Umum

Mengenal Ikan Paus, Mamalia Laut yang Sering Dianggap Ikan

Selama ini, Anda mungkin masih keliru karena menganggap ikan paus sebagai ikan (pisces). Padahal, spesies satu ini termasuk ke dalam kelompok mamalia. Dan karena lingkungan hidupnya yang ada di laut, maka disebut sebagai mamalia laut.

Mengapa termasuk mamalia? Hal ini dikarenakan beberapa ciri yang ada pada mamalia bisa Anda temukan pada spesies satu ini.

Pertama, bernapas menggunakan paru-paru. Saat bernapas, mamalia laut ini akan naik ke permukaan air untuk mengambil oksigen yang terkandung di udara. Lalu, oksigen akan diolah didalam paru-parunya.

Kedua, melahirkan dan menyusui. Tidak seperti ikan yang bertelur, mamalia laut ini akan melahirkan anak setelah mengandungnya selama 15 bulan. Lalu, akan menyusui anak-anaknya melalui kelenjar susu pada paus betina.

Ketiga, memiliki rambut. Perlu Anda tahu, bahwa mamalia laut ini memiliki rambut pada tubuhnya. Namun, rambut akan hilang sebelum spesies ini dilahirkan. Sedangkan rambut yang tetap bertahan, biasanya terdapat di area kepala atau sekitar mulut.

Itulah beberapa ciri yang membuat ikan paus dimasukkan ke dalam kelompok mamalia. Jadi, jangan sampai Anda salah menyebutnya sebagai ikan lagi.

Author

Sutaryo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *