Umum

Kelebihan Jaket Berbahan Parasut

Bahan atau kain parasut adalah salah jenis dari banyaknya bahan pembuat jaket yang cukup populer di kalangan masyarakat Indonesia saat ini seperti jaket kulit pria. Kain parasut atau yang juga dikenal dengan sebutan kain tafetta memiliki sebuah tekstur yang tipis, juga ringan, dan tekstur yang mengkilap. Kain parasut ini sering digunakan sebagai bahan untuk membuat jaket dikarena bahannya yang nyaman digunakan dan bisa menahan air yang menembus ke dalam jaket tersebut. Jaket berbahan parasut ini juga digemari oleh masyarakat Indonesia karena bahannya yang ringan dan tidak mudah kotor ketika dipakai. Bahan parasut ini merupakan bahan yang terbuat dari serat sintesis atau bisa juga serat buatan sejenis dengan polyester yang berasal dari pengolahan minyak bumi diolah hingga menjadi serat fiber poly. Bahan parasut inilah yang digunakan untuk membuat jaket. Sehingga akan menghasilkan jaket yang mudah dibersihkan ketika sudah dipakai dan tidak mudah menimbulkan bau. Akan tetapi, jaket berbahan parasut ini kemungkinan tidak bisa menyerap keringat dengan baik sehingga tidak direkomendasikan untuk digunakan saat cuaca sedang panas atau Anda yang sedang melakukan aktifitas yang berat.

pxhere.com

Bahan parasut pada awalnya digunakan untuk membuat parasut yang digunakan oleh mereka para penerjun payung. Oleh karena hal tersebut, bahan atau kain tersebut disebut dengan nama “parasut”. Hal ini sesuai dengan kegunaannya untuk membuat parasut bagi para penerjun payung. Kain parasut tersebut kemudian mengalami berbagai inovasi sesuai dengan perkembangan zaman, hingga bisa digunakan sebagai bahan untuk membuat pakaian, termasuk jaket salah satunya. Kain parasut yang digunakan untuk membuat parasut bagi para penerjun payung dengan parasut  yang digunakan untuk membuat jaket tentu berbeda. Kain parasut yang digunakan untuk membuat jaket tidak setebal yang digunakan untuk membuat parasut bagu para penerjun payung. Kain parasut yang digunakan untuk membuat jaket ini tentu memiliki tingkat ketebalan yang rendah dan tidak kaku saat digunakan sehingga bisa disesuaikan dengan jenis dan model jaket yang akan dibuat nantinya. Kain parasut sendiri sebenarnya terdiri atas beberapa jenis. Kain parasut sendiri mengandung sebuah unsur plastik. Hal itu memungkinkan parasut  memiliki tekstur yang lebih lembut, dan halus, selain itu juga agak mengkilap.

pxhere.com

Kelebihan Jaket Bahan Parasut

Bagi Anda yang berminat dengan jaket parasut, inilah kelebihan yang dimiliki oleh jaket-jaket yang berbahan parasut.

  1. Tidak Tembus Air

Kelebihan yang pertama adalah tidak tembus air. Bahan parasut itu terbuat dari serat sintesis yang mengandung plastik dengan permukaan halus dan juga agak mengkilap. Bahan parasut ini jika digunakan untuk membuat bagian dari luar jaket, maka akan menghasilkan jaket yang tidak tembus air atau tidak bisa basah sampai ke badan pemakai menembus jaket tersebut. Jaket dengan bahan parasut ini cocok digunakan saat musim hujan tiba atau saat gerimis karena bisa melindungi diri dari cipratan air yang akan mengenai tubuh Anda. Meskipun jaket ini tidak tembus air, jaket dengan bahan parasut tetap tidak boleh digunakan untuk hujan-hujanan secara terus menerus. Karena hal tersebut bisa memudarkan warna dan juga akan membuat bintik-bintik putih muncul dipermukaan jaket parasut tersebut. Jaket parasut yang sudah basah sebaiknya dijemur ( diangin-anginkan) atau dikibas-kibaskan supaya cepat kering dan tidak lembab. Sehingga jaket tersebut tidak ditumbuhi jamur atau bakteri yang bisa merusak kualitas jaket parasut tersebut. Selain itu, jaket yang berbahan parasut juga cocok digunakan saat Anda mengendarai sepeda motor karena ringan dan juga dapat menghalau angin yang menerpa pengendara dari arah depan untuk melindungi dada Anda.

  1. Memberikan Efek Hangat

Kelebihan yang kedua dari jeket parasut adalah memberikan efek hangat. Jaket yang berbahan parasut ini lebih cocok digunakan saat cuaca sedang dingin. Hal ini dikarenakan bisa memberikan efek hangat pada tubuh pemakainya. Bahan parasut yang tidak tembus air dan juga tidak tembus udara akan membuat kondisi yang ada di dalam jaket menjadi lebih hangat dan suhu tubuh terjaga. Sehingga tubuh merasakan hangat jika menggunakan jaket dengan bahan parasut ini. Namun, jaket ini kurang cocok digunakan saat cuaca sedang panas, karena bisa membuat tubuh kegerahan atau kepanasan. Hal ini dikarenakan jaket parasut kurang bisa menyerap keringat.

pxhere.com
  1. Tidak Mudah Kusut

Keuntungan yang selanjutnya adalah tidak mudah kusut. Jaket yang berbahan parasut tidak mudah kusut ketika Anda mencuci ataupun ketika digunakan oleh Anda. Serat yang ada pada kain yang bersifat halus dan juga lembut membuat permukaan jaket tidak mudah kusut dan juga bisa tetap rapi walaupun dipakai seharian dalam berbagai aktifitas.

Tips Merawat Jaket Parasut

Bagi Anda para pengguna jaket dengan bahan parasut ini harus tebih berhati-hati dalam menyimpan atau merawat jaket Anda. Hal penting yang harus Anda lakukan adalah jangan membiarkan jaket parasut Anda dalam keadaan lembab atau basah namun dibiarkan tergeletak begitu saja. Hal ini dapat mengakibatkan tumbuhnya bakteri pada jaket Anda dan akan merusak kualitas jaket tersebut. Selain itu usahakan untuk tidak menyertika jaket parasut Anda secara langsung. Anda bisa menggunakan alas dahulu sebelum pada jaket Anda. Atau tips yang lainnya adalah dengan membalik jaket tersebut.

pxhere.com

Author

Sutaryo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *