Baffman Media

Belajar Terus Sampai Ajal Datang

Baffman Media Uncategorized Klasifikasi cumi-cumi secara umum

Klasifikasi cumi-cumi secara umum

Pada kesempatan ini, penulis menjelaskan jenis dan klasifikasi cumi-cumi tersebut. Pada artikel sebelumnya, penulis menjelaskan beberapa klasifikasi hewan lainnya.

Cumi-cumi adalah sejenis vertebrata dan termasuk moluska atau hewan dengan tubuh lunak.

Ada banyak spesies hewan ini yang umum di berbagai belahan dunia. Mari kita lihat diskusi penulis kali ini.

klasifikasi cumi-cumi

Cumi-cumi, disebut “cumi-cumi” dalam bahasa Inggris, adalah sejenis hewan air dengan tentakel dan tidak memiliki tulang belakang (invertebrata). Penjelasan lebih rinci dapat ditemukan dalam artikel Vertebrata dan Invertebrata. Kebanyakan orang mengenal hewan ini setelah disajikan sebagai lauk atau makanan. Squid memiliki ukuran dari kecil hingga besar. Cumi-cumi terbesar yang pernah ditemukan adalah 16 meter. Dalam klasifikasi makhluk hidup, gurita dibagi menjadi filum moluska. Filum molus terdiri dari invertebrata lunak.

subclass

Meskipun diklasifikasikan sebagai invertebrata atau hewan tanpa tulang belakang, beberapa hewan juga memiliki cangkang saat mengklasifikasikan moluska. Cumi-cumi termasuk dalam kelas Chepalopoda. Karena ada atau tidaknya cangkang, hewan-hewan dari kelas Chepalopoda sekali lagi diklasifikasikan. Kelas Chepalopoda dibagi menjadi 3 subclass, yang merupakan klasifikasi squid:

Subkelas Nautiloidea – memiliki kulit luar melengkung atau lurus dengan jahitan sederhana. Hewan di subkelas ini memiliki 2 pasang insang dan nefridia, termasuk tentakel panjang. Sebagian besar sudah punah, tetapi masih ada beberapa genera dari sana, seperti Endoceras dan Nautilus.

Subkelas ammonoid – memiliki cangkang luar yang mengeriting dengan septa dan jahitan yang kompleks. Genera yang paling terkenal dari subclass ini adalah Ceratite, Scaphites, Pachydiscus.

Coleoid subclass – memiliki cangkang yang dalam, berkurang atau hilang. Ini gurita.

Pemesanan dan pengiriman

Pada kelompok hewan di subclass Coleoida ada 5 ordo, yaitu Belemnoidea, Sepioidea, Teuthoidea, Vampyromorpha dan Octopoda. Penjelasan setiap pesanan yang merupakan klasifikasi dari cumi-cumi:

Ordo Belemnoidea – ordo ini adalah spesies yang sudah punah. Kerang dibagi dalam tubuh. Genus yang terkandung dalam urutan ini adalah

Urutan Sepioidea – bagian dari bangkai dalam urutan ini berbentuk seperti karung dengan 8 lengan dan 2 tentakel. Segel shell (jika ada) atau tidak sama sekali. Salah satu genera dalam ordo ini adalah spirula, sepia, sepiola dan sebagainya.

Urutan Teuthoid – ini adalah urutan cumi. Hewan dalam kelompok ini memiliki tubuh memanjang dengan 8 lengan dan 2 tentakel. Mangkuk, juga disebut “pena”, memiliki bentuk pisau tajam di area kepala.

Vampyromorpha Order – adalah sekelompok cumi-cumi yang menyerupai gurita. Hewan ini kecil dan biasanya ditemukan di dasar laut.

Ordo gurita – adalah urutan gurita. Hewan itu memiliki tubuh bulat dan 8 lengan.

Dari lima perintah dalam subkelas Coleoidea, gurita termasuk dalam urutan Teuthoidea. Pesanan ini selanjutnya dibagi menjadi dua subdivisi, Myopsida dan Oegopsida. Myopsida adalah spesies yang sering digunakan sebagai makanan oleh nelayan. Sedangkan Oegopsida adalah sekelompok cumi-cumi raksasa (cumi-cumi raksasa). Selain itu, ada banyak genera dan spesies dalam dua sub-pesanan ini. Ada 800 spesies cumi yang dikenal yang telah diidentifikasi di seluruh dunia.

Properti cumi-cumi

Beberapa karakteristik umum cumi-cumi adalah:

Ukuran tubuh bervariasi dari kecil hingga sejenis raksasa, Architeuthis, yang berukuran hingga 16 meter

Ukuran wanita lebih besar dari ukuran pria

Membiakkan hewan cumi hanya melalui pembiakan seksual. Cara membiakkan hewan cumi membutuhkan bertelur.

Cumi-cumi makanan utama adalah jenis plankton dan biota laut yang lebih kecil dari tubuh cumi-cumi. (Baca juga: karnivora, herbivora dan omnivora serta hewan karnivora, herbivora, omnivora)

Tubuh memanjang, kepala runcing dan 8 lengan dan 2 tentakel

Dapat kamuflase untuk mengadaptasi hewan dengan lingkungannya

Dapat mengeluarkan tinta padat untuk melindungi dirinya dari ancaman predator

Saya memiliki mata

Habitat laut, sebagian besar berenang di perairan dangkal, tetapi ada pula yang berada di kedalaman laut.

Sistem pergerakan pada hewan cumi-cumi didasarkan pada sistem otot yang kompleks.

Contoh spesies

Loligo sp

Sepioteuthis Lessoniana

Sepioteuthis Lessoniana

Mirip dengan genus Loliga, genus ini milik keluarga Loliginidae. Genus ini mengandung sekelompok cumi-cumi yang dikenal sebagai cumi karang atau cumi oval. Hewan ini memiliki ciri-ciri tubuh khusus yang membuatnya lebih mudah untuk mengidentifikasinya. Properti ini besar, sirip bulat yang menutupi hampir seluruh kepala. Sekilas, bentuk ini menyerupai gurita. Klasifikasi adalah:

Kerajaan: Animalia

Suku: moluska

Kelas: cephalopoda

Subkelas: Coleoidea

Pesan: Teuthoidea

Subordinasi: Myopsida

Keluarga: Loliginidae

Genus: Sepioteuthis

Spesies: Sepioteuthis sp.

Ada 3 spesies dalam genus Sepioteuthis, yaitu Sepioteuthis australis, Sepioteuthis Lektioniana dan Sepioteuthis sepiodea.

Architeuthis sp

Cumi-cumi raksasa Genus ini adalah sekelompok cumi-cumi raksasa (cumi-cumi raksasa). Umumnya, mereka hidup di laut dalam dan jarang terjadi di dekat permukaan, tetapi banyak juga yang melihat penampakan cumi-cumi ini, walaupun ada yang ditangkap oleh nelayan.

Ukuran umum untuk cumi-cumi betina adalah 13 meter, sedangkan jantan adalah 10 meter. Bisa dibilang genus Architeuthis adalah sekelompok invertebrata yang umum dijumpai saat ini. Sistem pernapasan invertebrata ini menggunakan dua pasang insang. Sistem peredaran darah pada hewan sama dengan sistem peredaran darah pada manusia, sistem peredaran darah tertutup. Ini membedakannya dari jenis cumi lain. Klasifikasi adalah:

Kerajaan: Animalia

Suku: moluska

Kelas: cephalopoda

Subkelas: Coleoidea

Pesan: Teuthoidea

Pengajuan: Oegopsida

Keluarga: Architeuthidae

Genus: Architeuthis

Spesies: Architeuthis sp.

Genus Architeuthis memiliki banyak spesies, termasuk: A. dux, A. hartingii, A. japonica, A. kirkii, A. martensi, A. stockii.

Nah, mungkin sampai disini, kali ini pembahasan kita tentang jenis dan klasifikasi cumi-cumi. Semoga apa yang penulis katakan ini dapat bermanfaat.

Nah bagi kalian yang ingin mengetahui mengenai jenis dan karakteristik mengenai hewan dan beberpa tumbuhan lainnya silahkan kunjungi situs resmi kami di: Jendralgaram.com

Terima kasih banyak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

TopBack to Top