Liburan

5 Aktivitas Seru Saat Liburan di Kawah Putih Bandung

Ada banyak tempat wisata yang viral di media sosial, namun namanya meredup seiring orang-orang mulai melupakannya. Namun ada juga tempat wisata yang namanya abadi, tidak pernah redup sehingga selalu ramai dikunjungi traveler. Salah satu destinasi wisata yang namanya tetap harum hingga hari ini yaitu Kawah Putih Bandung. Kawah Putih merupakan tempat wisata yang terletak di tanah Jawa Barat, dimana pesonanya tetap gemilang hingga hari ini.

 

Sesuai namanya, terdapat kawah yang didalamnya berisikan pasir dan asap berwarna putih, sehingga terlihat sangat indah, persis seperti dalam mimpi saat mengunjunginya. Nah jika Anda tertarik untuk mengunjungi Kawah Putih, maka banyak aktivitas yang bisa Anda lakukan disana, berikut ulasannya!

pixabay.com

Lokasi Kawah Putih Bandung

Sebelum membahas beberapa aktivitas yang bisa Anda lakukan saat travelling di Kawah Putih Bandung, ada baiknya Anda mengetahui lokasi tempat wisata satu ini. Nah Kawah Putih ini pada dasarnya terletak di salah satu bagian Gunung Patuha. Gunung Patuha sendiri berada di Rancabali, Ciwidey, Bandung. Perlu pembaca ketahui, Kawah Putih berada di Jalan Soreang, sehingga berdekatan juga dengan Situ Patenggang. Ya betul sekali, jika Anda travelling di Kawah Putih, maka ada banyak opsi tempat wisata lain yang bisa Anda singgahi. Jangan khawatir, rute menuju Kawah Putih tidaklah terlalu sulit. Setelah Anda sampai di Jalan Soreang, Bandung, maka Anda bisa menemukan banyak sekali petunjuk jalan untuk sampai di Kawah Putih.

 

Jika Anda menginap di Bandung, maka membutuhkan waktu sekitar 1-2 jam agar bisa sampai di Kawah Putih Bandung. Ya betul sekali, jarak antara Bandung dengan Ciwidey yaitu sekitar 50 km. Anda bisa menggunakan beberapa moda transportasi agar bisa sampai di Kawah Putih. Namun kami sangat merekomendasikan Anda untuk menggunakan paket wisata Bandung karena perjalanan liburan jadi lebih aman dan nyaman. Ya, dengan bantuan paket wisata Bandung, Anda tidak perlu lagi mengkhawatirkan rute, transportasi, akomodasi, makan, tiket, parkir, dan lainnya.

pixabay.com

Aktivitas yang Bisa Anda Lakukan di Kawah Putih Bandung

Banyak hal yang bisa Anda lakukan setelah singgah di Kawah Putih Bandung. Jadi tak hanya sekedar jalan-jalan, Anda ‘pun bisa melakukan banyak aktivitas fun disini, yuk mari kita simak ulasannya di bawah ini!

  • Jalan-jalan

Terdapat dua opsi paling rasional setelah Anda tiba di Kawah Putih yaitu istirahat dulu atau langsung jalan-jalan disekitar tempat wisata. Jika Anda memilih opsi yang kedua, maka Anda bisa langsung menggerakan kaki untuk mengelilingi lokasi kawah. Kawah Putih merupakan tempat yang sangat indah, bahkan sangat indah. Anda akan merasakan nuansa romantis, psychedelic, bahkan hingga spiritual. Ya betul sekali, suasananya sangat berbeda dengan tempat-tempat pada umumnya. Selain melihat air kawah yang berwarna putih agak kehijau-hijauan, Anda ‘pun bisa melihat pepohonan setengah mati yang terlihat sangat artistik. Disekitar kawah ‘pun Anda bisa melihat siluet pegunungan yang terlihat sedikit misterius.

 

  • Fotografi

Tak bisa dipungkiri bahwa Kawah Putih Bandung merupakan salah satu spot fotografi terbaik di Indonesia, bahkan dunia. Mengapa bisa seperti itu? Karena perpaduan kawah, kabut, hutan lebat, pepohonan mati, hingga berbagai siluet warna-warni, menjadikan Kawah Putih ini sebagai tempat fotografi yang sangat ideal. Dalam sekali jepret, Anda bisa mendapatkan hasil foto yang sangat memuaskan. Nah Anda bisa menjadikan kawah sebagai background atau bisa juga dikombinasikan dengan pepohonan mati yang ada disekitar kawah. Kabut yang terus menyelimuti Kawah Putih membuat hasil fotografi terlihat sangat keren. Karena sangat indah, tak mengherankan jika banyak pasangan yang menjadikan Kawah Putih Bandung ini sebagai spot fotografi.

pixabay.com
  • Mendaki Gunung Patuha

Karena berada di Gunung Patuha, maka aktivitas lain yang bisa Anda lakukan selama berada di Kawah Putih yaitu mendaki gunung. Gunung Patuha merupakan gunung dengan ketinggian sedang, sehingga pendaki pemula ‘pun bisa dengan mudah mencapai puncaknya. Ya betul sekali, lokas Kawah Putih hanya berjarak beberapa mdpl saja dari puncak Gunung Patuha. Jadi dibutuhkan 2 hingga 4 jam saja untuk mencapai puncaknya. Setelah sampai di puncah Gunung Patuha, rasa lelah selama perjalanan akan langsung terbayar dengan pemandangan disekitarnya. Apalagi jika Anda mencapai puncak saat sunrise atau sunset, maka bahagianya bisa berkali-kali lipat banyaknya.

 

  • Memetik Daun Teh

Tak hanya berjalan-jalan di sekitar kawah, Anda ‘pun bisa keluar sedikit dari area kawah untuk menemukan area kebun teh yang sangat luas. Selain bisa dijadikan alternatif spot fotografi, Anda ‘pun bisa membantu petani untuk memetik daun teh.

 

  • Camping

Jika Anda ingin merasakan pengalaman menginap yang lebih ekstrem, maka Anda bisa camping di sekitar Kawah Putih. Ya, terdapat area camping di lokasi wisata Kawah Putih bernama Smart Camp Adventure.

 

Nah itulah beberapa aktivitas menyenangkan yang bisa Anda lakukan saat berada di Kawah Putih Bandung. Anda bisa travelling di Kawah Putih sendirian, bersama pasangan, atau beramai-ramai bersama teman atau keluarga. Jangan pernah ragukan keindahan Kawah Putih, ayo sempatkan waktu Anda untuk liburan di destinasi wisata satu ini!

 

 

 

Author

Sutaryo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *