Rencanakan Untuk Lanjutkan Pendidikan Di Kedokteran UNPAD

0 Comments

Bagi siswa yang berencana melanjutkan pendidikan dengan berkualiah tentu akan berupaya agar bisa diterima di Perguruan Tinggi yang diimpikan. Terlebih bagi mereka yang memiliki cita-cita menjadi dokter misalnya maka Fakultasi Kedokteran menjadi incaran terutama di kampus-kampus terbaik tanah air. Salah satu kampus favorit di Indonesia yang memiliki Fakultas Kedokteran terbaik yaitu Universitas Padjajaran Bandung atau sering dikenal dengan sebutan Unpad.

pxhere.com

Tentang Universitas Padjajaran Bandung

Universitas Padjajaran merupakan sebuah universitas negeri yang berada di Kota Bandung, Jawa Barat. Universitas ini didirikan pada tanggal 11 September 1957 dan sampai saat ini masih terus menjadi kampus favorit di Bandung selain ITB. UPI, UNSIKA, UNSIL dan lain-lain. Unpad mempunyai dua kampus utama yaitu Kampus Jatinangos  di Kabupaten Sumedang dan Kampus Iwa Koesoemasoemantri yang berada di Dipati Ukur, Bandung. Selain dua kampus utama tersebut, Unpad juga masih mempunyai beberapa kampus lainnya yang berada di lokasi berbeda diantaranya berada di Dago Atas, Singaperbangsa, Simpang Dago, Dago Pojok, Cimadiri, Banda, Cisangkuy, Teuku Umar dan lain sebagainya.

Dalam penyelenggaraan pendidikannya, Unpad memiliki beberapa program diantaranya program Diploma, Sarjana, Program Pascasarjana serta Program Spesialis & Profesi. Jika ingin mengambil salah atu program pendidikan tersebut maka terlebih dahulu calon mahasiswa harus mengikuti jalur seleksi yang ada. Sedangkan fakultas dan program studi di Universitas Padjajaran juga sangat banyak sehingga bisa dipilih sesuai bakat dan minat calon mahasiswa. Dari banyaknya fakultas di Unpad, Fakultas Kedokteran Unpad menjadi salah satu yang terfavorit dan banyak diincar oleh calon mahasiswa dari berbagai wilayah di Indonesia.

pxhere.com

Sekilas Tentang Fakultas Kedokteran Universitas Padjajaran Bandung

Fakults Kedokteran (FK) Universitas Padjajaran Bandung merupakan sebuah fakultas yang didirikan beradasarkan 2 falsafah utama. Dimana falsafah tersebut yaitu kemasalahatan bagi masyarakat serta kebersamaan dalam kesejawatan. Berdirinya Fakultas Kedokteran ini merupakan gagasan dari menteri kesehatan dr.Lie Kiat Teng ketika Kongres IDI tahun 1953 di Surabaya.

Dengan berdirinya Universitas Padjajaran maka berdiri pula Fakultas Kedokteran sekaligus bersamaan dengan tiga fakultas lainnya. Seiring dengan perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan dalam bidang kedokteran maka di tahun 1979, Fakultas Kedokteran Unpad membuka program pendidikan Pascasarjana.

Sejak tahun 2001 lalu, Fakultas Kedokteran Universitas Padjajaran menerapkan metode Problem Based Learning atau PBL dalam proses perkualiahan. Melalui metode pembelajaran ini diharapkan nantinya dapat mencetak tenaga kesehatan yang dapat mengembangkan diri sendiri serta mampu beradaptasi untuk menyelesaikan permasalahan sendiri. Dengan begitu mereka tidak akan lagi bergantung pada dosen maupun institusi. Bisa dikatakan bahwa nantinya seorang dokter lulusan Unpad diharapkan bisa terus belajar sendiri sepanjang hayat.

Fakultas Kedokteran Universitas Padjajaran juga menerapkan kurikulum pembelajaran yang berkonsep SPICES untuk mendorong minat mahasiswa supaya belajar sekaligus melatih pola pikir mereka. Selain itu, kurikulum tersebut juga mengintegrasikan klinik dan preklinik serta mengenalkan mahasiswa pada pengetahuan klinik melalui kasus dan pelatihan keterampilan pada model ataupun pasien.

Saat ini Fakultas Kedokteran Universitas Padjajaran sudah membuka program pendidikan Diploma, Sarjana, Profesi & Spesialis dan Pascasarjana. Untuk program Diploma hanya terdapat satu program studi yaitu D-IV Kebidanan. Program Sarjana terdiri dari program studi Kedokteran dan Kedokteran Hewan. Untuk informasi program pendidikan di FK ini bisa dicek melalui website resmi Universitas Padjajaran.

pxhere.com

Bagaimana Cara Agar Lolos Seleksi FK Unpad?

Agar bisa diterima di FK Unpad maka terlebih dahulu calon mahasiswa harus mengetahui jalur pendaftaran Unpad yang kini bisa dilakukan secara online. Adapun jalur-jalur pendaftaran tersebut antara lain SNMPTN, SBMPTN, Bidikmisi dan jalur Mandiri atau SPMU. Banyaknya jalur pendaftaran di Unpad tersebut diharapkan dapat memberikan kesempatan yang lebih besar bagi calon mahasiswa agar bisa diterima di FK Unpad. Pastinya agar bisa lolos seleksi FK Unpad maka persiapkan diri anda dengan sebaik mungkin.

Bagi calon mahasiswa yang sudah mengikuti seleksi SNMPTN Unpad namun belum berhasil maka tak perlu berkecil hati. Sebab masih ada jalur SBMPTN yang bisa diikuti. Meskipun untuk memasuki Fakultas Kedokteran sering dianggap sangat sulit karena passing grade yang tinggi. Namun buka berarti harus menyerah begitu saja. Melalui SBMPTN ini calon mahasiswa bisa mengukur tingkat kemampuannya. Supaya bisa lolos seleksi SBMPTN FK Unpad maka ada beberapa tips yang perlu diterapkan.

  1. Fokus
    Fokuslah pada tujuan anda mengikuti seleksi SBMPTN. Sebab kebanyakan yang lolos SBMPTN adalah mereka yang bisa fokus pada tujuan. Dengan fokus maka anda lebih siap dengan segala konsekuensi mulai dari jam belajar yang meningkat. Fokus pula pada mata pelajaran yang akan diujikan saat seleksi SBMPTN sesuai kampus yang dipilih.
  2. Out Of The Box
    Cobalah untuk out of the box dengan mengubah motivasi dan pola belajar. Bila merasa kesulitan belajar sendiri maka bisa mengikuti bimbel kedokteran yang banyak ditawarkan oleh lembaga bimbel terkemuka di Indonesia.

Itulah tadi penjelasan mengenai kedokteran Universitas Padjajaran Bandung yang bisa menjadi referensi bagi calon mahasiswa. Tentunya persiapkan diri sebaik mungkin agar impain kuliah di FK Unpad bisa menjadi kenyataan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *