Umum

Motor Bekas

Tak bisa dipungkiri setiap tahunnya hampir setiap perusahaan motor akan memproduksi motor dengan desain terbaru yang lebih menarik dengan segala fitur unggulnya. Namun tentu saja motor terbaru tersebut ditawarkan dengan harga yang kian naik dari waktu ke waktu. Tak jarang banyak masyarakat yang rela mengajukan kredit motor agar bisa memiliki motor terbaru yang diimpikan. Padahal kredit motor justru menambah beban finansial karena harga motor yang dikreditkan justru lebih mahal dan berlipat dari harga aslinya. Bagi anda yang belum memiliki banyak dana untuk membeli motor baru, maka kini bisa membeli motor bekas yang pasti lebih murah dan tak kalah berkualitas dari motor baru.

Alasan Membeli Kendaraan Bekas

Membeli motor baru memang merupakan sebuah kebanggaan tersendiri. Tetapi membeli motor bekas juga bisa menjadi pilihan terbaik untuk anda yang memiliki dana terbatas. Bagi anda yang masih ragu membeli motor dalam kondisi bekas sebaiknya tak perlu khawatir. Berikut ini akan dijelaskan alasan membeli motor dalam kondisi bekas yang bisa menjadi bahan pertimbangan anda.

pxhere.com
  1. Banyak Motor Kondisi Bekas yang Masih Baru
    Mungkin banyak yang beranggapan bahwa motor dalam kondisi bekas kebanyakan sudah dalam kondisi yang jauh dari baru. Padahal bila anda jeli dan cermat memilih kendaraan bekas maka anda bisa memperoleh motor kondisi bekas yang masih seperti baru. Biasanya motor tersebut jarang dipakai oleh pemiliknya kemudian dijual. Sehingga kondisi fisik maupun mesin motor tak jauh berbeda kualitasnya dari motor baru.
  2. Harga yang Lebih Murah
    Dari tahun ke tahun harga motor baru memang kian melambung sehingga membuat sebagian orang harus mempersiapkan dana yang lebih banyak untuk membeli motor baru. Tak perlu khawatir untuk anda yang memiliki dana pas-pasan karena anda bisa membeli kendaraan bekas dengan harga lebih murah. Biasanya motor baru yang sudah dipakai beberapa bulan atau tahun akan memiliki harga yang turun lebih murah dibanding harga pembelian barunya. Namun pastikan mengecek kondisi dan merk motor tersebut agar benar-benar sesuai dengan harganya.
  3. Terhindar dari Hutang atau Kredit
    Dengan harga motor kondisi bekas yang lebih murah tentu memudahkan anda untuk bisa membeli motor sesuai dengan budget. Bahkan anda bisa langsung membayar lunas saat itu juga setelah melakukan kesepakatan dengan penjual. Dengan begitu maka anda bisa terhindar dari hutang atau kredit. Bila pembelian motor sudah terlunasi maka anda tak perlu terbebani oleh hutang.
  4. Bebas Memilih Model Motor
    Motor dalam kondisi bekas memang begitu banyak ditawarkan oleh para penjual. Bahkan kini anda bisa mencari berbagai model motor yang anda inginkan melalui internet. Terdapat berbagai jenis model motor sesuai dengan tahun keluarannya dengan model dan striping yang berbeda.
  5. Lebih Tenang Memodifikasi
    Bagi anda pencinta kendaraan bermotor biasanya muncul keinginan untuk memodifikasi kendaraan tersebut. Bila anda membeli motor dalam kondisi bekas maka anda tak perlu takut akan mengalami kerugian saat memodifikasi kendaraan tersebut. Sebab harganya yang lebih murah dibandingkan harga motor baru yang cukup tinggi. Selain itu bagi anda yang ingin belajar tentang dunia otomotif dengan mengikuti kursus mekanik motor maka motor kondisi bekas bisa menjadi media praktik.
pxhere.com

Tips Aman Membeli Motor Bekas

Setelah mengetahui alasan membeli motor kondisi bekas tentu membuat anda semakin tak ragu untuk membeli motor yang anda inginkan. Namun sebelum anda membeli motor kondisi bekas sebaiknya ketahui beberapa tips agar anda tidak salah membeli motor. Berikut ini akan dijelaskan tips aman membeli motor kondisi bekas yang bisa anda praktikkan.

  1. Tentukan Motor yang Akan Dibeli
    Sebelum membeli motor kondisi bekas sebaiknya tentukan terlebih dahulu jenis motor yang akan anda beli. Selain itu tentukan tipe dan pabrikan pembuat motor tersebut karena masing-masing merk menawarkan kelebihan yang berbeda.
  2. Harga di Pasaran
    Sebelum anda memasuki pasar motor bekas maka silakan cari tahu harga di pasaran motor tersebut baik secara online maupun riset langsung. Bila ternyata tipe mtor yang anda inginkan masih mahal maka silakan cari tipe motor keluaran tahun sebelumnya agar lebih murah.
  3. Cermat Memilih Penjual
    Pilih penjual yang terpercaya dan sudah memiliki reputasi yang bagus. Penjual yang terpercaya biasanya menyediakan motor kondisi bekas yang berkualitas dan harga yang wajar.

    pxhere.com
  4. Cek Kelengkapan Surat
    Pastikan mengecek kelengkapan dan keaslian surat kendaraan bekas yang akan anda beli. Hal ini sangat penting untuk menghindarkan anda dari tindak penipuan yang merugikan dikemudian hari.
  5. Minta Test Ride
    Sebelum anda membeli motor kondisi bekas maka mintalah izin untuk melakukan test ride. Dimana melalui test ride ini anda bisa memastikan kondisi fisik, mesin dan komponen pada motor tersebut sebelum anda membelinya.

Demikianlah penjelasan seputar motor kondisi bekas yang bisa menambah wawasan anda. Melalui penjelasan di atas kini anda bisa lebih yakin dan cermat membeli kendaraan bekas sehingga anda bisa memperoleh kendaraan yang anda inginkan tanpa menguras kantong.

 

Author

Sutaryo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *