Uncategorized

Klasifikasi dan Jenis Bulu Babi

kulit babi

penyebaran

Penyebaran bulu babi

biologi

  1. Klasifikasi

Kerajaan: Animalia

Phyllum: echinodermata

Kelas: Echinodea

Pesan: Cidaroidea

Keluarga: Diadematidae

Genus: Diadema

Spesies: Diadema setosum

  1. Jaringan / struktur / anatomi

Tubuhnya umumnya berbentuk seperti bola dengan cangkang keras dan diisi dengan duri (Nontji 2005). Duri-duri itu sangat panjang, runcing seperti jarum dan sangat rapuh. Duri berbaris dalam garis memanjang dan bergerak, panjangnya bisa mencapai 10 cm dan lebih.

Berdasarkan bentuk tubuh, kelas Echinodoidea dibagi menjadi dua subclass utama, landak laut reguler dan landak laut tidak teratur (Hyman 1955 dalam Ratna 2002), dan hanya landak laut biasa yang memiliki nilai konsumsi (National Oceanology Institute 1973 dalam Ratna 2002).

Tubuh landak laut itu sendiri terdiri dari tiga bagian, yaitu lisan, aboral dan bagian antara oral dan aboral (National Oceanological Institute 1973 dalam Ratna 2002).

Ada sistem apikal di bagian tengah sisi aboral dan sistem peristomial di bagian tengah sisi mulut.

Lempeng ambulacral dan interambulacral terletak di antara sistem apikal dan sistem peristomial.

Di tengah-tengah sistem apikal dan sistem peristomial adalah kanal anal, yang dikelilingi oleh serangkaian potongan anal (periproct) termasuk potongan genital.

Salah satu bagian genital terbesar adalah situs sistem limbah vaskular.

Sistem ini adalah ciri khas dari filum Echinodermum, yang bekerja dalam gerakan, makan, bernafas, dan ekskresi. Sementara sistem peristomial terletak pada membran kulit tempat organ “Lantern Aristoteles” terpasang, itu adalah jenis rahang yang berfungsi sebagai alat untuk memotong dan menghancurkan makanan.

Organ ini juga dapat memotong teritip, moluska atau jenis landak laut lainnya (Azis 1987 dalam Ratna 2002). Dengan pengecualian tatanan cidaroid, ada lima pasang insang berdinding tipis di sekitar mulut landak laut biasa (Hyman 1955 dan Barnes 1987 dalam Ratna 2002).

Biologi bulu babi

Hewan unik ini juga memiliki kaki tongkat panjang dan ramping yang menonjol di antara duri. Duri dan kaki panjang digunakan untuk bergerak di sekitar dasar laut.

Beberapa memiliki duri yang panjang dan tajam, yang lain memiliki duri pendek dan tumpul. Mulutnya berada di dasar dasar lautan, sedangkan dubur di bagian atas cangkang menunjuk ke atas.

Makanan ini sebagian besar terdiri dari ganggang, tetapi ada berbagai spesies yang juga memakan hewan kecil lainnya (Nontji, 2005).

Gerakan ke-3

Pada pandangan pertama, bulu babi sering tampak duduk, mis. tidak bisa bergerak. Kadang-kadang tanda kehidupan yang paling nyata adalah tulang belakang, yang melekat pada pangkal sendi bola dan dapat menunjuk ke segala arah.

Kebanyakan landak laut, ketika disentuh dengan cahaya, menyebabkan gerakan dan reaksi yang terlihat dari tulang belakang dan berpusat pada arah di mana titik tersebut disentuh.

  1. pencernaan

Lentera Aristoteles bekerja seperti mulut dan gigi yang bertanggung jawab untuk menyerap, memotong dan menghaluskan makanan. Kerongkongan, usus kecil, usus besar dan anus diatur di sekitar lentera Aristoteles dan membentuk sistem pencernaan.

Lentera Aristoteles bekerja seperti mulut dan gigi yang bertanggung jawab untuk menyerap, memotong dan menghaluskan makanan. Kerongkongan, usus kecil, usus besar dan anus diatur di sekitar lentera Aristoteles dan membentuk sistem pencernaan.

  1. Reproduksi

Reproduksi dan siklus hidup bulu babi harus diketahui, khususnya untuk keperluan budidaya. Bulu babi memiliki alat kelamin yang terpisah dalam arti bahwa induk jantan adalah jantan (testis), yang menghasilkan sperma, dan induk betina adalah betina (telur), yang menghasilkan telur (gonochoric / dioecious).

Secara khusus, spesies gonochore memiliki hubungan gender sendiri dan jarang bersifat hemafrodit. Insiden hemafrodoitisme pada Tripneustes gratilla adalah 1 dalam 550 orang. Bulu babi dibelah secara eksternal, di mana telur dan sperma dilepaskan ke air laut di sekitarnya (Sugiarto dan Supardi 1995 dalam Ratna 2002).

Gonad jantan dan betina di bulu babi sulit dibedakan tanpa menggunakan mikroskop. Hanya warna yang digunakan untuk membedakan gonad.

Misalnya, di landak laut, Paracentrotus livindus, gonad jantan berwarna kuning, sedangkan betina berwarna oranye. Orang tua laki-laki biasanya mengeluarkan sperma, diikuti dengan pengangkatan sel telur oleh perempuan.

Pembelahan sel umumnya berlipat ganda. 2. Pada fase embrionik, bentuknya menyerupai segitiga sama kaki. Ketika mencapai fase anakan, tentakel dan duri muncul dan dapat tumbuh sampai organ-organ lengkap di masa dewasa.

Hydro-Oceanography

Bulu babi ditemukan di padang rumput dan terumbu karang. Bulu babi yang ditemukan di daerah berpasir atau di pasir berlumpur juga sering ditemukan di pecahan karang dan batu.

Bulu babi seperti air jernih dan tenang (Aziz 1994). Landak laut ini dapat ditemukan dari daerah pasang surut hingga perairan yang dalam, biasanya dari kedalaman 0,5 meter hingga kedalaman 20 meter. Bulu babi lebih suka air jernih dan air yang relatif tenang (Radjab 2001).

Suhu

Sutaman (1993) menyatakan bahwa suhu yang cocok untuk pertumbuhan bulu babi (Tripneustes gratilla) adalah 20 – 320 ° C

pH

Air yang ideal untuk bulu babi memiliki pH air antara 7,5 dan 8,5. (MenLH Office, 2004)

salinitas

Menurut Jenkins (2003), kandungan garam yang cocok adalah antara 26 dan 34 ppt.

Oksigen terlarut (DO)

Perubahan salinitas juga mengubah parameter kelautan lainnya seperti DO, sehingga stabilitas lingkungan bersama dengan perubahan salinitas terganggu. Konsentrasi oksigen terlarut dalam penelitian ini berkisar dari 2,6 mg / l (Wasior) hingga 8,7 mg / l (Nabire) dan Edward & Marasabessy (2003).

Arus dan ombak

Arus dan gelombang secara langsung memengaruhi distribusi bulu babi, terutama pada periode larva planktonik, dan pergerakannya mengikuti pergerakan arus dan gelombang untuk menemukan habitat yang cocok. Sirkulasi massa air di habitat landak laut kurang dari 0,1 m / s atau berkisar 0,06 hingga 0,1 m / s, sedangkan frekuensi gelombang antara 0,32 dan 0,72 Hz

penanaman

  1. Pemilihan lokasi

Pergerakan air yang baik

intertidal

Terlindungi dari cuaca buruk

Tidak dekat sumber air tawar

Kedalaman 1 – 1,5 m pada saat air surut

bebas polusi

Ada sumber Sargassum sp.

  1. Dimensi batas

Akuakultur1 Gambar 1. Dimensi batas

Sumber: Buletin Informasi PCCARRD No. 6

  1. Pemeliharaan

Kandang (1,2 mx 2,4 mx 0,6 m) dapat diisi dengan 250-500 anak babi laut dengan diameter uji (TD) 30-45 mm.

Stok dapat diperoleh di pantai di sekitar bebatuan atau di sekitar rumput laut atau rumput laut. Inventarisasi biasanya dilakukan pada saat air surut.

  1. Reproduksi dan panen

Pada saat pemijahan, bulu babi jantan dan betina melepaskan sel sperma dan sel telur ke dalam air, kemudian pembuahan terjadi dari luar.

Panen dilakukan setelah sekitar 6-8 bulan atau ketika tanaman mencapai uji TD (diameter 7-8 cm).

Kapan mengolah bulu babi

Keuntungannya

Sejauh ini, bagian landak laut yang sangat berguna adalah bagian gonad. Landak laut gonad, juga dikenal sebagai landak laut, adalah salah satu produk laut yang paling penting yang digunakan sebagai makanan. Gonad landak laut adalah telur yang merupakan sumber makanan untuk perkembangan embrionik. Mengandung banyak protein, kolesterol rendah, memiliki efek positif pada vitalitas, dapat mengatur metabolisme dan kolesterol serta menurunkan tekanan darah.

Kulit babi gonad

 

Makanan yang populer dan memiliki nilai eceran tinggi.

Biasanya dipasarkan dalam bentuk segar, kering dan basah

Harga 1 kg di pasar internasional adalah antara $ 6 dan $ 450

Harganya tergantung pada warna dan tekstur gonad.

Jepang, Korea, Amerika Serikat, Kanada, Chili, Meksiko, Prancis, Cina dan Rusia adalah konsumen gonad landak laut terbesar.

Kulit babi

Diproses untuk bahan kerajinan

Tepung sebagai bahan pakan ternak

Dilapisi dengan pigmen cair hitam yang digunakan sebagai mesh dan warna kulit

Dapat digunakan bersamaan dengan usus sebagai pupuk

Mengandung polihidroksi dan apel aasterosida A dan B, yang dapat digunakan untuk bahan obat

Ekstrak Burr dan landak laut memiliki toksisitas terhadap artemia dan dapat digunakan sebagai sifat anti-kanker dan antimikroba

Author

Mbun Tam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *