Kesehatan

Cara Mengobati Sakit Pinggang Yang Ampuh

Bagi sebagian orang masalah sakit pinggang bukanlah masalah yang perlu perhatian lebih, tetapi agaknya tentu berbeda dibandingkan dengan orang lainnya. Pasalnya kondisi sakit pinggang dapat benar-benar mengganggu aktivitas harian karena tentu rasanya yang amat sangat tidak nyaman. Hal itu karena pinggang merupakan bagian yang menumpu tubuh, jadi berbagai gerak utama seperti berdiri, berjalan bahkan duduk pun akan membuat sakit pinggang terasa begitu menyakitkan.

Penyebab Sakit Pinggang

Pixabay.com

Para ahli mengatakan bahwa penyebab sakit pinggang yang biasa dirasakan oleh banyak orang adalah karena cedera pada bagian otot maupun sendi di area pinggang. Tetapi ini merupakan penyebab sakit pinggang biasa, lain lagi jika sakit pinggang yang dirasakan adalah sakit pinggang sebelah kiri maka tanda penyakit berbahaya sedang mengintai.

Tetapi tidak perlu khawatir jika sakit pinggang yang dirasakan menyimpan penyakit yang menakutkan karena indikasi utamanya hanyalah karena cedera otot atau sendi ringan saja. Cedera otot atau sendi pada bagian pinggang itu dapat terjadi karena berbagai hal pemicu misalnya mengangkat benda berat sehingga otot-otot tertarik begitu kencang dan akhirnya timbullah cedera padanya. Selain itu karena posisi tubuh yang salah juga bisa saja mengakibatkan sakit pinggang, hal ini paling sering terjadi pada posisi tidur yang salah. Kemudian bisa pula karena gerakan melakukan gerakan yang sebetulnya ringan tetapi dilakukan berulang-ulang sehingga efek yang dirasakan tubuh seolah seperti mengangkat benda berat.

Gejala Sakit Pinggang

Untuk gejala sakit pinggang tentu yang paling utama dan paling mudah diketahui yaitu rasa sakit berupa nyeri yang terjadi  di area pinggang. Biasanya rasa sakit yang dirasa hanya ketika akan, sedang dan setelah melakukan suatu gerakan. Itulah sebabnya banyak orang yang sedang mengalami sakit pinggang lebih memilih untuk tidak banyak bergerak.

Tetapi secara spesifik, beberapa gejala umum yang akan dirasakan pada penderita sakit pinggang adalah sebagai berikut.

  1. Pinggang terasa bagaikan ditusuk, terasa kaku dan pegal
  2. Rasa nyeri yang timbul menjalar kebagian bawah tubuh seperti bokong bahkan hingga ke kak
  3. Kesulitan untuk berdiri tegak
  4. Rasa sakit akan terasa lebih buruk ketika duduk terlalu lama dan ketika malam hari tiba
  5. Rasa sakit menjadi seolah berlipat ketika mengangkat benda berat, membungkuk maupun hal-hal lain yang bersinggungan langsung dengan otot maupun sendi daerah pinggang
  6. Pada kondisi saraf terjepit di posisi tertentu, maka tungkai akan terasa begitu lemah bahkan hingga mati rasa

Mengobati Sakit Pinggang

Sakit pinggang pada dasarnya dapat sembuh dengan sendirinya, tetapi tentu saja membutuhkan waktu karena mengikuti mekanisme penyembuhan tubuh. Karena itulah banyak orang yang tidak tahan dan ingin melakukan berbagai cara guna minimal meredakan rasa sakit yang dirasakan. Untuk mengobati sakit pinggang yang diderita sebetulnya caranya cukup mudah dan dapat dilakukan secara mandiri. Beberapa cara yang dikenal ampuh mengobati sakit pinggang yaitu sebagai berikut.

  1. Kompres dengan menggunakan air dingin

Mengompres bagian yang terasa sakit dapat mengurangi bengkak dalam yang terjadi. Tetapi perlu diingat bahwa jangan langsung menempelkan es dengan kulit di bagian yang sakit itu karena justru dapat membuat kulit terluka. Letakkan terlebih dahulu kain atau hal lain yang tetap dapat membuat rasa dingin dari es terasa di atas bagian yang hendak dikompres. Atau selain itu juga bisa dengan memasukkan es ke dalam kantong es untuk mengompres jika memang memilikinya. Pengompresan dapat dilakukan sesering mungkin hingga rasa sakit pinggang benar-benar hilang.

  1. Gunakan krim pereda nyeri

Sekarang ini telah banyak krim pereda nyeri yang beredar di pasaran dan dapat dengan mudah dibeli tanpa perlu resep dokter. Cara menggunakannya pun mudah karena hanya tinggal mengoleskan krim pereda nyeri tersebut pada area sakit pinggang. Efek yang diberikan adalah efek hangat bahkan cenderung panas yang dianggap dapat melemaskan otot kencang akibat cedera. Tetapi ada hal yang perlu diperhatikan dalam penggunaan krim pereda nyeri, yaitu pastikan krim pereda nyeri yang dibeli telah memiliki izin edar dari BPOM.

  1. Melakukan terapi khusus

Bagi yang ingin hasil lebih cepat maka bisa melakukan treatment atau terapi khusus dalam mengatasi sakit pinggang. Misalnya seperti memanggil physiotherapist yang sekarang ini sudah banyak menawarkan jasanya. Dengan demikian maka sakit pinggang yang dirasa benar-benar ditangani oleh orang yang ahli di bidangnya.

Mencegah Sakit Pinggang Terjadi Kembali

Pixabay.com

Agar sakit pinggang tidak lagi kembali menyerang, maka tentunya harus diperhatikan beberapa hal yang dapat memicunya untuk sebisa mungkin tidak dilakukan. Karena jika masih melakukan hal-hal pemicu sakit pinggang, maka sangat mungkin sakit pinggang dapat terjadi kembali.

Jika memang hal-hal pemicu sakit pinggang itu benar-benar harus dilakukan, seperti misalnya mengangkat benda berat maka untuk mengurangi potensi sakit pinggang kembali terjadi maka sebaiknya meminta bantuan orang lain untuk mengangkat bersama benda berat yang dimaksud. Selain itu melakukan peregangan otot terlebih dahulu juga merupakan hal yang amat sangat baik  untuk dilakukan guna mengurangi kemungkinan terkena sakit pinggang kembali.

Similar Posts