Kopi Lampung, Nikmatnya Cita Rasa Robusta Khas Indonesia

0 Comments

Indonesia merupakan salah satu negara penghasil kopi yang cukup besar. Salah satu wilayah di Indonesia yang menghasilkan kopi paling banyak yaitu Lampung. Kopi Lampung sudah terkenal seantero Indonesia hingga mancanegara. Pasalnya, Lampung dengan komoditas kopi yang cukup besar ini juga menjadi salah satu wilayah yang mengekspor kopinya ke seluruh dunia. Kopi menjadi sumber penghasilan dan komoditas terbesar di Lampung sehingga produksi kopi di wilayah Lampung sangatlah besar. Lampung tidak hanya unggul dalam produksi kopi dengan jumlah yang cukup banyak saja. Lampung juga memproduksi kopi dengan kualitas yang sudah tidak perlu diragukan lagi. Hal ini bisa terlihat denagn adanya lahan percontohan kopi nasional di Provinsi Lampung. Sebagai salah satu penghasil kopi terbesar, Lampung juga memiliki jenis-jenis kopi yang cukup beragam. Berikut ini adalah beberapa jenis kopi yang banyak dihasilkan di Lampung dengan cita rasa yang khas.

Sekilas Tentang Kopi Lampung

Lampung dikenal sebagai salah satu daerah yang menghasilkan biji kopi dengan kualitas yang terbaik. Lampung sudah mulai memproduksi kopi sejak 1990-an. Kopi yang ada di daerah Lampung merupakan kopi yang dibawa oleh orang-orang Belanda pada masa penjajahan belanda pada jaman colonial dahulu. Lampung menjadi pemasok kopi terbesar di Indonesia dengan luas perkebunan yang mencapai 53.611 Ha pada kawasan Lampung Barat. Lampung Barat merupakan salah satu perkebunan dengan areal yang paling luas di wilayah Lampung.

Kopi Lampung memiliki ciri khas tersendiri baik dari aroma, tekstur hingga cita rasa yang dihasilkan sangatlah berbeda. Kopi dari Lampung sangat identic dengan tekstur yang sangat halus serta berbau aroma coklat. Selain itu, kopi yang dihasilkan oleh Lampung ini memiliki rasa yang sangat berat serta sangat bervariasi. Alhasil, kopi yang berasal dari Lampung memiliki cita rasa yang cukup unik. Proses pembuatan kopi Lampung sendiri di proses menggunakan teknologi dan cara yang masih terjaga dari generasia ke generasi. Cara yang biasanya dilakukan oleh orang Lampung untuk mengolah kopi yaitu menggunakan proses dry processed atau diproses secara kering. Namun, untuk proses pencucian biji kopi sendiri dilakukan menggunakan cara semi washed atau yang sering disebut dengan pencucian kering.

Proses dari pembuatan kopi yang masih terjaga hingga saat ini bahkan diturunkan dari generasi ke generasi membuat cita rasa khas kopi Lampung tidak hilang meskipun sudah berbeda jaman. Selain itu, melalui proses-proses tersebut, kopi yang dihasilkan juga memiliki cita rasa yang kuat bahkan cenderung pahit dan pekat.

www.pexels.com

Jenis-Jenis Kopi Lampung

Lampung menghasilkan kopi yang sangat beragam. Salah satu jenis kopi Lampung yang paling terkenal yaitu jenis robusta. Kopi robustamemiliki cita rasa yang khas sehingga sangat digemari oleh berbagai kalangan. Kopi robusta memiliki cita rasa yang sangat kuat dan berbau coklat. Lampung memiliki kualitas komoditas kopi yang sangat bagus sehingga menjadi salah satu produsen kopi yang di eksport ke luar negeri. Lampung memiliki tanah yang subur dengan iklim yang cukup dingin. Letak geografis Lampung berada di 800 meter mdpl sehingga sangat cocok untuk menanam kopi jenis Robusta. Kopi jenis robusta memiliki habitat ditempat yang cukup tinggi sehingga komoditas kopi Lampung sebagian besar hampir 70% dari hasil produksinya di ekspor ke luar negeri. Beberapa jenis kopi robusta di bawah ini merupakan kopi-kopi yang banyak diigandrungi oleh semua kalangan.

  • Kopi Robusta Lampung Semut

Kopi Lampung yang satu ini merupakan salah satu jenis kopi robusta dengan ukuran yang cukup kecil. Sama seperti namanya, kopi robusta yang satu ini berukuran kecil namun memiliki cita rasa yang cukup pekat. Kopi ini akan terasa sangat enak untuk dinikmati dengan kopi arabika. Kedua kopi ini memiliki ciri khas yang sangat pekat dan kental sehingga bisa menjadi salah satu perpaduan yang sangat enak. Kopi robusta yang terasa seperti coklat dengan rasa yang cukup manis dipadukan dengan cita rasa kopi Arabika akan membuat perpaduan rasa yang sangat enak. Terlebih lagi, kopi yang satu ini memiliki ciri khas tekstur yang cukup lembut sehingga tidak meninggalkan banyak residu.

  • Kopi Robusta special Ahli Kopi Lampung

Ada beberapa perkebunan kopi Lampung yang menghasilkan kualitas kopi terbaik. Salah satu tempat perkebunan yang menghasilkan kopi dengan kualitas terbaik yaitu perkebunan di daerah pegunungan Liwa. Kopi robusta special ini terbuat dari kopi Liwa. Rasa dari kopi Liwa memiliki ciri khas yang terbaik. Rasa dari kopi liwa cukup enak sehingga kopi ini menjadi salah satu kopi yang paling di gandrungi oleh semua orang. Kopi ini di produksi menggunakan teknologi roasting sehingga cita rasa yang dihasilkan cukup pekat.

  • Kopi Merah

Bagi beberapa pecinta kopi yang menyukai cita rasa yang cukup ringan serta tidak terlalu pekat, kopi merah bisa menjadi salah satu jenis kopi yang cocok untuk Anda. Kopi merah menjadi jensi kopi Lampung dengan kualitas nomor 1 atau grade 1. Kopi ini beraroma cukup lembut dan harum sangat cocok untuk Anda yang kurang menyukai kopi dengan cita rasa yang pekat. Rasanya yang ringan akan lebih mudah disukai oleh berbagai kalangan. Kopi merah dari Lampung ini juga diproses dengan teknologi yang higienis sehingga sangat terjaga kebersihannya.

www.pexels.com
  • Super Robusta Lampung Finest

Jenis kopi yang satu ini sangat berbeda dengan kopi merah. Kopi merah memiliki cita rasa yang cukup ringan sedangkan super finest robusta Lampung memiliki cita rasa yang sangat pekat. Kopi ini sangat digandrungi oleh para pecinta kopi yang menyukai rasa kopi yang cukup kuat. Kopi jenis ini tidak hanya beraroma coklat seperti kopi robusta yang lainnya. Kopi ini memiliki ciri khas berupa aroma rempah-rempah. Namun meskipun kopi ini memiliki aroma dan rasa yang pekat, kopi ini memiliki ringkat keasaman yang cukup rendah. Sehingga bagi para pecinta kopi yang memiliki masalah lambung sangat aman untuk mengkonsumsi kopi jenis ini.

  • Kultur Coffee Beans Robusta Lampung

Bagi sebagian besar orang, kopi jenis ini disebut dengan kopi lanang atau kopi jantan. Nama atau sebutan kopi jantan sendiri masih jarang terdengar di kalangan umum. Padahal, kopi ini sudah banyak di produksi di daerah Lampung. Salah satu hal yang membuat kopi ini dinamai sebagai kopi lanang atau kopi jantan karena dapat meningkatkan kualitas kaum pria terutama dalam hal vitalitas. Manfaat yang di dapatkan dari mengkonsumsi kopi ini ditujukan untuk kaum Adam sehingga para konsumennya sebagian besar adalah para pria. Kopi lanang memiliki bentuk yang tuunggal serta bulat sehingga sangat mudah untuk dibedakan dengan kopi yang lainnya.

  • Kopi Bubuk Asli Lampung Kompas Dunia

Kopi jenis ini merupakan salah satu jenis kopi yang paling tua. Pasalnya, kopi ini sudah mulai diproduksi pada tahun 1950 hingga saat ini. Kopi ini memiliki cita rasa yang khas serta resepnya selalu terjaga hingga saat ini. Pasalnya, cita rasa kopi ini tetap terjaga meskipun sudah berbeda generasi. Tak hanya itu, cita rasanya yang unik dari aromanya yang cukup berbeda dari beberapa kopi yang lainnya membuat kopi tertua di Lampung ini banyak dicari oleh para pecinta kopi. Kopi ini juga banyak diburu oleh para penyuka kopi karena memiliki aroma yang harum serta rasanya yang cukup nikmat.

  • Kopi Jempol Lampung Robusta

Bagi sebagian besar orang Lampung dan sekitarnya atau di luar Lampung pasti banyak yang menyukai kopi yang satu ini. Kopi jempol merupakan salah satu kopi yang banyak digandrungi oleh orang-orang. Pemasaran kopi yang satu ini juga sudah cukup luas sehingga dikenal oleh banyak orang. Kopi ini banyak digandrungi karena memiliki rasa yang cukup strong. Kualitas kopi ini masih tetap terjaga dan sangat kuat karena terbuat dari biji-biji kopi pilihan dan biji kopi terbaik. Bahkan untuk menemukan kopi ini juga cukup mudah. Anda bisa mendapatkan kopi ini di beberapa toko online sehingga lebih mudah dan murah.

www.pexels.com
  • Kopi Bubuk Robusta Lampung Brazica

Kopi robusta yang satu ini memiliki aroma yang berbeda dnegan jenis robusta yang lain. Kopi Lampung ini memiliki aroma caramel serta nutty. Kopi ini diproduksi oleh tangan-tangan petani yang berpengalaman sehingga cita rasanya tidak pernah berubah sejak jaman dahulu kala. Bahkan cita rasa kopi ini yang dinikmati secara original sudah lebih enak dan nikmat tanpa harus ditambahkan jenis kopi yang lainnya.

  • Kopi Premium Soultan Coffee

Mengadaptasi dari namanya, jenis kopi yang satu ini merupakan kopi paling berkualitas yang diproduksi di Lampung. Kopi ini sangat terjaga dan diolah secara hati-hati sehingga kualitasnya tetap terjaga. Kopi premium sultan ini memiliki cita rasa yang sangat pekat dan kuat sangat cocok untuk para penyuka kopi kelas tinggi. Kopi ini memiliki tingkat kehalusan bubuk yang cukup baik serta di proses secara dark roast dengan tingkat matang berada di medium sehingga tidak meninggalkan banyak residu saat dikonsumsi.

  • Kopi Durian Lampung

Kopi durian merupakan salah satu kopi yang sudah banyak dikenal oleh banyak orang terutama oleh masyarakat Indonesia. Kopi ini terbuat dari pencampuran bubuk kopi dengan durian yang sudah di ekstrak terlebih dahulu. Kopi jenis ini tak hanya diproduksi di daerah Lampung saja tetapi di sebagian wilayah Indonesia lainnya seperti Bengkulu dan Medan. Manfaat dari kopi ini hampir sama dengan kopi Jantan. Kopi ini dipercaya bisa meningkatkan kualitas vitalitas pria. Kopi ini bisa meningkatkan libido pria sehingga banyak dikonsumsi oleh kaum Adam.

www.pexels.com

Itulah beberapa hal mengenai kopi Lampung yang terkenal dengan produksi kopi robustanya. Kopi robusta menjadi salah satu jenis kopi yang banyak dipilih dan dikonsumsi oleh para penyuka kopi. Bahkan, penikmat kopi robusta di wilayah Asia Pasific dan South-America mencapai 84%. Selain rasanya yang khas, pekat dan aroma coklat yang sangat harum, kopi robusta memiliki harga yang cukup terjangkau. Sehingga saat ini siapa saja bisa mengkonsumsi kopi Lampung sesuai dengan cita rasa di setiap jenisnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *