Uncategorized

Mengenal Semua Hal Tentang Ikan Layang Atau Decapterus Spp

 

 

Deskripsi:

Ikan layang merupakan ikan yang banyak diminati masyarakat domestik maupun internasional. Penasaran seperti apa ikan layang? Dan dimana bisa menangkapnya? Ikuti selengkapnya dibawah ini.

 

Artikel:

Ikan layang atau decapterus spp merupakan jenis ikan pelagis kecil. Ikan ini masih tergolong dengan ikan lemuru, selar  atau ekor kuning , tembang dan kembung. Ikan layang merupakan salah satu komoditas yang banyak peminatnya. Daging ikan layang memiliki tekstur dengan citarasa pas bagi lidah Indonesia dan ikan ini bisa menjadi sumber pemenuhan protein bagi tubuh.

 

Ciri Ikan Layang

Hidup di perairan lepas pantai dengan kadar garam yang tinggi, ikan layang memiliki kemampuan untuk bisa hidup dengan variasi salinitas tinggi sekitar 31-33 ppt yang biasa di sebut stenohalin. Ikan ini memiliki tubuh memanjang dan pipih dengan ukuran 15-25 cm yang ditutupi sisik lingkaran. Ikan layang termasuk ikan yang melakukan migrasi seiring dengan perubahan pola sebaran salinitas tiap musim. Hal ini menyebabkan ikan layang dapat ditemukan di perairan beriklim tropis dan subtropis. Perairan Indonesia merupakan tempat yang cocok bagi jenis ikan ini untuk hidup.

 

Persebaran Berbagai Jenis Ikan Layang di Indonesia

Terdapat 11 spesies ikan layang yang tersebar di seluruh perairan dunia, terkhusus Indonesia terdapat 6 spesies yang bisa di temukan. Jenis ikan layang tersebut antara lain

 

  1. Decapterualins Lajang

Jenis ini banyak ditemukan daerah Laut Jawa, Selat Makassar, Ambon, dan Ternate.

 

  1. Decapterus Russellli

 Jenis ini tersebar di daerah yang hampir sama dengan jenis pertama yaitu Laut Jawa, Selat Makassar, Ambon, dan Ternate

 

  1. Decapterus Macrosoma

Decapterus Macrosoma menjadi jenis ikan layang tersebar di daerah Selat Bali, Laut Banda, Ambon, Selat Makassar, dan Sangihe.

 

  1. Decapterus Kurroides

Kemudian ada Decapterus Kurroides dapat ditemukan daerah Pelabuhan Ratu, Labuhan, Muncar, Bali dan Aceh.

 

  1. Decapterus Maruadsi

Jenis ini tersebar daerah perairan Pulau Banda.

 

  1. Decapterus Macarellus

Terakhir Decapterus Macarellus yang banyak ditangkap daerah Sulawesi dan Indonesia Timur.

 

Para nelayan banyak menangkap ikan layang menggunakan bagan, jaring insang atau gillnet, paying, dan pukat cincin. Ikan ini banyak di tangkap daerah perairan berjarak 20-30 mill dari pantai pada kedalaman 45-100 meter. Bulan Oktober hingga November merupakan bulan panen ikan layang paling banyak. Sekian informasi terkait ikan layang atau decapterus spp. Sekarang sudah kenal bukan? Jangan lupa cicipi olahan ikan layang di restoran seafood terdekat.

 

Author

Sutaryo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *