design

Tips Membuat Desain Rumah

Semua orang tentunya memiliki rumah impian masing-masing. Siapa yang tidak ingin tinggal di rumah impian dengan desain yang sesuai dengan keinginan sendiri? Tentunya ini menjadi sesuatu yang diinginkan banyak orang. Bagi pengantin baru, rumah impian yang mereka inginkan mungkin menjadi kado pernikahan terbaik yang belum tentu bisa didapatkan dari orang lain. Rumah impian setiap orang tentunya memiliki desain yang berbeda-beda. Setiap desain rumah ini pastinya juga memiliki sentuhan khas sesuai dengan preferensi masing-masing pemilik rumah. Dalam menentukan desain rumah, anda tidak bisa langsung memasukkan semua elemen yang disukai dalam sebuah desain. Tentunya harus ada beberapa pertimbangan agar desain rumah dapat terlihat seimbang dan juga indah ketika dilihat.

Menentukan Desain Rumah Impian

Ada berbagai macam desain rumah yang menarik untuk anda jadikan referensi. Berbagai macam desain rumah juga tengah menjadi trend dan pilihan bagi beberapa orang yang sedang akan membuat rumah. Salah satu jenis desain rumah yang sedang diminati adalah desain rumah minimalis. Biasanya para pengantin baru juga selalu tertarik dengan desain rumah minimalis. Salah satu poin yang membuat desain rumah minimalis dari para Jasa Desain Rumah disukai adalah karena tampilannya yang modern dan juga rapi. Biasanya secara arsitektur, rumah minimalis identik dengan bentuk geometris yang tidak banyak memiliki dekorasi. Selain itu rumah dengan desain minimalis juga memanfaatkan material bangunan yang cenderung sederhana dan fungsional.

pxhere.com

Tetapi dalam menentukan desain sebuah rumah, tentunya anda harus ingat bahwa bukan soal ukuran atau tampilan saja yang harus dipertimbangkan. Melainkan juga mengenai kenyamanan anda dan keluarga yang akan tinggal di rumah tersebut. Maka dari itu dalam mempertimbangkan pembuatan desain rumah harus lebih banyak lagi poin-poin yang diperhatikan agar anda tidak sampai salah menentukan desain. Beberapa pertimbangan dalam menentukan desain rumah ini mungkin dapat membantu anda.

  1. Meminimalisasi penggunaan sekat

Bagi anda yang memang berniat untuk membuat desain rumah dengan gaya minimalis, maka anda sebaiknya mempertimbangkan hal yang satu ini. Coba gunakan sekat ruangan seminimal mungkin. Penggunaan sekat atau pembatas hanya akan membuat ruangan terasa sempit. Daripada menggunakan sekat, nantinya untuk pembatas anda dapat menyiasati dengan menggunakan perabotan sebagai pembatas antara dua ruangan. Misalnya dengan menggunakan lemari.

pxhere.com
  1. Memastikan sirkulasi cahaya dan udara yang maksimal

Ketika akan menentukan desain sebuah rumah tentunya anda tidak akan bisa lepas dari penentuan letak jendela dan pintu. Dalam hal ini, pastikan bahwa rumah anda mendapatkan sirkulasi cahaya yang maksimal. Untuk poin yang satu ini tidak hanya dikhususkan pada desain rumah dengan gaya desain minimalis saja. Tetapi juga untuk rumah dengan gaya desain lainnya. Di rumah minimalis, sirkulasi cahaya serta penerangan yang cukup akan membuat rumah terhindar dari hawa kusam dan pengap. Selain sirkulasi cahaya, sirkulasi udara juga patut untuk diperhatikan. Maksimalkan penggunaan ventilasi udara untuk menghemat penggunaan pendingin ruangan. Rumah dengan cahaya yang cukup akan terasa lebih lega. Sedangkan sirkulasi udara yang bagus dapat menjaga kesehatan penghuni rumah dan membuat udara menjadi lebih segar.

  1. Menghindari penggunaan warna yang gelap

Saat akan menentukan desain rumah, tentunya anda juga harus mulai mempertimbangkan terkait warna yang akan digunakan pada dinding rumah. Jika memang ingin membangun sebuah rumah dengan gaya minimalis, maka sebaiknya jangan menggunakan warna yang gelap. Biasanya rumah dengan gaya minimalis bayak menggunakan warna putih, hitam, dan abu-abu. Meskipun begitu, warna-warna netral ini juga bisa anda kombinasikan bersama dengan warna yang cerah. Penggunaan warna netral bertujuan untuk memberikan kesan yang luas pada ruangan di dalam rumah anda.

pxhere.com

Budget untuk Mewujudkan Desain Rumah Impian

Selain mempertimbangkan hal-hal yang berkaitan langsung terkait penentuan desain rumah, anda sebaiknya juga jangan melupakan soal hal utama dalam menentukan desain maupun ketika akan membangun rumah. Tentu saja soal budget. Anda sebagai orang yang akan tinggal di rumah bersama pasangan maupun keluarga besar tentunya telah mengetahui berapa biaya yang bisa dikeluarkan. Maka dari itu ketika menentukan desain rumah yang ingin dibangun, penting sekali bagi anda untuk mempertimbangkan soal budget juga.

Coba hitung dahulu kira-kira berapa yang bisa anda keluarkan untuk membangun rumah. Karena ketika anda sudah memiliki desain rumah yang diinginkan, maka tentu sudah ada bayangan dari anda mengenai bahan material yang akan digunakan, berapa pekerja yang akan mengerjakan, serta hal-hal lainnya yang berkaitan. Jadi anda sudah bisa mengira-ngira berapa budget yang akan dihabiskan untuk desain rumah.

Desain rumah bisa disulap dengan berbagai siasat agar terlihat semakin nyaman dan elegan. Pemilihan furniture nantinya setelah rumah selesai dibangun juga akan semakin memaksimalkan keindahan rumah. Tetapi sebelumnya, tentukan saja dahulu desain rumah impian anda. Dengan demikian anda bisa melihat dengan seksama kelebihan dan kekurangan dari desain rumah anda serta apakah itu sudah sesuai dengan faktor budget anda. Jika anda melakukan ini dengan benar, maka anda bisa mendapatkan rumah impian anda tanpa adanya halangan yang berarti.

 

Author

Sutaryo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *