teknologi

Cara Daftar Dan Kegunaan Internet Banking

Internet Banking merupakan salah satu aktivitas transaksi yang memiliki hubungan dengan pihak bank. Semua aktivitas transaki internet banking ini dapat di lakukan dimana saja seperti di lingkungan kantor, rumah, atau tempat lain yang tentunya sudah terhubung dengan jaringan internet. Kemajuan teknologi perbankan ini pertama kali digunakan di bank Security First Network Bank.

Sementara di Indonesia, kali ini sudah banyak bank yang menyediakan internet banking, seperti bank Mandiri, BNI, BCA, BNI, Niaga, Danamon dan masih banyak bank lainnya. internet banking sendiri memiliki banyak istilah, seperti E-Banking atau Electronic Banking, Cyber banking, Virtual Banking, Home Banking, dan Online Banking.

Dengan adanya internet banking maka transaksi perbankan akan semakin mudah. Proses penggunaannya yang gampang dipelajari, anda cukup mengunjungi situs bank yang anda gunakan maka transaksi perbankan pun sudah berjalan sesuai keinginan.

Sebagai konsumen anda dapat melakukan bermacam- macam transaksi melalui internet banking, seperti dapat cek saldo, mutasi rekening, transfer dana.  Internet banking  ini juga dapat membantu transaksi keperluan rumah tangga seperti, membayar tagihan listrik, tagihan telepon dan tagihan lainnya.

www.pexels.com

Cara Mendaftar Internet Banking

Apabila anda ingin menggunakan dan merasakan manfaatnya , maka langkah pertama yang anda lakukan adalah harus melakukan pendaftaran internet banking. Cara mendaftarnya pun dapat langsung melalui ATM atau langsung mendaftar melalui bank yang bersangkutan.

Kalau anda melakukan pendaftaran melalui mesin ATM maka yang perlu anda lakukan adalah memasukkan kartu debit ke mesin ATM kemudian langsung Input pin, dan pilihlah menu internet banking. Langkah selanjutnya anda tinggal melakukan pendaftaran sesuai dengan panduan yang ada di mesin ATM.

Apabila proses pendaftaran sudah berhasil maka proses selanjutnya yaitu aktivasi internet banking dengan melakukan login ke situs bank yang bersangkutan. Maka anda tinggal mengikuti panduan yang tersedia di situs tersebut.

Pada tahap itu anda masih hanya sebatas melakukan cek transaksi. Jika anda menginginkan dapat melakukan transaksi perbankan maka anda harus mendatangi customer servise di bank yang berkaitan dengan tujuan untuk mendapatkan One Time Password atau yang lebih dikenal dengan token.

Bagi anda yang sudah mendapatkan token maka proses transaksi anda akan terasa lebih mudah dan dapat dilakukan sesuai inginan. Anda tinggal kunjungi situs bank  lalu memilih layanan internet banking.

Setelah masuk ke layanan internet banking pertama anda masukkan user ID dan passwordnya kemudian pilih menu yang anda inginkan, seperti mengaktifkan token untuk pertama kalinya. Langkah selanjutnya ikuti saja semua perintah yang ada di menu tersebut.

Apabila anda sudah selesai melakukan transaksi maka anda akan menerima email yang isinya terkait transaksi yang sudah anda lakukan. Hal ini merupakan salah satu bukti bahwa transaksi yang anda lakukan telah berhasil.

www.pexels.com

Manfaat Menggunakan Internet Banking

Dengan adanya fasilitas internet banking mampu memberikan keuntungan bagi nasabah suatu bank. Fasilitas internet banking ini memang bertujuan untuk mempermudah nasabah suatu bank untuk melakukan transaksi perbankan. Keuntungannya adalah anda sebagai nasabah tidak perlu lagi keluar antri di bank untuk melakukan transaksi, kecuali transaksi tarik tunai.

Anda hanya menggunakan jaringan internet untuk melakukan berbagai transaksi. Dengan begitu maka pihak nasabah sangat diuntungkan dalam hal biaya dan waktu. Ditambah saat ini jaringan internet semakin cepat dan cocok digunakan untuk melakukan transaksi.

Apalagi anda seorang nasabah yang selalu melakukan transaksi perbankan dalam menjalankan bisnis. Maka anda dapat melakukan transaksi tersebut dengan cepat, dimana saja dan asalkan anda sudah terhubung dengan jaringan internet.

Selain memberikan keuntungan bagi para nasabah, adanya internet banking ini juga menguntungkan pihak pengelola bank. Dengan hadirnya internet banking maka dalam proses pengoperasiannya, pihak bank dapat terbantu dalam masalah pengurangan biaya operasionalnya. Selain itu pihak bank juga memiliki keuntungan yaitu akan banyak para nasabah yang menginginkan atau sangat membutuhkan fasilitas tersebut.

Nasabah bank apabila sudah berhasil mendaftar internet banking maka sudah dapat mulai melakukan transaksi. Berikut ini ada beberapa keuntungan menggunakan internet banking bagi para nasabah.

www.pexels.com
  1. Dapat Melakukan Transaksi Uang Non Tunai

Dengan adanya fasilitas internet banking maka anda sebagai nasabah tidak perlu lagi pergi ke mesin ATM atau bank untuk melakukan aktivitas transfer uang. Pihak nasabah hanya perlu melakukan login ke situs bank yang bersangkutan. Apabila sudah masuk ke layangan maka anda tinggal memasukkan rekening tujuan dan menyebutkan nominal yang akan ditransfer. Dalam hitungan detik, proses transaksi berhasil dilakukan dengan cepat.

  1. Dapat Melakukan Cek Saldo Dan Mutasi Rekening

Apabila anda ingin mengecek saldo di dalam tabungan maka anda tidak perlu lagi datang ke ATM atau ke bank, cukup anda membuka internet banking. Dengan begitu anda dapat mengecek saldo anda kapan saja dan dimana saja melalui leptop, gadget dan tablet, asalkan terhubung dengan jaringan internet. Selain itu melalui internet banking anda dapat melihat data transaksi dalam beberapa hari, minggu atau bulan terakhir.

  1. Isi Ulang Pulsa Elektrik

Kini pulsa elektrik untuk gadget, modem dan listrik sudah dapat dibeli melalui layanan internet banking. Di tambah lagi kini pembelian pulsa elektrik sudah didukung oleh para operator seluler, jadi kini anda tidak perlu buang waktu untuk pergi ke toko pulsa untuk membeli pulsa. Harga yang ditawarkan pun lebih murah.

  1. Melakukan Pembayaran Tagihan Bulanan

Dengan memanfaatkan internet banking maka kini mampu memudahkan anda menyelesaikan transaksi tagihan. Pembayaran tagihan bulanan seperti pembayaran telepon, listrik, TV langganan, biaya pendidikan, air dan pajak, dapat dilakukan tanpa harus datang ke tempat pembayarannya. Dengan catatan tempat pembayaran tersebut harus sudah terdaftar dan sudah terhubung dengan pihak bank.

www.pexels.com

Kelemahan Menggunakan Internet Banking

Selain adanya sejuta kelebihan, ternyata internet banking ini memiliki beberapa kelemahan. Berikut ini kami akan menjelaskan beberapa kelemahan menggunakan internet banking, terutama bagi kalian yang memiliki kesibukan dan kurang waspada.

  1. Terdapat kejahatan Hacker atau Cyber

Apabila suatu nasabah tidak waspada maka bisa jadi resiko pencurian data yang dilakukan oleh hacker. Mereka mampu membobol sistem pengaman sehingga anda perlu hati-hati dan sering melakukan pengecekan. Untuk mencegah hal itu terjadi maka anda harus pintar memilih situs resmi bank pada saat melakukan transaksi. Jadi jangan sampai anda terkecoh dengan situs-situs palsu dan mengatasnamakan bank yang bersangkutan.

  1. Tidak nyaman bagi anda yang memiliki mobilitas tinggi

Terdapat masalah kalau setiap daerah tidak semua orang memiliki leptop atau computer yang memiliki jaringan internet yang baik. Internet banking juga kurang praktis apabila anda merupakan nasabah yang sering melakukan kegiatan yang selalu berpindah-pindah.

Demikianlah penjelasan mengenai internet bangking. Fasilitas internet bangking yang mampu memudahkan seseorang untuk melakukan berbagai transaksi seperti membeli pulsa paket internet Telkomsel. Maka sudahkah anda memiliki fasilitas layanan internet bangking atau belum? kalau belum silahkan mencoba mendaftar agar bisa merasakan manfaatnya. Semoga pembahasan ini bermanfaat dan mampu merubah hidup anda lebih baik.

www.pexels.com

Author

Sutaryo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *