teknologi

Perawatan Menyeluruh untuk Komponen Komputer Secara Aktif dan Pasif

Mungkin banyak dari Anda yang sudah mengenal tentang macam-macam komponen komputer berikut fungsi dan kegunaannya masing-masing. Nah, agar dapat selalu bekerja dengan kemampuan terbaik setiap saat, maka setiap bagian yang menyusun suatu sistem komputer perlu mendapatkan perawatan.

Perawatan komputer merupakan berbagai upaya untuk mencegah dan menangani berbagai masalah yang mungkin muncul pada suatu komputer. Karena komputer terdiri atas software dan hardware, maka perawatan ini meliputi dua bagian yakni perawatan software (perangkat lunak) dan perawatan hardware (perangkat keras). Sementara berdasarkan sifatnya, perawatan dilakukan secara aktif dan pasif.

www.pexels.com

Alat yang Dibutuhkan dalam Perawatan Komponen Komputer

Saat ini, peralatan dan perlengkapan untuk keperluan perawatan dan perbaikan komputer tergolong sangat mudah didapat. Berbekal peralatan sederhana dan sedikit pengetahuan, perawatan maupun dan perbaikan hardware komputer menjadi semakin mudah bagi kebanyakan orang. Berikut ini beberapa barang yang perlu dipersiapkan dalam perawatan komponen komputer.

Obeng

Umumnya Anda perlu menyiapkan 2 macam alat pemutar skrup ini, yakni yang berkepala pipih standar dan berkepala kembang. Untuk ukuran obeng yang digunakan biasanya panjangnya tak lebih dari 6 inci. Selain itu, pastikan obeng tersebut tidak memiliki medan magnet di bagian ujungnya.

Kuas

Kuas ini dibutuhkan untuk menyeka debu yang menempel di komponen. Pastikan kuas yang Anda pilih dapat menjangkau tiap sudut dalam komputer dengan serabut yang halus untuk menghindari kemungkinan gores. Atau Anda juga bisa menggunakan vacuum cleaner kecil yang banyak ditawarkan di pasaran saat ini untuk menghisap debu.

Sikat

Berbeda dengan penggunaan kuas, sikat lebih ditujukan untuk pembersihan bagian board yang mungkin memiliki kerak pada permukaannya. Kebanyakan orang menggunakan sikat gigi dengan bulu lembut untuk menghilangkan kerak membandel pada konektor maupun panel board.

Cairan Pembersih

Untuk membantu memudahkan pembersihan kerak tersebut, Anda bisa menggunakan cairan pembersih khusus untuk komponen listrik dalam komputer. Beberapa orang menggunakan isoprophyl alcohol ataupun thinner berkualitas.

Senter

Terkadang untuk melihat kabel dan konektor berukuran kecil di dalam CPU dibutuhkan penerangan meskipun Anda bekerja di lab yang terang sekalipun. Inilah mengapa senter dibutuhkan dalam proses perawatan.

Wadah

Tidak harus berukuran besar, Anda bisa menggunakan wadah yang berukuran kecil beberapa buah untuk meletakkan skrup maupun jumper berdasarkan kategori tertentu. Sebaiknya, gunakan wadah yang memiliki penutup untuk menghindari komponen tercecer atau terkena debu.

Tang Lancip

Tang yang memiliki bagian ujung yang runcing ini dapat Anda gunakan untuk menjangkau bagian sulit maupun untuk menekuk kawat lilitan serta potongan logam lain.

Selain peralatan sederhana di atas, Anda mungkin juga memerlukan anti static trap (wistrap) ataupun thermal grease untuk mengatasi masalah tertentu.

Metode Perawatan Komponen Komputer Hardware Aktif dan Pasif

Berdasarkan sifatnya, cara yang dilakukan untuk melakukan perawatan terbagi menjadi cara aktif dan pasif. Perawatan yang bersifat aktif meliputi berbagai upaya yang dilakukan untuk menjaga performa hardware dan software. Sementara perawatan pasif lebih ditujukan untuk pencegahan terjadinya masalah pada komputer.

www.pexels.com

Perawatan Komponen Komputer secara Aktif

Perawatan ini dilakukan dalam jangka waktu tertentu misalnya 3 bulan sekali demi memastikan kinerja komputer selalu dalam kondisi terbaik. Pada umumnya perawatan yang dilakukan berupa pembersihan bagian fisik komputer dan maintenance software dan sistem.

Perawatan Aktif untuk Hardware

  1. CPU

Karena musuh utama dari hardware adalah debu, maka perawatan aktif lebih ditargetkan untuk menghilangkan debu dari fisik komputer, hal ini meliputi

  • Pembersihan debu pada bagian luar dan dalam pada monitor dan CPU menggunakan vacuum cleaner maupun kuas
  • Pembersihan kerak pada bagian konektor maupun kontak slot termasuk untuk monitor, power supply, keyboard, mouse dan speaker
  1. Mouse

Sebagai salah satu perangkat masukan, mouse yang terdiri atas 2 tipe (Optical Mouse/Ball Mouse) juga penting untuk mendapatkan perawatan, antara lain;

  • Pastikan mouse dan mouse pad bebas dari debu, minyak dan kotoran
  • Tempatkan mousepad pada permukaan yang rata
  • Gunakan mousepad 1 warna untuk mouse optic
  • Gulung kabel berdasarkan gulungan terdahulu (untuk mouse kabel)
  • Lepaskan baterai jika tidak digunakan dalam waktu lama (mouse wireless)
  1. Keyboard.

Keyboard dengan penampang yang luas dan memiliki intensitas kontak dengan jari yang cukup tinggi, tak menutup kemungkinan menyembunyikan kotoran yang dapat mengganggu kinerjanya. Perawatan yang dapat dilakukan antara lain;

  • Bersihkan debu dan kotoran yang mungkin terselip di bawah tuts
  • Hindari penekanan pada tuts secara berlebihan
  • Gunakan penutup keyboard jika memungkinkan
  • Anda juga bisa menerapkan perawatan kabel dan baterai sama halnya dengan perawatan mouse
  1. WebCam

Sebagai penunjang komunikasi, device ini juga perlu mendapat perawatan seperti;

  • Jaga kebersihan lensa menggunakan lap dan cairan khusus
  • Hindari terlalu sering mengelap lensa karena justru meningkatkan resiko goresan pada lensa
  • Jika lensa terlanjur buram, Anda bisa menggunakan sedikit odol yang digosok dengan kapas
  1. Scanner

Agar mendapatkan hasil scan yang optimal, maka perawatan scanner dilakukan dengan mengeliminir debu, minyak dan kotoran menggunakan lap dan cairan pembersih, utamanya pada bagian kaca di dalamnya. Pastikan pula Anda membersihkan dokumen yang akan discan sebelum memasukkannya ke scanner.

  1. Monitor

Alat keluaran ini terbilang rentan mengalami kerusakan karena bagiannya yang terbilang rapuh. Untuk merawatnya, Anda bisa melakukan hal berikut;

  • Jaga kebersihan layar LCD menggunakan lap serta cairan pembersih khusus
  • Tutupi monitor ketika sedang tidak dipakai
  • Hindari terlalu sering memindahkan letak dan posisi monitor
  • Pastikan kabel dan adapter power supply dalam kondisi yang baik
  1. Printer

Hampir sama dengan perawatan harware lain, printer juga sangat rentan dengan debu. Perawatan sederhana yang bisa Anda lakukan adalah

  • Menutupi printer menggunakan kain selama tidak digunakan
  • Membersihkan body printer dari tumpahan tinta, minyak maupun debu
  • Menggunakan tinta yang sesuai atau yang direkomendasikan pabrikan
  • Melakukan reset setelah printer cukup lama dipakai
  1. Speaker

Agar suara yang dihasilkan speaker tetap jernih, maka perawatan yang bisa Anda lakukan antara lain;

  • Pastikan kabel dan colokan power supply memiliki kondisi yang baik
  • Hindari memutar file audio dan video dalam volume maksimal
www.pexels.com

Perawatan Aktif untuk Software

Agar dapat berinteraksi dengan hardware secara optimal, maka diperlukan OS dan file yang ada di dalamnya juga perlu dirawat. Maintenance yang dapat dilakukan antara lain;

  • Secara rutin melakukan backup data dan file pribadi yang penting
  • Membuat restore point dalam jangka waktu tertentu terhadap sistem komputer
  • Lakukan defragmentasi file yang sebaiknya dilakukan secara terjadwal
  • Bersihkan sistem dari file yang sudah tidak terpakai misalnya file sementara, cache, thumbnail, sampah di recycle bin, history dan lain sebagainya. Anda bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga atau memanfaatkan fitur yang disediakan di OS
  • Lakukan update software kemanan seperti firewall, defender maupun antivirus secara berkala
www.pexels.com

Perawatan Komponen Komputer secara Pasif

Perawatan pasif merupakan tindakan untuk melindungi komputer dari lingkungan sekitar baik fisik maupun elektrik. Proteksi dari lingkungan fisik meliputi temperatur, power supply thermal stress, kontaminasi debu maupun asap serta getaran dan guncangan. Sementara perlindungan terhadap elektrik meliputi listrik statis, kebisingan power hingga gangguan frekwensi radio.

Dalam perawatan hardware secara pasif, hal yang Anda lakukan seperti;

  • Menentukan lokasi meletakkan komputer yang terhindar dari asap, debu, kotoran dan polutan lain
  • Memperkecil perbedaan suhu secara signifikan dalam ruangan komputer, misalnya tidak meletakkan komputer dekat jendela
  • Membuat colokan ground untuk power untuk mencegah sengatan listrik pada bagian casing komputer
  • Menjauhkan perangkat komputer dari alat pemancar dan sumber frekuensi radio.
  • Memberi jarak antara speaker dengan monitor
  • Menjauhkan webcam dari paparan sinar yang sangat kuat

Sementara perawatan pasif pada bagian software adalah dengan cara mengaktifkan fitur otomasi untuk pembaruan, pemindaian serta maintenance sistem. Dengan demikian Anda tidak perlu memeriksa perawatan tersebut secara manual dalam jangka waktu tertetentu.

Demikianlah beberapa cara perawatan komponen komputer yang bisa pembaca Nesaba Media coba sendiri di rumah. Dengan melakukan perawatan secara konsisten, maka Anda bisa mendapatkan performa terbaik dari sebuah komputer. Selain itu, perawatan juga akan membuat komputer Anda menjadi lebih awet.

www.pexels.com

Author

Sutaryo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *