Kesehatan

Nyeri Haid Seperti Apa Yang Normal ?

Seorang perempuan ketika sudah masuk masa pubertas tentu saja akan melewati masa – masa peralihan menjadi lebih dewasa. Perubahan masa pubertas untuk laki – laki dan perempuan memang berbeda, namun ada beberapa tanda masa purbetas yang sama. Masa pubertas akan dialami oleh semua orang yang mana akan menjadi tanda bahwa orang tersebut sudah masuk pematangan. Usia pubertas laki – laki dan perempuan berbeda, bagi para perempuan akan lebih cepat mengalami pubertas dari pada laki – laki. Mungkin beberapa dari anda pernah penasaran kenapa tubuh laki – laki ketika belum pubertas lebih kecil dari pada perempuan, namun ketika seorang laki – laki sudah masuk masa pubertas maka ukuran tubuh laki – laki langsung tumbuh besar melebihi tubuh perempuan. Maka dari itu pada dasarnya pertumbuhan laki – laki dan perempuan akan berakhir lebih cepat bagi perempuan.

Ulasan kali ini akan membahas beberapa informasi lebih spesifik mengenai masa pubertas seorang perempuan. Salah satu hal yang sering dikeluhkan bagi seorang perempuan yang sudah pubertas adalah nyeri haid. Seorang perempuan akan mengalami menstruasi ketika sudah masuk masa pubertas. Menstruasi ini sendiri menjadi keadaan dimana keluarnya darah dari rahim. Hal ini terjadi karena dinding rahim yang meluruh karena tidak ada pembuahan, menstruasi ini menjadi hal yang pasti dialami oleh setiap perempuan. Namun tidak semua perempuan mempunyai tanda dan gelajanya yang sama ketika datang bulan. Beberapa perempuan akan mengalami nyeri perut yang luar biasa ketika akan datang bulan, nyeri perut ini bisa saja menyebabkan para penderitanya menjadi lemas dan tidak bisa menjalankan aktivitasnya sehari – hari.

www.pexels.com

Nyeri Haid Berlebihan Bahaya Tidak ?

Beberapa perempuan yang sudah mulai mengalami menstruasi pasti akan menemukan berbagai perbedaan – perbedaan. Mulai dari perbedaan tersebutlah yang mendasari seseorang menjadi lebih panik ketika menemukan sebuah hal yang berbeda dari orang lain. Pada umumnya seorang perempuan akan merasakan nyeri pada bagian perut ketika menstruasi.  Namun nyeri perut tersebut pada dasarnya berbahaya atau tidak? Berikut ini jawaban dari pertanyaan anda.

Ketika seseorang mengalami menstruasi maka seseorang tersebut akan merasakan berbagai hal yang tidak nyaman. Biasanya orang yang sedang haid akan mudah tersinggung, gampang marah, emosi, dan bisa saja seseorang tersebut menjadi mudah terbawa suasana. Beberapa hal tersebut bisa saja membuat status emosional seorang perempuan menjadi terganggu. Namun yang lebih parah yang membuat para perempuan tidak bisa menghadapi masa haid ini dikarenakan timbulnya rasa nyeri pada perut. Rasa nyeri yang timbul diperut tersebut pada dasarnya menjadi hal yang cukup wajar, seorang perempuan akan mengalami rasa nyeri yang cukup hebat ketika ambang nyeri setiap perempuan berbeda. Ada seorang perempuan yang mempunyai ambang nyeri tinggi, sehingga ketika mengalami rasa sakit tidak akan mudah merasakan sakit, namun akan berbeda dengan perempuan dengan ambang nyeri rendah, ketika ambang nyeri rendah maka kemungkinan seseorang mengalami rasa nyeri luar biasa. Ketika anda menjadi pihak perempuan dengan ambang nyeri tinggi maka anda membutuhkan sebuah pertolongan khusus sehingga rasa nyeri anda bisa teratasi dengan baik.

Pada dasarnya rasa sakit yang timbul tersebut terjadi karena perut otot mengalami kontraksi, hal inilah yang terkadang membuat perut menjadi kram. Seorang perempuan sebenarnya sangat wajar merasakan sakit dibagian perut ketika haid, namun rasa sakit tersebut menjadi tidak wajar ketika rasa sakitnya sangat luar biasa dan bahkan membuat penderitanya menjadi tidak bisa berkaktivitas. Tentu saja bagi anda yang sering mengalami hal ini, anda  harus mulai mencari tahu beberapa hal terkait dengan penanganan ataupun pencegahan agar tidak merasakan nyeri haid.

Nyeri haid selain menimbulkan rasa yang sakit juga menimbulkan rasa tidak nyaman sehingga orang – orang yang mempunyai masalah disminore akan mengambil waktu untuk cuti atau beristirahat dirumah ketika sudah masuk masa menstruasi. Tentu saja anda sudah mengetahui berbagai hal terkait menstruasi, pada ulasan ini akan lebih menitik beratkan pada bagian nyeri ketika haid.

www.pexels.com

Mengatasi Rasa Nyeri Dengan Cara Ini

Mungkin beberapa dari anda ada yang cuek saja dengan rasa sakit yang anda rasakan, namun bagi anda yang tidak betah dengan rasa sakit tersebut anda harus mengurangi rasa sakit dengan sebuah obat. Ada beberapa obat yang bisa anda jadikan anti nyeri sehingga anda tidak merasakan rasa nyeri yang sangat hebat. Cara satu ini memang menjadi cara yang sangat ampuh untuk dipakai seseorang dalam menangani permasalahan sakit perut saat haid. Namun selain langsung mengkonsumsi obat, anda juga bisa mengurangi rasa sakit di perut tersebut dengan beberapa cara, inilah beberapa cara yang bisa anda terapkan, seperti :

  1. Kompres Air Hangat

Ketika anda merasakan rasa nyeri yang sangat hebat sehingga menganggu aktivitas anda, anda bisa mengurangi rasa sakit tersebut dengan menggunakan air hangat. Air hangat ini bisa anda letakan di dalam botol, lalu anda bisa menempelkan botol tersebut diperut anda yang terasa nyeri.

  1. Mandi Air Hangat

Sama dengan mengompres air hangat, anda juga bisa mandi dengan air hangat untuk bisa membuat rasa nyeri berkurang. Mandi air hangat ini ternyata mampu menjadi teknik relaksasi yang sangat manjur untuk membuat seseorang menjadi terhindar dari rasa sakit yang berlebihan.

  1. Minum Air Hangat

Selain mengompres dan mandi dengan air hangat, anda juga bisa meminum air hangat untuk membuat perut anda menjadi lebih nyaman.

  1. Posisi Menungging

Siapa sangka dengan menggunakan posisi menungging ini anda bisa membuat rasa nyeri perut anda menjadi lebih ringan.  Dengan menggunakan posisi menungging ini maka otot pada rahim bisa menjadi lebih relaksasi, itulah yang menyebabkan banyak orang menggunakan posisi ini untuk meringankan rasa sakitnya.

www.pexels.com

Itulah beberapa cara yang bisa anda terapkan untuk mengurangi rasa sakit dikarenakan haid. Selain cara – cara tersebut sebenarnya masih ada banyak cara lainnya yang bisa anda terapkan. Anda bisa memilih menggunakan carayang anda anggap paling mudah dan nyaman. Selain itu ketika anda haid namun tidak teratur anda bisa menggunakan obat telat datang bulan, dengan begitu anda bisa memastikan bahwa jadwal menstruasi anda normal. Sehingga pada kesimpulannya rasa nyeri haid yang dialami oleh setiap perempuan adalah wajar – wajar saja, namun ketika anda tidak bisa menahan rasa sakit tersebut anda bisa segera memeriksakan diri anda ke pelayanan sehat terdekat, sehingga rasa nyeri tersebut dapat tertangangi dengan baik. Kini anda sudah lebih paham mengenai nyeri haid yang sering dialami oleh para perempuan, semoga informasi ini bisa membantu anda lebih mudah untuk memahami berbagai hal terkait dengan rasa nyeri pada haid.

 

Author

Sutaryo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *