teknologi

Sejarah Singkat Perkembangan Komputer Generasi Pertama

Zaman yang makin berkembang ini tentu membuat banyak hal mengalami perubahan. Perubahan – perubahan tersebut meliputi aspek kehidupan, sosial budaya dan teknologi. Salah satu yang mengalami kemajuan paling pesat adalah teknologi. Teknologi ini meliputi banyak hal, mulai teknologi informasi, transportasi, dan industri. Yang paling banyak mendapat dampak dari perkembangan zaman adalah teknologi informasi dan komunikasi. Teknologi yang berkaitan dengan informasi dan komunikasi makin hari makin berkembang pesat. Tidak terhitung berapa banyak masyarakat yang memanfaatkan teknologi yang telah makin maju ini. teknologi informasi dan komunikasi ini meliputi beberapa hal yang pertama adalah perkembangan telepon pintar yang makin hari makin banyak fitur dan manfaatnya, yang kedua adalah komputer. Komputer untuk generasi yang makin maju seperti sekarang bukanlah barang baru lagi. Komputer seperti sebuah keharusan bagi setiap lapisan masyarakat yang meliputi segala aspek. Komputer – komputer ini dimanfaatkan oleh hampir semua kalangan. Pelajar, pekerja, pegawai toko ataupun yang lain memanfaatkan teknologi ini untuk melakukan pekerjaan mereka.

Komputer semakin hari semakin banyak mengalami perubahan. Komputer – komputer  yang sekarang beredar tidak sama seperti komputer pada zaman dulu. Pada zaman dulu bentuk dan kegunaan dari komputer sangat jauh berbeda dengan yang beredar sekarang ini. Komputer pertama kali ditemukan oleh Charles Babage pada tahun 1882. Kemampuan Charles Babage dalam logika dan matematika membuatnya mampu menciptakan mesin yang sering disebut sebagai komputer generasi pertama. Selain sebutan tersebut Charles Babage menamai mesin temuannya dengan Analitycal Engine. Komputer sendiri berasal dari kata  to Compute yang artinya adalah menghitung. Hal tersebut sesuai dengan kejeniusan Charles Babage dalam bidang matematika.

pxhere.com

Perkembangan Komputer Generasi Pertama

 

Setelah komputer generasi pertama ditemukan, mulai banyak ahli lain yang menyempurnakan mesin ini. Charles membuat mesin komputernya sangat besar, satu komputer bisa memenuhi satu ruangan lab dengan banyak mesin – mesin dan kabel yang menyambung. Untuk mengoprasikan mesin tersebut diperlukan dua orang atu lebih unutk mengaktifkan panel –panel yang ada. Hingga pada tahun 1937 seorang ilmuan jenius bernama John V. Atanasoff muncul dengan mesin rancangannya. Mesin tersebut dia beri nama Atanasoff-Berry Computer (ABC). Mesin inilah yang diakui menjadi mesin elektronik komputer pertama. Selang beberapa tahun kemudian ilmuan jenius lain yang bernama John Mauchly dan J. Presper Eckert muncul dan memperkenalkan mesin ciptaan mereka. Mesin tersebut bernama ENIAC ( Electronic Numerical Integrator and Computer). Walau telah banyak memunculkan para jenius akan tetapi mesin –mesin tersebut belum mampu memberikan apa yang sangat dibutuhkan oleh dunia pada saat itu.

Semakin berkembangnya zaman tentu akan membuat banyak hal turut berkembang termasuk komputer jenis pertama ini.  Para ahli dan ilmuan jenius mulai mengembangkan berbagai inovasi dan kreasi agar mesin buatan mereka sempurna. Para ahli dan jenius yang kala itu tengah mengembangkan banyak rancangan mesin baru mendapat banyak kendala karena pecahnya perang dunia. Perang tersebut membuat banyak aspek berubah berdampak pula pada pengembangan komputer generasi pertama ini. Akan tetapi saat perang mulai makin memanas para petinggi militer mulai memfasilitasi par ahli dan jenius itu untuk membuat sebuah terobosan baru yang dapat digunakan sebagai senjata ataupun digunakan sebagai alat pembantu perang. Banyak negara –negara di dunia yang mulai mengembangkan komputer mereka sendiri. Mereka mengembangkan komputer untuk dapat mengatur pergerakan misil atau untuk memperbaiki sistem pesawat tempur mereka.

pxhere.com

Kemajuan Amerika Dalam Pengembangan Komputer

 

Amerika dan Inggris adalah negara yang paling konsisten untuk dapat mengembangkan teknologi ini. kedua negara besar yang termasuk dalam golongan sekutu ini meningkatkan sistem pertahanan mereka menggunakan komputer rakitan yang makin lama makin maju. Pada perkembangan yang makin maju seorang ilmuan lulusan Harvard berhasil membuat sebuah kalkulator untuk US Navy. Hal tersebut termasuk salah satu penemuan yang besar, karena tidak semua negara mampu mengembangkan hal tersebut dan Amerika termasuk dalam negara yang paling maju saat itu. Setelah perang dunia kedua berakhir dengan kemenangan sekutu. Perkembangan kemajuan komputer menjadi semakin pesat. Pemerintah Amerika Serikat bekerja sama dengan Universitas Pennsylvania  berhasil membuat sebuah komputer yang cukup modern akan tetapi komputer tersebut masih terlalu besar dan sama sekali tidak praktis.

Dengan makin bertambahnya tahun komputer – komputer tersebut mengalami banyak perubahaan. komputer yang dapat di bagi menjadi empat generasi tersebut telah mengalami kemajuan yang sangat pesat. Dari generasi pertama sampai keempat tentu telah banyak berkontribusi dalam perkembangan dan peningkatan mutu dari komputer itu sendiri. Pada masa yang telah maju ini komputer tidak hanya digunakan oleh pihak militer. Kini komputer telah berkembang dan dapat menjangkau seluruh lapisan masyarakat. Kalangan tua ataupun muda dapat dengan mudah menggunakan komputer. Leskompi adalah salah satu alternatif bagi masyarakat tanah air jika ingin mendapatkan informasi terbaru tentang komputer. Komputer sekarang tidak lagi memiliki ukuran yang sangat besar. Komputer sekarang ini telah lebih praktis dan menyesuaikan pemakainya. Ukuran yang lebih kecil dengan berbagai fitur mampu mempermudah pekerjaan dari tiap kalangan. Tidak hanya pekerja, pelajar pun di era sekarang ini selalu menggunakan Komputer.

Author

Sutaryo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *