Mengenal Pengetahuan Dasar Mengenai Keuangan Publik

 

Keuangan publik yaitu salah satu bagian dari studi ekonomi yang tentunya mempelajari mengenai aktifitas dari keuangan pemerintah. Di dalam keuangan publik ini memberikan penjelasan mengenai dari pembelanjaan publik serta teknik yang diterapkan oleh pihak pemerintah dalam pembiayaan tersebut. Dari keuangan publik ini juga membantu dalam analisis pengeluaran untuk memahami bahwasannya mengapa pemerintahan mengandalkan pajak dan mengapa juga negara menyediakan jasa tertentu. Keuangan publik sendiri berkaitan erat dengan hasil keputusan akhir yang sifatnya demokrasi. Mengapa pemerintahan perlu melakukan keuangan publik? Karena pemerintah sendiri menjalankan kegiatan publik dijelaskan oleh John Stuart (1921), bahwa kegiatan publik yang utama dilakukan oleh pemerintah adalah pertahanan, keadilan sosial, serta pekerjaan umum. Mencakup ketiga kegiatan publik pemerintahan tentu hal ini pemerintahan membutuhkan kegiatan ekonomi untuk mencukupi kegiatan utama publik, maka dari itu perlu adanya pengetahuan mengenai keuangan publik.

Karakteristik dari keuangan publik dan pentingnya keuangan publik

Karakteristik dari keuangan publik ini sendiri adalah adanya keuangan publik ini digunakan untuk mendapatkan sebuah efisiensi dari ruang lingkup pasar, menerapkan peraturan dari pemerintahan untuk segala aktiftas pasar, melakukan  pertukaran dari barang atau jasa, memerlukan peran dari lembaga sosial pihak pemerintahan yang dilakukan dengan cara mendistribusikan pendapatan, Pemerintah memberikan kesejahteraan dalam lingkup pasar keuangan publik, dan memberikan sebuah lowongan kerja untuk dapat meningkatkan ekonomi negara serta memberikan kesehjateraan kepada masyarakat secara merata.

Setelah membahas mengenai karakterisitik dari keuangan publik, kali ini akan dibahas mengenai betapa pentingnya keuangan publik. Pentingnya keuangan publik ini dikarenakan hak serta kewajiban milik negara ini wilayah cakupannya sangat luas dan pasti semuanya membutuhkan uang. Maka dari itu, perlu sekali kebijakan dalam menggunakan uang negara. Tentu saja hal ini menyebabkan pemerintahan menerapkan keuangan publik yang merupakan sebuah studi untuk mengelolah masalah ekonomi negara. Untuk bidang pengelolaan keuangan dari negara ini terdiri dari  pengelolaan fiskal, moneter, dan kekayaan negara sendiri yang terpisah. Oleh karena itu pemerintahan mengeluarkan dana APBN untuk membiayai seluruh hak dan kewajiban negara yang memerlukan uang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *