Umum

Oleh Oleh Makanan Khas Kota Besar di Indonesia

Tidak lengkap rasanya jika berwisata tanpa membeli oleh oleh. Ke kota manapun anda berwisata pasti akan menemukan makanan dan barang khas dari kota tersebut. Apalagi jika anda berwisata ke kota-kota besar yang ada di Indonesia, di mana Negara ini memiliki segudang keanekaragaman yang terus dilestarikan. Oleh-oleh menjadi barang yang wajib dibeli untuk keluarga di rumah dan teman-teman. Dengan begitu maka orang-orang yang tidak ikut berwisata masih bisa merasakan atmosfir wisata.

Oleh Oleh Khas Kota Besar di Indonesia

Berikut ini merupakan oleh oleh khas dari kota-kota besar yang ada di Indonesia, berwisata akan semakin lengkap dengan membeli dan barang khas dari kota yang didatangi.

pxhere.com
  • Medan

Kota Medan merupakan kota yang berada di Sumatera Utara. Ada banyak tempat wisata populer yang bisa anda kunjungi di tempat ini, salah satunya adalah danau Toba. Makanan khas dari Medan ada bermacam-macam, seperti soto Medan, Lemang, Arsik, Pisang Molen, Tiba-tiba dan lain sebagainya. Dan salah satu makanan khas yang sangat populer adalah Bika Ambon. Sangat cocok dijadikan pilihan untuk dibawa pulang.

  • Semarang

Jika anda datang ke Semarang maka tidak lengkap tanpa membeli Lumpia. Sangat cocok dibawa pulang untuk keluarga dan tetangga di rumah. Selain lumpia anda juga bisa menikmati makanan khas Semarang lainnya seperti tahu gimbal, sego goreng babat Semarang, soto Semarang dan masih banyak lagi lainnya.

  • Pempek Palembang

Palembang merupakan salah satu kabupaten yang berada di Pulau Sumatera. Kota ini menjadi kota terbesar di Indonesia, memiliki penduduk 1.455.284 jiwa. Ada banyak tempat wisata yang bisa anda datangi di kabupaten ini, bahkan dijuluki sebagai Bumi Sriwijaya. Jika anda berwisata ke Palembang maka jangan lupa membeli makanan khas di sana berupa Pempek Palembang. Kuliner satu ini merupakan hasil dari asimilasi etnis Tionghoa dan Melayu.

  • Lampung

Kota Lampung merupakan kota yang berada di Sumatera, jika anda datang ke Lampung maka anda bisa membeli oleh oleh berupa keripik pisang yang sangat terkenal. Ada bermacam-macam rasa yang bisa anda pilih, ada manis, asin, cokelat, keju dan lain sebagainya. Juga ada keripik pisang yang sangat lezat untuk disantap.

  • Jakarta

Jakarta menjadi kota paling populer di Indonesia. Ibukota Indonesia ini memiliki banyak sekali makanan khas yang layak dijadikan oleh-oleh dibawa pulang dari merantau. Anda juga bisa menemukan cemilan khas Betawi yang masih eksis hingga sekarang. Makanan khas dari Jakarta adalah kembang goyang dan kue lekker. Makanan khas lainnya adalah roti buaya yang sering ditemukan saat acara pernikahan.

pxhere.com
  • Garut

Salah satu cemilan dari Garut yang sangat populer adalah dodol garut. Ada banyak jenis dodol Garut yang bisa dipilih dengan beragam rasa. Ada dodol nanas, dodol durian, dodol tomat, dodol wijen, dodol cokelat dan masih banyak lagi lainnya.

  • Manado

Jika anda berkunjung ke Manado, maka dapatkan kuliner dari Manado yaitu Halua Kenari. Merupakan makanan yang terbuat dari gula khas Manado. Gula merah yang diproses dengan buah kenari. Selain itu ada juga pala manis, merupakan cemilan yang terbuat dari buah pala. Anda bisa memilih makanan khas lainnya yang asin seperti ikan cakalang. Ikan ini sudah dibumbui dan diasapi, kemudian dicepit dengan menggunakan bamboo.

  • Bali

Pulau Bali merupakan pulau yang sangat terkenal di dunia. Banyak artis dunia yang datang ke Bali untuk menikmatiobjek wisata. Jika anda datang berwisata ke Bali, ada beberapa jenis makanan khas yang bisa dijadikan oleh-oleh. Anda bisa membeli kacang Bali, kacang polos, kacang dengan balutan tepung, dan lain sebagainya. Makanan khas lainnya yang tidak boleh dilewatkan adalah kuepie susu khas Bali. Ada banyak pie yang bisa anda dapatkan di Bali, salah satu yang paling populer adalah pia legong.

  • Jogja

Kota Jogja juga menjadi kota wisata banyak orang, anda bisa membeli makanan khas yang dijadikan oleh-oleh keluarga di rumah. Adapun makanan khas yang bisa anda dapatkan antara lain bakpia, ada banyak jenis bakpia yang bisa anda dapatkan dengan mudah. Ada yang memiliki rasa keju, kacang ijo, cokelat dan masih banyak lagi lainnya. Makanan khas lainnya adalah gudek, anda bisa mendapatkan gudek kaleng yang bisa dibawa pulang kerumah.

  • Malang

Malang memiliki objek wisata yang sangat banyak dan keren, maka tidak heran jika banyak orang yang memilih kota Malang sebagai tujuan wisata. Ada banyak oleh-oleh khas Malang yang bisa anda dapatkan. Salah satunya yang sangat populer adalah keripik apel.

  • Surabaya

Surabaya merupakan salah satu kota metropolitan yang berada di pulau Jawa bagian timur. Jika anda datang ke Surabaya maka jangan sampai lupa membeli oleh oleh khas Surabaya. Salah satu makanan khas yang berasal dari Surabay adalah kue lapis Surabaya.

pxhere.com

Cindramata Wisata Kota-kota di Indonesia

Selain mendapatkan oleh oleh makana khas, anda juga bisa mencari oleh-oleh berupa cinderamata. Jika anda datang ke Bali maka jangan lupa membeli Joger. Jika anda datang ke Jogja jangan lupa membeli Dagadu.

 

Author

Sutaryo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *