Uncategorized

Kenapa langit berwarna biru?

Jika kita melihat langit saat cuaca sedang cerah, pasti kita akan melihat begitu indahnya langit di bumi kita yang memiliki warna biru cerah lengkap dengan awan putih yang memberikan harmonisasi yang sangat indah. Akan tetapi seperti halnya banyak hal di bumi ini, keindahan tersebut sebenarnya adalah sesuatu yang sangat menarik dan bisa kita bahas secara akademik.

Benar sekali, indahnya warna biru pada langit ternyata tidak terjadi dengan begitu saja, ada penjelasan yang melatarbelakangi terbentuknya warna biru yang sering kita lihat di langit. Dan inilah alasan Kenapa langit berwarna biru yang wajib kamu tahu, dimana kami akan mencoba membahasnya sesimpel mungkin sehingga teman teman sekalian bisa dengan mudah memahaminya.

Cahaya matahari dan hubungannya dengan langit biru kita

Sebenarnya warna yang dipancarkan oleh langit yang berwarna biru berasal dari cahaya matahari, cahaya yang aslinya berwarna putih dari matahari ini menjalar lewat lapisan yang bernama atmosfer yang menimbulkan tabrakan antara cahaya matahari tersebut dengan berbagai molekul udara di sana. Ketika terjadi tabrakan inilah kemudian tercipta gelombang cahaya

Panjang yang tersebar dengan jumlah dan warna yang berbeda – beda, sedangkan untuk gelombang yang tersebar paling banyak adalah cahaya biru karena warna ini mempunyai Panjang gelombang yang terbilang lebih pendek dari pada warna – warna lainnya, sedangkan untuk warna kemerahan sendiri adalah menjadi cahaya yang memiliki intensitas gelombang lebih Panjang dari warna lainnya.

Pantulan cahaya matahari sebagai kunci dari langit biru

Tidak cukup sampai di situ saja, cahaya yang mulai tersebar banyak berwarna biru itu pun kemudian juga dipantulkan oleh permukaan bumi yang lalu membuat cahaya tersebut semakin berhamburan yang pada akhirnya membuat pantulan warna biru cerah di langit dan seakan membuat langit di bumi ini menjadi terlihat biru. Dari proses Panjang itulah kemudian tercipta warna biru yang sangat indah di langit kita ini, jadi berkat adanya cahaya mataharilah semua warna tersebut muncul hingga cahaya biru saja yang berhasil menghias langit yang kita lihat.

 

 

 

 

Author

Sutaryo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *