Kesehatan

Lingkungan Biotik bagi Kehidupan

Lingkungan Biotik adalah salah satu jenis komponen lingkungan hidup yang terdiri dari kumpulan-kumpulan ekosistem biotik atau makhluk hidup di bumi. Komponen makhluk hidup diantaranya adalah manusia, hewan dan tumbuhan. Berdasarkan fungsi komponen penyusunnya lingkungan biotik dibedakan menjadi 3 bagian diantara nya adalah sebagai berikut

Komponen Lingkungan Biotik berdasarkan Fungsinya

  1. Produsen

Dalam hal ini, produsen diartikan sebagai makhluk hidup yang dapat memproduksi makananya sendiri. Seperti contohnya tumbuhan, melalui fotosintesis tumbuhan dapat memproduksi makanan sendiri dengan bahan CO2 dan zat hara dan klorofil sehingga menghasilkan makanan sendiri yang bermanfaat untuk tumbuh kembangnya.

  1. Konsumen

Komponen lingkungan biotik selanjutnya, yaitu konsumen. Dengan demikian konsumen diartikan sebagai makhluk hidup yang dapat mengambil manfaat dan mengonsumsi makanan dari produsen dan tidak dapat memproduksi makanan sendiri seperti layaknya tumbuhan. Dalam bagian ini diperankan oleh manusia, karena manusia dapat mengolah bahan-bahan dari produsen dan diolah sedemikian rupa sehingga menjadi makanan jadi atau makanan olahan yang siap saji dan siap makan.

Selain manusia, kelompok komponen lingkungan biotik ini juga diperankan oleh hewan dimana mereka langsung mengonsumsi nya tanpa mengolah terlebih dahulu seperti manusia. pada umumnya kelompok hewan dibedakan menjadi tiga bagian berdasarkan jenis makanannya yaitu hewan karnivora sebagai pemakan daging, herbivora sebagai kelompok hewan pemakan tumbuhan dan omnivora sebagai kelompok hewan pemakan segala (tumbuhan dan hewan).

pexels.com
  1. Pengurai

Komponen lingkungan biotik yang terakhir adalah pengurai dimana dalam posisi ini diperankan oleh organisme dan beberapa jenis mikroorganisme. Dalam hal ini mereka berperan dalam menguraikan sisa-sisa makanan seperti bakteri atau jamur menjadi zat lain seperti misalnya zat hara yang dipercaya ampuh dalam menyuburkan tanah.

Dalam rantai makanan ekosistem Lingkungan Biotik tiga komponen diatas memiliki peran masing-masing seperti yang sudah dijelaskan diatas beserta fungsi nya masing-masing. Selain itu, mereka juga menempati tingkatan yang berbeda-beda berdasarkan struktur penyusun, peran dan fungsi nya.

Setelah Kita mengetahui beberapa komponen penyusun Lingkungan Biotik yang tentunya sudah mempunyai peran dan fungsi masing-masing seperti yang sudah dijelaskan diatas, maka kita juga harus mengetahui peran dan fungsi lingkungan biotik sendiri bagi kehidupan di muka bumi ini. Baik kehidupan manusia, hewan bahkan tumbuhan. Penasaran? kira-kira apa saja peran lingkungan biotik bagi kehidupan serta dampak dan manfaatnya? Yap, langsung saja simak sedikit ulasan di bawah ini ya guys

pexels.com

Peran Lingkungan Biotik bagi Kehidupan di Muka Bumi

  1. Peran Tumbuhan

Dalam hal ini, tumbuhan sangat berperan dalam kehidupan di muka bumi baik manusia, hewan bahkan makhluk lainnya. Berdasarkan peran komponen diatas, tumbuhan memiliki peran sebagai produsen dimana mereka dapat mengonsumsi makanan untuk dirinya sendiri. Dengan demikian, hasil yang diperoleh dari proses fotosintesis tumbuhan salah satunya adalah oksigen dimana O2 ini sangat lah bermanfaat bagi kehidupan makhluk hidup di muka bumi, karena tanpa adanya oksigen maka manusia dan hewan akan mati dan punah. Kemudian, tumbuhan juga berperan sebagai sumber energi makhluk hidup di bumi, karena sumber makanan manusia dan hewan juga sebagian besar berasal dari tumbuhan. Tak hanya itu, tumbuhan juga menghasilkan zat hara dalam fotosintesisnya, hal ini sangat bermanfaat bagi keberlangsungan hidup makhluk tanah dan kesuburan tanah.

  1. Peran Hewan

Selanjutnya yaitu peran hewan, dalam hal ini hewan berperan sebagai heterotrof atau makhluk hidup yang menggantungkan hidupnya pada produsen yaitu tumbuhan. Akan tetapi, walaupun hewan berperan sebagai konsumen, mereka juga mempunyai peran khusus dan penting dalam kehidupan di bumi. Diantaranya adalah berperan dalam proses polinasi atau penyerbukan. Dalam hal ini hewan tertentu akan membantu proses penyerbukan pada tanaman. Misalnya jenis hewa kupu-kupu, lebah dan burung tertentu akan membantu proses penyerbukan pada tanaman berbunga. Selain itu, hewan juga berperan dalam penyebaran biji tanaman. Contohnya hewan kelelawar akan membantu menyebarkan biji jambu, luwak menyebarkan biji kopi dan masih banyak lagi. Sehingga, dengan adanya penyebaran biji oleh hewan akan membantu mewujudkan kelangsungan kehidupan tanaman tertentu. Tidak hanya itu, jenis hewan seperti rayap, cacing tanah dan kumbang akan membantu menguraikan organisme menjadi zat yang lebih kecil lagi.

pexels.com
  1. Peran Mikroorganisme

Tidak hanya sebagai pengurai, mikroorganisme juga mempunyai banyak peran dalam kehidupan di Bumi. Ada beberapa jenis mikroorganisme yang berperan sebagai produsen seperti layaknya tumbuhan yaitu ganggang hijau dan biru di lautan, disebut sebagai produsen karena dikonsumsi oleh ikan-ikan kecil. Selain itu, mikroorganisme juga berperan aktif dalam penyusunan senyawa obat-obatan dalam dunia medis dan kesehatan manusia. Contoh jenis mikroorganisme yang digunakan dalam penyusunan senyawa obat adalah penicillin. Peran terakhir yang dimiliki oleh mikroorganisme dalam bidang industri diantaranya untuk membantu proses fermentasi yang menghasilkan produk-produk seperti yogurt, tape, brem, tempe, oncom, kecap, roti, nata de coco dan masih banyak lagi.

Untuk Mengetahui lebih lanjut mengenai jenis dan macam-macam makanan yang dibuat melalui proses fermentasi bisa dibuka di web Thegorbalsla pada sub menu makanan. Tak hanya makanan yang dibuat dengan proses fermentasi, anda juga bisa mengetahui makanan-makanan lainnya yang ada di dalam sub menu web Thegorbalsla. Penasaran? langsung saja buka web nya ya guys.

 

Author

Sutaryo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *