Fakultas Kedokteran Terbaik di Indonesia yang Paling Diminati

0 Comments

Fakultas kedokteran (FK) merupakan tujuan banyak orang yang mempunyai cita-cita seorang dokter. Banyak sekali anak-anak Indonesia yang punya keinginan untuk menjadi dokter. Sebagian besar dari anda mungkin juga memiliki keinginan akan hal tersebut. Pastinya harus terlebih dahulu lulus SMA dengan konsentrasi IPA. Barulah bisa mengambil jurusan kedokteran. Hal yang sangat diimpikan dan favorit di mata anak Indonesia. Tidak mudah memang ketika ingin masuk ke kedokteran. Apalagi anda mentargetkan fakultas kedokteran terbaik di Indonesia. Usaha dan kerja keras perlu diupayakan dengan semaksimal mungkin. Belum lagi urusan biaya yang tidak sedikit diperlukan ketika masuk kedokteran. Beda universitas tentu saja biayanya juga berbeda. Makanya anda harus mengenal terlebih dahulu fakultas dan perguruan tinggi. Sehingga bisa memutuskan pilihan yang paling sesuai dan tepat untuk anda.

Bila ingin dilihat lebih jauh lagi. Dokter bukan hanya menjadi sebuah cita-cita saja. Namun menjadi sebuah profesi yang sangat menjanjikan. Bagaimana tidak, untuk masuk ke fakultas kedokteran saja membutuhkan usaha yang begitu besar. Bukan hanya masalah kepandaian dalam berpikir saja. Di samping itu diperlukan pula biaya yang tidak sedikit ketika masuk. Baik perguruan tinggi negeri atau swasta tidak jauh berbeda. Hal inilah yang pastinya menuntut anda harus mempersiapkan dengan baik. Ketika keduanya sudah siap dengan baik, maka perguruan tinggi yang anda inginkan mudah untuk dicapai.

pxhere.com

Universitas dengan Fakultas Kedokteran Terfavorit

Di Indonesia sendiri, ada banyak universitas yang memiliki fakultas kedokteran. Akan tetapi, hanya beberapa universitas yang mempunyai peminat terbesar. Bagi anda yang ingin mencarinya, maka pada kesempatan kali ini akan diberikan referensi untuk anda. Sehingga anda tidak akan lagi menjalani kebingungan dalam memilih. Setidaknya ada 4 universitas dengan kampus kedokteran terbaik. Diantaranya ialah sebagai berikut.

  • UI

Harus anda pahami bahwa universitas yang satu ini mempunyai kualitas yang paling bagus. Universitas yang lahir sejak dulu dan bahwa menjadi awal berkembang pendidikan dokter yang ada di Indonesia. Staf tenaga yang profesional menjadikan fakultas kedokteran bisa menghasilkan dokter yang unggul. Kurikulum dari FKUI sangat begitu sempurna dan inovatif. Sehingga tidak heran kalau kemudian mendapat predikat A untuk fakultas ini. Bila anda ingin masuk ke fakultas kedokteran UI, harus dipersiapkan dengan sebaik mungkin karena prosesnya sangat ketat dan selektif.

  • Unpad

Fakultas kedokteran terbaik di Indonesia lainnya ialah yang ada di Universitas Padjadjaran. Kualitas pembelajaran yang dilangsungkan sangat diunggulkan. Bahkan memakai metode pelatihan yakni Competency-based Training. Salah satu yang menenrima jumlah mahasiswa kedokteran terbanyak. Unpad dianggap sebagai tolok ukur dari pendidikan kedokteran Indonesia. Bahkan dipercaya sebagai 5 fakultas terbaik yang ada di Asia Tenggara.

  • UGM

Universitas ini memiliki pengelolaan yang sangat bagus dan transparan. Sehingga dalam mencapai terwujudnya visi misi bisa berjalan dengan baik. Program yang dikembangkan sangatlah efektif dan efisien. Pembelajaran yang dihilangkan dengan sistem riset dan nantinya berkesinambungan ke klinik dan mengabdi untuk masyarakat.  Banyak prestasi bessr yang telah dicapai, terutama dalam bidang penelitian kesehatan. Tidak heran kalau universitas ini, FK sudah diakui di mata dunia.

  • Undip

Sejak diresmikan tahun 1961 Fakultas Kedokteran di universitas Diponegoro menjadi banyak pilihan mahasiswa. Selama 46 tahun berdiri banyak sekali perkembangan yang dilakukannya. Pendidikan pada fakultas mengandung unsur muatan lokal, hal ini dikarenakan pendekatan yang dipakai ialah Problem Based. Bahkan berafiliasi pula dengan rumah sakit yang ada di sekitarnya. Peminatnya sendiri cukup banyak, meskipun setiap tahunnya hanya menerima 66 mahasiswa kedokteran saja.

pxhere.com

Tak Mudah Masuk Fakultas Kedokteran Terbaik

Tadi anda sudah mengetahui beberapa universitas dengan fakultas kedokteran terbaik di Indonesia. Hampir sebagian besar menerima dalam jumlah yang tidak terlalu banyak. Sangat wajar memang, karena ini adalah sebuah jurusan favorit. Hampir sebagian besar universitas hanya menerima kurang dari 100 kursi. Ini menunjukan bahwa fakultas kedokteran punya grade yang begitu tinggi. Bisa dilihat sendiri yang diterima sedikit akan tetapi, jumlah orang yang mendaftar lumayan besar.

Bila kemudian anda ingin mencoba masuk kedokteran. Maka harus ada usaha yang dilakukan. Sebelum mendaftar lebih baik dipersiapkan dengan matang sebelumnya. Perlu dipahami bahwa tidak hanya masalah anda harus belajar dengan giat karena pesaing yang ada begitu berkualitas dan kemampuan yang mumpuni. Akan tetapi, yang lebih harus diperhitungkan ialah masalah finansial. Terlebih dahulu mencari tahu berapa biaya yang harus dikeluarkan. Anda bisa langsung bertanya pada kampus tempat anda ingin mendaftar. Biasanya anda akan diberikan penjelasan mengenai rincian dana ketika masuk fakultas kedokteran.

pxhere.com

Itu memang urusan orang tua, dana yang diperlukan bukanlah tanggung jawab anda. Tetapi, kalau sudah siap finansial, anda akan lebih giat dalam menghadapi ujian masuk fakultas tersebut. Banyak orang yang memanfaatkan bimbel kedokteran sebagai tempat belajar. Akan diberikan bekal dalam menghadapi ujian masuk kedokteran. Begitu sangat membantu dalam mempersiapkan menghadapi ujian. Kalau semuanya itu sudah siap, maka anda akan memiliki kemungkinan besar masuk ke fakultas kedokteran. Semoga bisa memberi referensi dan informasi  bagi para pembaca.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *