Manfaat Buah Naga yang Baik Bagi Kesehatan

0 Comments

Buah naga merupakan buah tropis yang disukai oleh banyak orang. Hal tersebut dapat terjadi lantaran buah naga memiliki rasa yang enak dan cocok dikonsumsi ketika hari terasa panas. Dibalik rasanya yang enak dan segar, buah jenis kaktus ini merupakan buah yang cukup unik. Sebelum buah naga berubah menjadi buah, bunga tanaman buah naga akan bersemi di malam hari dan akan layu ketika terkena paparan sinar matahari. Jika kita memperhatikan dengan baik, ada dua jenis warna daging buah naga yakni warna ungu dan warna putih. Meskipun memiliki warna daging buah yang berbeda-beda, buah naga memiliki manfaat yang sangat baik bagi tubuh. Manfaat buah naga sendiri disebabkan oleh kandungan vitamin B1, vitamin C, B3, B2, zat besi, fosfor, kalsium dan magnesium. Tidak hanya itu, buah naga juga mengandung asam lemak, protein, serat dan antioksidan yang sangat tinggi.

pexels.com

Beberapa Manfaat Buah Naga yang Perlu Diketahui

Buah naga yang dikonsumsi secara rutin dapat membantu tubuh untuk menjaga kesehatan jantung. Menurut penelitian, buah naga mampu menurunkan kadar kolesterol yang diderita oleh penderita jantung. Antioksidan yang dikandung oleh buah naga mampu mencegah terjadinya oksidasi kolesterol yang menimbulkan pembentukan plak. Selain dapat menjaga kesehatan jantung, berikut manfaat buah naga lainnya yang perlu untuk kita ketahui:

  1. Melancarkan pencernaan

Serat yang dikandung oleh buah naga dapat mempengaruhi kesehatan pencernaan. Jika kita mengkonsumsi buah naga secara rutin, pencernaan akan berlangsung dengan lancar dan terbebas dari sembelit.

  1. Menurunkan berat badan

Serat yang dikandung oleh buah naga tidak hanya dapat membantu tubuh untuk melancarkan sistem perncernaan. Serat tersebut juga berperan sebagai zat yang dapat menurunkan berat badan yang berlebih. Kadar gula yang ada pada tubuh dapat distabilkan oleh serat sehingga produksi insulin dapat dibatasi.

pexels.com
  1. Mengontrol kadar gula di dalam darah

Mengkonsumsi buah naga dengan teratur dapat menurunkan dan mengontrol kadar gula di dalam darah. Karena manfaat inilah, buah naga sangat sesuai untuk dikonsumsi oleh mereka yang menderita diabetes.

  1. Meningkatkan nafsu makan
  2. Melancarkan proses detoksifikasi

Buah naga yang mengandung lycopene sangat baik dimanfaatkan untuk mencegah kanker. Lycopene yang menjadi penyebab warna merah pada buah naga dapat mengurangi resiko mengindap penyakit kanker prostat. Tidak hanya mengandung lycopene yang bermanfaat untuk mengurangi resiko mengidap kanker prostat, buah naga juga mengandung antioksidan hytoalbumin yang bermanfaat untuk menangkal radikal bebas. Dengan kandungan serat, vitamin C, vitamin B dan fosfor, buah naga juga bermanfaat untuk mengeluarkan kandungan logam di dalam tubuh sehingga tubuh terhindar dari penyakit kanker.

pexels.com

Dampak Buah Naga Bagi Ibu Hamil

Tidak hanya bermanfaat untuk melancarkan pencernaan dan mencegah kanker, buah naga juga memiliki peranan yang sangat baik bagi ibu hamil. Untuk merasakan manfaat buah naga untuk ibu hamil, buah naga sebaiknya dikonsumsi secara rutin. Bagi ibu hamil, buah naga dapat mencegah ibu hamil terkena serangan anemia atau kurang darah. Buah naga yang kaya akan zat besi mampu memberikan nutrisi kepada ibu hamil yang ingin terhindar dari anemia. Meningkatkan imunitas menjadi manfaat buah naga lain yang dapat dimanfaatkan oleh ibu hamil. Hal ini dapat terjadi akibat kandungan vitamin C yang terdapat pada buah naga. Sistem daya tahan tubuh akan meningkat dan tubuh akan terhindar dari penyakit selama kehamilan.

Buah naga juga dapat mencegah keguguran dan mencegah kelahiran bayi secara prematur. Manfaat buah naga ini hendaknya diperhatikan dengan baik oleh para ibu hamil jika tidak ingin mengalami keguguran dan kelahiran bayi secara prematur. Pencegahan bayi prematur dan keguguran dapat dilakukan oleh kandungan asam folat yang terdapat di dalam buah naga. Asam folat tersebut dapat memperkuat janin yang sedang dikandung oleh ibu hamil. Pertumbuhan janin yang sedang dikandung dapat terjaga dengan baik akibat kandungan nutrisi yang dimiliki oleh buah naga. Perkembangan janin dapat terjadi dengan baik sehingga bayi dapat dilahirkan secara normal dan berada dalam keadaan yang sehat. Untuk mendapatkan manfaat dari buah naga ini, ibu hamil dapat mengkonsumsinya secara langsung atau dijadikan jus yang menyehatkan.

Agar ibu hamil tidak merasa lemas ketika masa kehamilan, ibu hamil sebaiknya menjadikan buah naga sebagai buah yang dikonsumsi secara rutin. Seperti yang kita ketahui, ibu hamil membutuhkan tenaga yang lebih banyak jika dibandingkan dengan wanita yang tidak hamil. Hal tersebut disebabkan oleh nutrisi yang harus ibu hamil bagikan dengan janin yang dikandung. Agar ibu hamil tidak mudah lelah dan mendapatkan nutrisi yang cukup, buah naga dapat menjadi pilihan makanan yang dikonsumsi. Ibu hamil akan memperoleh tambahan tenaga melalui buah naga yang dikonsumsinya. Manfaat buah naga yang baik bagi ibu hamil adalah mampu memperkuat tulang. Tulang dan gigi akan terasa semakin kuat akibat kandungan kalsium, fosfor dan magnesium yang dikandung oleh buah naga. Agar janin yang dikandung memiliki tulang yang kuat, ibu hamil sebaiknya mengkonsumsi naga secara teratur.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *