Minyak Rambut Pomade bagi Kesehatan Rambut

0 Comments

Minyak rambut pomade menjadi tren bagi banyak kaum adam masa kini. Produk yang sering digunakan untuk styling rambut agar rapi dan mudah ditata. Penggunaan produk tersebut memang mendukung penampilan pria untuk terlihat maskulin. Produk semacam ini sangat mudah dijumpai seperti di barbershop dengan merek lokal ataupun merek impor. Sebenarnya pomade sudah muncul di pertengahan abad 20 yang saat itu banyak pria menggunakan gaya rambut pompadour. Gaya tersebut identik dengan rambut tebal di bagian atas dan tipis di sisi kepala. Bagian yang tebal inilah yang diberi pomade agar tetap rapi dan bertahan lama. Berikut info lebih lengkapnya mengenai penggunaan pomade yang tren di kalangan pria.

Fakta tentang Minyak Pomade

Produk yang baru populer belakangan tahun ini merupakan produk yang banyak digunakan untuk menata rambut. Dibuat dari beberapa bahan dengan kandungan utamanya adalah lilin. Lilin digunakan untuk membuat rambut mengilap dan bertahan lama. Bahan dasar lilin ini sendiri cukup mahal, apalagi untuk jenis lilin lebah. Jika ada pomade yang dijual murah, kemungkinan tidak menggunakan 100 persen lilin melainkan ada campuran dengan bahan kimia lain.  Pomade yang bagus juga bisa dilihat dari hasilnya yang membuat rambut lebih lembab, bukan membuatnya kaku.

  1. Jenis pomade dan penggunaannya

Di pasaran sendiri dikenal ada dua jenis pomade yaitu yang berbasis air dan minyak. Untuk jenis minyak ini pertama kali muncul sekitar tahun 60an dan merupakan produk yang paling populer. Sedangkan untuk jenis yang satunya yang  berbasis air, perbedaannya dapat dilihat saat membersihkannya. Pomade berbasis air berisi emulfisier sehingga akan lebih cepat dan mudah untuk dibersihkan. Pemakaian pomade akan lebih maksimal saat kondisi rambut sedikit basah karena akan bagus jika rambutnya lembap. Taruh pomade secukupnya di telapak tangan dan gosok untuk kemudian dioleskan ke rambut. Perhatikan untuk tidak menggunakan pomade ke bagian kulit kepala, hal tersebut justru membuat penampilan tidak bagus karena rambut akan terlihat berminyak.

www.pexels.com
  1. Masalah rambut akibat penggunaan pomade

Tidak jarang masalah ketombe dapat muncul apabila menggunakan pomade secara berlebihan. Apalagi untuk penggunaan produk dengan bahan dasar minyak. Jika terlalu sering mengenai kulit kepala, pomade dapat membuat minyak alami rambut tidak bisa keluar dari pori-pori. Selain menyebabkan ketombe, penggunaan yang berlebihan juga bisa membuat rambut rontok dan rambut kepala terlihat tipis. Terutama bagi yang memiliki alergi dengan bahan kimia tertentu yang ada di dalam pomade. Untuk masalah rontok karena pomade dapat ditangani dengan perawatan rambut yang benar. Jika rambut terlihat tipis, tidak perlu khawatir karena sekarang Anda bisa menggunakan Caboki penumbuh rambut. Produk yang dibuat dengan bahan alami dan aman untuk mengatasi rambut kepala yang terlihat tipis atau botak. Memiliki serat yang berfungsi sebagai pengganti rambut sehingga menjadikan rambut terlihat lebih lebat.

  1. Alergi terhadap pomade

Produk ini memang bagus dan mudah untuk menata rambut. Namun tidak semuanya cocok menggunakannya, terutama mereka yang alergi dengan bahan-bahan tertentu yang ada di pomade. Alergi dapat memicu munculnya masalah seperti jerawat sebagai reaksi kulit yang tidak cocok dengan pomade. Bagi yang sensitif, penggunaan produk ini juga bisa memicu mual. Walaupun sangat jarang, penggunaan pomade bagi mereka yang sensitif seperti kandungan bahan kimia tinggi atau bau pomade yang tajam dapat membuat mual dan memicu sakit kepala. Untuk yang sensitif dengan produk sintesis, dapat beralih menggunakan pomade tradisional yang lebih aman dan wanginya juga lebih alami.

  1. Pomade tradisional

Minyak rambut yang dibuat sendiri dengan bahan-bahan alami pastinya lebih aman untuk digunakan. Pomade dapat dibuat di rumah dari beberapa bahan seperti minyak kelapa, lempung bentonit, minyak esensial, dan beeswax atau lilin madu. Produk yang dibuat sendiri tersebut selain aman juga lebih hemat. Namun untuk yang tradisional atau dibuat di rumah biasanya memiliki wangi yang tidak terlalu kuat.

  1. Memilih pomade yang sesuai

Penting untuk memilih dengan benar produk untuk digunakan. Bagi pecinta minyak pomade sebaiknya gunakan jenis produk yang sesuai. Pomade ini berbeda dengan wax. Untuk wax fungsinya hanya menjaga tatanan rambut agar tidak berubah. Sedangkan pomade memiliki fungsi lain yaitu menjaga tatanan rambut lebih lama serta membuatnya lebih mengilap. Terdapat tiga jenis pomade yang ada di pasaran. Jenis light hold yang cocok untuk pemilik rambut lurus. Bagi pemilik rambut ikal dapat menggunakan pomade jenis medium hold. Sedangkan jenis terakhir yaitu heavy hold cocok untuk rambut yang keriting atau bergelombang. Untuk tingkat kekakuan yang paling rendah adalah light hold, kemudian medium hold, dan yang paling maksimal adalah heavy hold.

www.pexels.com

Tips Merawat Rambut bagi Pengguna Pomade

Pomade merupakan produk andalan pria untuk styling rambut. Namun penggunaan yang setiap hari, bisa memunculkan beberapa masalah rambut. Supaya tetap sehat, berikut beberapa perawatan rambut yang sebaiknya dilakukan bagi yang suka menggunakan pomade.

  1. Menggunakan shampoo khusus

Pengguna pomade sebaiknya membersihkan rambut di hari yang sama dengan menggunakan shampoo khusus. Rambut yang diolesi pomade, terutama yang berbahan minyak akan lebih sulit untuk dibersihkan dengan shampoo biasa. Ada shampoo khusus yang dibuat dari bahan-bahan tertentu untuk membersihkan pomade yang bisa digunakan. Langkah sederhana ini adalah untuk mencegah rambut rusak akibat pomade. Jika jarang dibersihkan setelah pemakaian minyak rambut ini, bisa saja rambut menjadi rontok dan tipis. Untuk rambut tipis memang sekarang sudah ada solusinya. Salah satunya adalah Caboki penumbuh rambut, produk untuk mengatasi rambut kepala yang tipis atau terlihat botak. Produk ini berfungsi menjadi serat pengganti rambut yang memberikan efek lebat. Serat yang langsung menempel di batang rambut, akan membuat rambut kepala lebih terisi atau lebih banyak dalam waktu yang lebih cepat.

www.pexels.com
  1. Jaga kelembapan rambut

Penggunaan shampoo biasa untuk membersihkan rambut setelah pomade mungkin akan membutuhkan beberapa kali keramas. Cara membersihkan rambut yang berulang-ulang tersebut bisa saja membuat rambut menjadi kering. Untuk mencegah rambut kehilangan kelembapan, tidak ada salahnya untuk menggunakan conditioner setelah keramas dengan shampoo. Jika perlu, Anda juga bisa melakukan perawatan rambut seperti hair mask untuk menutrisi dan merawat kesehatan rambut. Setidaknya hair mask dilakukan satu bulan sekali.

  1. Memberi nutrisi rambut

Tidak memakai pomade untuk satu atau dua hari akan memberi waktu untuk rambut beristirahat. Pada saat tidak menggunakan pomade, Anda bisa memberikan tambahan nutrisi untuk rambut dari luar. Seperti memberikan vitamin rambut atau menggunakan minyak zaitun sebelum keramas. Ada banyak vitamin penting yang dapat menutrisi rambut untuk mengatasi kerusakan dan menjaga kesehatan rambut.

Itulah beberapa hal tentang penggunaan minyak rambut pomade untuk styling rambut. Memperhatikan penampilan rambut sebaiknya tidak melupakan kesehatan dari rambut itu sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *