Bisnis

Keripik Kentang yang Lezat dan Gurih

Kentang merupakan bahan makanan yang sudah tidak asing bagi semua orang. Kentang banyak dijadikan bahan utama untuk beberapa aneka makanan. Salah satunya adalah untuk keripik kentang yang mungkin menjadi camilan favorit banyak orang. Kentang memang dapat dikonsumsi dengan berbagai cara, baik direbus, digoreng, atau dimasak dengan cara lain. Kentang cocok dijadikan sebagai bahan makanan yang lezat, selain itu kandungan gizi dalam kentang juga bermanfaat bagi tubuh. Membuat keripik dari kentang pun bisa menjadi pilihan tepat untuk sekedar camilan di rumah atau bahkan bisnis yang menjanjikan.

Kentang dan Kandungan Gizi di Dalamnya

Kentang terdiri dari beberapa nutrisi makro dan mikro yang baik untuk tubuh. Mengonsumsi keripik kentang menjadi salah satu cara untuk mendapatkan nutrisi kentang yang terdiri dari beberapa unsur berikut.

  1. Karbohidrat

Tubuh membutuhkan karbohidrat yang merupakan sumber utama untuk tenaga bagi tubuh. Banyak ahli menyarankan untuk mengonsumsi karbohidrat setidaknya 900 hingga 1300 kalori. Karbohidrat di dalam sebuah kentang pun cukup banyak antara 60 hingga 90 persen. Karbohidrat pada kentang juga sering menjadi alternatif pengganti nasi bagi yang sedang diet gula.

www.pexels.com
  1. Serat

Rasa gurih dari keripik kentang memang menjadi alasan banyak orang memilihnya sebagai camilan di rumah. Kentang merupakan bahan makanan yang memiliki kandungan serat cukup tinggi terutama di bagian kulit. Kentang mengandung serat yang merupakan makanan bagi bakteri baik. Bakteri yang berada di usus besar dan bertugas memelihara kesehatan pada saluran pencernaan. Mengonsumsi kentang sebaiknya tidak dalam kondisi panas karena saat dingin justru kandungan pati di kentang menjadi lebih tinggi.

  1. Protein

Protein merupakan salah satu nutrisi yang bisa didapat dari sebuah kentang. Protein berfungsi untuk memproduksi zat kimia tubuh seperti hormon dan juga enzim. Selain itu, protein juga dibutuhkan untuk pembentukan otot, sel darah, kulit, rambut, dan tulang. Kandungan protein dalam kentang antara 1-1,5 persen per buah. Walaupun tidak terlalu tinggi, protein dalam utama di kentang memiliki kualitas tinggi yang disebut patatin.

  1. Kalium

Potasium atau yang dikenal kalium merupakan mineral yang terdapat dalam kentang. Nutrisi ini memiliki manfaat seperti menurunkan risiko tekanan darah tinggi, stroke, dan penyakit jantung. Bagian kulit kentang menjadi bagian yang paling banyak mengandung kalium.

  1. Antioksidan

Mengonsumsi keripik kentang memang nikmat, apalagi saat menonton tv atau film. Kentang memiliki rasa yang sedikit manis dan mengandung banyak gizi. Seperti antioksidan yang cukup tinggi di dalam sebuah kentang. Antioksidan merupakan senyawa yang baik untuk mencegah bahaya radikal bebas masuk ke dalam tubuh. Antioksidan dalam kentang juga memiliki manfaat untuk menurunkan pertumbuhan kanker usus besar dan kanker hati.

www.pexels.com
  1. Vitamin B6

Sumber gizi yang terdapat dalam kentang lainnya adalah vitamin B6. Vitamin yang dibutuhkan dalam pembentukan sel darah merah, pembentukan antibodi, membantu memelihara kesehatan saraf, dan membantu penyerapan protein di dalam tubuh.

  1. Folat

Kentang ternyata juga mengandung nutrisi berupa asam folat. Asam folat mempunyai beberapa manfaat bagi tubuh yaitu mencegah risiko keguguran dan juga menurunkan risiko bayi lahir cacat.

  1. Vitamin C

Di dalam sebuah kentang mengandung vitamin C yang penting untuk memperbaiki jaringan tubuh. Vitamin C juga berfungsi untuk memelihara kesehatan tulang dan gizi, membantu penyerapan zat besi, serta memiliki peran penting dalam sistem imun.

Memilih Kentang yang Bagus dan Berkualitas

Membuat keripik kentang pastinya membutuhkan kentang yang bagus dan juga berkualitas. Berikut adalah beberapa tips memilih kentang berkualitas baik.

  1. Permukaan kentang

Tips memilih kentang berkualitas bisa dilihat dari bagian permukaannya. Bagian luar kentang menjadi cara paling mudah untuk mengetahui kualitas sebuah kentang. Permukaan kentang yang halus biasanya memiliki rasa yang lebih manis. Pilih juga kentang yang permukaannya terlihat segar dan tidak memiliki lubang.

  1. Warna kentang

Kualitas kentang bisa dilihat dari warna luar kentang. Hindari untuk memilih kentang dengan bagian luar berwarna hijau. Kentang seperti itu biasanya dipanen terlalu muda dan rasanya juga lebih pahit.

www.pexels.com
  1. Bentuk kentang

Kentang yang bagus untuk bahan keripik kentang adalah yang masih segar. Bisa dilihat dari bentuk kentang, apabila sudah mulai keriput berarti kentang sudah tidak terlalu segar. Jangan pilih kentang yang sudah mulai bertunas karena rasanya sudah tidak enak untuk makanan.

Cara Membuat Keripik Kentang yang Renyah

Beberapa orang mungkin mencoba membuat keripik dari kentang, namun tidak terlalu gurih seperti yang banyak dijual di toko. Untuk membuat keripik kentang yang gurih, berikut adalah beberapa tahapannya.

  1. Siapkan bahan

Untuk membuat keripik dari kentang, maka yang dibutuhkan antara lain adalah kentang berkualitas, air, kapur sirih, dan bumbu keripik. Sedangkan untuk memasak atau membuat keripik dibutuhkan minyak goreng secukupnya.

  1. Mempersiapkan potongan kentang

Langkah pertama untuk membuat keripik kentang adalah membersihkan kentang dari tanah. Cuci menggunakan air hingga kentang benar-benar bersih. Setelah itu potong atau iris kentang tipis-tipis, bisa menggunakan pisau biasa atau pun yang pemotong khusus keripik.

  1. Merendam kentang

Untuk membuat keripik yang renyah dan juga warna keripik yang bagus digunakan larutan kapur sirih. Kentang yang sudah diiris, selanjutnya direndam dengan air yang sudah diberi kapur sirih. Redam hingga 30 menit dan kemudian ditiriskan untuk dibersihkan dengan air biasa. Biarkan air di kentang berkurang sebelum melanjutkan menggorengnya.

  1. Menggoreng kentang

Dibutuhkan minyak goreng secukupnya untuk membuat keripik kentang yang lezat dan renyah. Siapkan penggorengan dengan api sedang dan biarkan minyak menjadi benar-benar panas. Setelah minyak panas, kentang dapat mulai digoreng. Pastikan untuk semua bagian kentang masuk ke dalam minyak. Goreng kentang hingga warnanya menjadi kuning kecokelatan.

www.pexels.com
  1. Memberi rasa tambahan

Kentang yang sudah digoreng, selanjutnya diberi rasa tambahan. Sekarang ada banyak bumbu untuk keripik yang dijual dengan berbagai rasa. Bumbu balado atau pun bumbu rasa barbeque bisa menjadi pilihan untuk menambah rasa pada keripik kentang.

  1. Menyajikan keripik

Aduk atau kocok kentang yang sudah ditaburi bumbu agar rasanya merata. Setelah itu bisa langsung disajikan di piring atau pun tempat camilan lain. Apabila ingin mencoba menjual keripik tersebut, bisa gunakan standing pouch untuk kemasan yang lebih menarik. Kemasan seperti ini dapat dipilih untuk membungkus keripik agar lebih awet. Bentuk kemasan yang bagus juga bisa menambah daya tarik untuk orang membelinya. Apabila baru mencoba berjualan keripik dari kentang, bisa memulai memasarkannya di warung-warung kecil atau pun menawarkan ke orang-orang terdekat.

Keripik dari kentang tersebut bisa menemani waktu bersama keluarga. Untuk usaha pun keripik ini memiliki prospek yang menjanjikan. Masyarakat yang sangat suka dengan camilan gurih dengan bumbu yang lezat, banyak memilih keripik kentang untuk makanan ringan atau snack mereka.

Author

Sutaryo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *