januari 1995. Meski begitu, Indosiar sebenarnya telah menjalankan siaran percobaan sejak bulan Agustus tahun 1994. Pada saat siaran percobaan, Indosiar hanya menayangkan daftar pemancarnya saja. Indosiar menempati kantor siaran di jalan Damai Nomor 11, Daan Mogot, Jakarta.

Pada awalnya, Indosiar dimiliki oleh perusahaan Salim Group hingga tahun 2004. Kemudian pada tahun 2004 hingga 2013 Indosiar dimiliki oleh Indosiar Karya Media hingga diakuisisi oleh Surya Media Citra sejak 2013 hingga saat ini. Setelah bergabung dengan Surya Media Citra, stasiun televisi ini pun berada di bawah kendali perusahaan yang juga memiliki SCTV.

pxhere.com

Indosiar merupakan saluran televisi yang mempopulerkan sinetron Indonesia lewat tayangan-tayangan sinetronnya pada era awal tahun 2000an. Sinetron yang dipelopori oleh Indosiar dan meraih tingkat rating yang tinggi seperti Tersanjung hingga Bidadari. Sinetron yang mengusung tema keluarga dan percintaan ini memiliki jumlah episode mencapai ribuan.

Selain itu, Indosiar juga menayangkan acara ajang pencarian bakat yang mengadaptasi acara berjudul La Academia dari Meksiko. Acara tersebut diberi nama Akademi Fantasi Indosiar (AFI) yang mencari bakat penyanyi idola di Indonesia. Acara pencarian bakat AFI sendiri merupakan ajang pencarian bakat kedua setelah Popstars. Para finalis yang terpilih akan dikarantina selama tiga bulan dan dipanggil sebagai academia.

Acara AFI yang dipelopori oleh Indosiar menjadi permulaan ajang pencarian bakat berikutnya yang banyak ditayangkan oleh stasiun televisi di Indonesia. AFI sendiri memperoleh popularitas yang tinggi hingga tidak dapat dikalahkan oleh ajang pencarian bakat lainnya selama dua periode berturut-turut.

Indosiar dulunya juga sering menayangkan program anime asal Negeri Sakura yang membuat anime ini kemudian populer di Indonesia. Anime yang dulunya pernah ditayangkan oleh Indosiar seperti Pokemon, Dragon Ball, Bleach, Naruto, Gundam, Digimon, hingga Detective Conan dan masih banyak lainnya. Indosiar biasanya menayangkan anime ini secara beruntun hampir setengah hari di hari Minggu sejak pukul 06.30 sampai 12 siang.

Indosiar memperoleh hak siar Liga Utama Inggris pada pertengahan tahun 2013. Televisi ini kemudian mendapatkan hak siar Liga 1 pada musim 2019 hingga kontrak siarnya kembali di Musim 2020. Indosiar juga memperoleh hak siar resmi untuk turnamen Piala Presiden 2019 sejak Januari 2019.

pxhere.com

Program Unggulan Indosiar

Slogan Indosiar saat ini adalah Home of Entertainment. Sesuai dengan slogannya, Indosiar pun menayangkan berbagai program yang menghibur seluruh keluarga di Indonesia. Beberapa program unggulan Indosiar seperti di bawah ini:

  1. Kisah Nyata Spesial

Program unggulan dari Indosiar ini merupakan FTV yang mengangkat kisah-kisah nyata dari orang-orang di sekitar kita. Kisahnya sangat beragam, bisa kisah terkait orang-orang yang sukses merangkak dari bawah hingga kisah penyesalan orang-orang atas kejahatannya. Kisah Nyata Spesial bertujuan agar penonton dapat mengambil hikmah dari kejadian tersebut. Oleh karena itu FTV ini pun sarat akan nasehat-nasehat religious keislaman.

Kisah nyata ditayangkan beberapa kali dalam sehari. Kisah Nyata Spesial ditayangkan pukul 11.30. Kemudian ada Kisah Nyata Sore pukul 13.30 dan Kisah Nyata petang pukul 15.00.

Selain kisah nyata, Indosiar juga menghadirkan FTV Azab yang mengangkat kisah-kisah nyata dari orang-orang yang melakukan kezaliman semasa hidupnya. Kisah ini kemudian menceritakan akhir kisah dari tokoh jahat tersebut baik di dunia maupun saat kematiannya. Azab ditayangkan setiap pukul 4 sore.

pxhere.com
  1. Ketawa Ala Suca

Ketawa Ala Suca merupakan program komedi berbentuk stand up komedi dari para Komika handal dan segar Indonesia. Program ini menghadirkan kesegaran dan kelucuan segar dari para komika yang berdiri di atas panggung. Sayangnya, program ini baru akan ditayangkan tengah malam pada pukul 00.30.

  1. Berita dan Informasi

Indosiar memiliki beragam program berita dan informasi terkini yang dihadirkan untuk Anda. Di malam hari, Indosiar memiliki program Patroli Malam yang mengupas berita terkait ragam peristiwa kriminal, bencana alan, orang hilang hingga berbagai tindak kejahatan yang terjadi secara nasional. Program Patroli Malam ditayangkan setiap pukul 3 pagi.

Setelah program Patroli Malam ada program Fokus Malam yang ditayangkan pukul 3 pagi setiap hari. Program ini mengangkat hal-hal kekinian terkait isu di tanah air. Isu yang biasanya akan diangkat oleh program Patroli Malam seperti isu ekonomi, politik, budaya, sosial dan olahraga.

  1. Live D’Star

Acara ini menghadirkan pertarungan antara juara-juara dari D’Academy, LIDA, Bintang Pantura dan DA Celebrity untuk mendapatkan juara teratas.

Pengalaman menonton yang menyenangkan akan diperoleh ketika menggunakan televisi berkualitas. Dapatkan harga TV LED terbaru untuk pengalaman yang lebih menyenangkan.

 

Author

Sutaryo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *