Uncategorized

Tips Memilih Kitchen Set yang Benar dan Berkualitas

Bagi sebagian orang, dapur bukanlah ruangan yang paling utama dalam rencana mendesain rumah. Padahal dapur merupakan salah satu ruangan yang paling sering dikunjungi oleh penghuni rumah. Sehingga dengan desain yang lebih baik, tentu saja penghuni rumah akan merasa lebih nyaman berada di dapur. Satu hal yang harus diperhatikan yaitu kitchen set, karena pemilihan kitchen set dapat memberikan efek positif dalam mendesain dapur.

Dengan adanya kitchen set, dapur dapat terlihat lebih mewah, terkesan bersih, dan juga rapi. Kitchen set sendiri berfungsi untuk menyimpan berbagai peralatan dapur, sehingga dapur dapat terlihat lebih luas dan nyaman digunakan. Cara memilih kitchen set yang benar yaitu dengan menyesuaikan ukuran dan warna dapur, sehingga dapat serasi dengan model dan desain dapur itu sendiri.

Cara memilih model Kitchen Set

  1. Dalam menentukan pilihan kitchen set yang sesuai harus dilihat dari dua kriteria yaitu kenyamanan saat berada di dapur dan keindahan ruangan. Alangkah lebih baik jika dalam pemilihan desain dapur dilakukan oleh kita sendiri. Karena yang menggunakan dapur adalah kita, sehingga yang dapat menilai kenyamanan dan keindahan di dalamnya juga kita. Dapur yang nyaman dan serasi dengan model kitchen set yang indah tentu dapat memberikan suasana memasak yang menyenangkan.
  2. Untuk memilih kitchen set tidak ditentukan oleh harga, namun ditentukan oleh kualitas barang itu sendiri. Harga kitchen set yang mahal belum tentu memberikan kualitas yang baik dan dapat tahan lama. Kitchen set merupakan perabotan dapur yang sering berhubungan dengan kegiatan memasak, sehingga akan sering terkena hawa panas, asap, minyak penggorengan. Maka dari itu, pemilihan kitchen set harus benar-benar dari bahan yang berkualitas agar dapat tahan lama.
  3. Agar dapur tidak terlihat membosankan maka diperlukan model kitchen set yang unik dan tidak monoton. Namun, menentukan kitchen set juga perlu melihat ukuran dapur. Contohnya saja jika anda menggunakan konsep minimalis, maka sebaiknya anda tidak perlu menggunakan kitchen set yang membutuhkan banyak desain. Untuk dapur minimalis lebih baik jika memakai kitchen set yang polos agar kesan minimalisnya tidak hilang.
unsplash.com

Jenis-jenis Kitchen Set

  1. Kitchen Set Minimalis

Jenis kitchen set ini memiliki nuansa modern dan biasanya identik dengan garis lurus yang tegas. Pada jenis kitchen set ini biasanya menggunakan finishing dengan Duco atau HPL. Duco merupakan finishing dengan cat duco sebagai lapiran luar kitchen set, sedangkan HPL hanya menempelkan pada rangka kitchen set. Kitchen set ini biasanya berbentuk geometris dan sederhana, namun tetap memperlihatkan kesan elegan. Kitchen set minimalis sangat cocok dengan dapur yang sempit.

  1. Kitchen Set Klasik

Sesuai dengan namanya, jenis kitchen set ini paling banyak digunakan oleh rumah-rumah bergaya klasik. Kitchen set klasik identik dengan lekukan-lekukan dan list pada bagian tepi sehingga memiliki nuansa yang elegan. Untuk pembuatannya sendiri, jenis kitchen set ini diketahui lebih rumit dibandingkan dengan jenis kitchen set minimanis.

  1. Kitchen Set Vintage

Jenis kitchen set ini sangat cocok bagi anda yang menginginkan unsur-unsur natural pada dapur dengan memperlihatkan kesan lembut. Kitchen set vintage dapat menampilkan gambaran yang unik dan lucu bagi dapur anda.

  1. Kitchen Set Retro

Dapat dilihat dari namanya, jenis kitchen set ini mengambil konsep retro atau kuno. Kitchen set retro dapat menampilkan kesan unik. Namun, jenis kitchen set ini tidak akan sesuai bila disandingkan dengan rumah gaya minimalis karena dapat menampilkan kesan yang bertabrakan.

unsplash.com

Bahan Kitchen Set

  1. Kayu Solid atau Hardwood

Kayu solid atau Hardwood merupakan kayu utuh yang dibentuk dalam berbagai ukuran sehingga menjadi furniture dan perabotan, seperti untuk lemari pakaian dan kitchen set. Kayu solid yang biasanya digunakan dalam pembuatan kitchen set adalah kayu jati belanda, jati, sungai, mahoni, maple, dan masih banyak lagi. Dikarenakan ketersediaannya yang semakin langka, kayu solid memiliki harga yang lebih mahal, terutama kayu jati. Namun harga kayu solid sebanding dengan kualitas yang diberikan, karena kayu ini dapat bertahan sampai puluhan tahun. Bahan kayu ini sangat cocok dengan jenis dapur minimalis karena memberi kesan yang elegan.

  1. Kayu Olahan

Bahan kayu olahan saat ini sangat populer dan sering digunakan untuk dapur yang mengambil konsep kitchen set minimalis. Kayu olahan merupakan kayu yang diolah menggunakan bahan kimia dan mesin sehingga menghasilkan bahan pengganti kayu solid. Beberapa jenis kayu olahan yang paling sering digunakan yaitu Plywood, blockboard, MDF, dan partikel board. Namun kayu olahan yang paling populer saat ini dan sangat cocok untuk kitchen set adalah plywood. Selain bahannya yang mudah untuk dibentuk, plywood juga memiliki ketahanan yang lumayan lama. Kitchen set dengan kayu olahan menjadi populer karena murah dan cocok untuk desain yang sederhana.

Itulah beberapa tips memilih kitchen set yang benar dan berkualitas, semoga anda dapat menentukan kitchen set yang nyaman dan terlihat estetik. Karena dengan kitchen set yang nyaman dan indah akan membuat anda senang, sehingga memasak pun akan lebih menyenangkan.

Author

Sutaryo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *