Islam

Pengertian Dakwah Dan Tujuannya Dalam Berdakwah

Dakwah sering didengar saat dalam acara tertentu yang berkaitan dengan kegiatan agama islam. Dakwah juga biasanya dilakukan oleh tokoh agama seperti ustad atau pendakwah khusus seperti da’i. Selain itu, dalam pelajaran agama isalam juga sering mengulas mengenai materi dakwah, anda sering mendengarnya bukan? Ya memang sudah sejak kecil kita diajari berdakwah yang baik. Tapi memang masih banyak yang belum mengetahui pengertian dakwah. Dakwah dalam arti luas adalah kegiatan yang  bersifat mengajak atau menyebarkan ajaran agam islam kepada orang yang beraga islam agar beriman dan taat kepada Allah sesuai dengan aqidah atau syari’at agam silam.

Oleh karena itu dakwah sudah sejak zaman nabi digunakan untuk menyebarkan agama islam. Dakwah dari tempat satu ke tempat lainnya agar manusia mau taat pada ajaran islam. Dan sekarang banyak orang-orang ingin menjadi pedakwah, salah satu acar di televisi setiap bulan ramadhan membuat acara untuk yang mempunyai bakat berdakwah dan bahkan memiliki kaos dakwah tersendiri. Sehingga sekarang sudah banyak para pemuda-pemudi sebagai da’i ada juga dari kalangan anak-anak muda yang belum genap umurnya 20 tahun menjadi pendakwah. Nah, agar anda lebih memahami tentang materi dakwah dipada artikel ini akan kami ulas secara jelas ya.

pexels.com

Pengertian dakwah

Seperti yang sudah kami ulas diatas sedikit mengenai arti dakwah ya, jika berdakwah adalah cara menyebarkan atau mengajak orang yang beragama islam untuk taat dan menjadi umat yang beriman sesuai dengan syari’at islam. Sedangkan para ahli ilmu mengatakan dakwah berbeda-beda menurut pandangannya, untuk lebih jelasnya akan kami paparkan dibawah ini.

  1. Quraishi Shihab, dalam pendapatnya mengatakan jika dakwah adalah sebuah seruan atau ajakan kepada keinsyafan atau usaha mengubah situasi kepada situasi yang lebih baik terhadap pribadi maupun masyarakat. Dakwah tidak sekedar hanya usaha peningkatan suatu pemahaman keagamaan dalam tingkah laku dan pandangan hidup saja tetapi juga menuju sasaran yang lebih luas. Apa lagi pada masa seakarang ini, ia harus lebih berperan menuju kepada pelaksanaan ajaran islam secara menyeluruh dalam berbagai aspek kehidupan.

 

Pada pendapat M. Quraishi Shihab tersebut menjelaskan bahwa dakwah memang sebagai sarana untuk mengajak orang menjadi lebih baik atau insyaf dari keadaan kemarin yang mungkin belum baik menjadi lebih baik.

 

  1. Adam Abdullah al-Alury, dalam pendapatnya menyampaikan bahwa dakwah adalah mengarahkan pikiran dan akal budi manusia kepada suatu pemikiran atau aqidah yang bermanfaat. Dakwah juga cara menyelamatkan manusia dari kesesatan yang akan menjatuhkan dari kemksiatan. Dari pendapatnya dapat disimpulkan bahwa dakwah memang kegiatan membawa kebaikan kepada umat muslim agar akal dan pikirannya bisa baik dan dimanfaatkan tidak hanya memikirkan dunia atau kemaksiatan.

 

  1. Pendapat selanjutnya yaitu dari Syaikh Ali Mahfudin, bahwa dakwah merupakan usaha mendorong umat manusia melakukan kebaikan dan mengikuti petunjuk (agama), menyeru mereka berbuat ma’ruf dan mencegah mereka dari perbuatan munkar agar mendapatkan kebahagiaan dunia dan akhirat. Dapat disimpulkan jika berdakwah menjadi kegiatan yang baik agar umat islam dapat mencegah dirinya dari perbuatan munkar.

 

Biasanya pendakwah akan membawa materi yang lebih membuat orang-orang tertarik dengan isi mengajak orang untuk menjadi lebih baik. Seperti saat memebawa materi sabar saat berdakwah, pendakwah akan memaparkan keutamaan orang yang bersabar dan manfaatnya. Oleh sebab itu pendakwah harus mampu berbicara dengan baik agar pembawaannya didepan umum dapt menarik perhatian orang, tidak jarang ketika ada yang berdakwah orang kurang tertarik maah mengantuk. Biasanya penyampaiannya yang kurang baik dan membosankan.

pexels.com

Tujuan Berdakwah

Selain anda harus memahami apa itu pengertian dakwah yang sebenarnya, anda juga harus paham tujuan dari dakwah sendiri. Seperti berdakwah ini yang merupakan kegiatan baik dan mempunyai tujuan yang baik pula bagi para pendengarnya.

  1. Untuk Menegakkan Agama Allah dan Pemersatu Umat.

Sudah dijelaskan ayat di salah satu surah Al-Qur’an As-Syuraayat ayat 13 menjelaskan bahwa ” Dia (Allah) yang telah mensyariatkan kepadamu agama yang telah diwasiatkan-Nya kepada Nuh dan apa yang telah Kami wahyukan kepadamu (Muhammad) dan apa yang telah Kami wasiatkan kepada Ibrahim, Musa, dan Isa, yaitu tegakkanlah agama (keimanan dan ketakwaan) dan jangan kamu berpecah belah di dalamnya. Berat untuk orang-orang musyrik (untuk mengikuti) agama yang kamu serukan kepada mereka…”

pexels.com
  1. Mengembalikan Manusia Pada Fitrahnya

Sudah dijelaskan juga pada salah satu ayat Al-Qur’an surah Al-Mu’minun ayat 73 menjelaskan bahwa “Dan sesungguhnya kamu (Muhammad) benar-benar menyeru mereka untuk ke jalan yang lurus.”

  1. Menghidupkan hati yang sudah mati rasa

Dikarenakan umat manusia yang berakhlak rendah derajatnmya juga rendah di mata Allah dibandingkan binatang. Sebagaimana sudah dijelaskan pada salah satu ayat Al-Qur’an surah Al-Anfal ayat 14 bahwa “Hai orang-orang yang beriman, patuhilah seruan Allah dan seruan Rasul apabila Rasul menyeru kepadamu sesuatu yang memberi kehidupan kepada kamu …”

Ulasan di atas sudah sangat jelas memaparkan pengertian dakwah dan tujuannya. Semoga bermanfaat.

 

Author

Sutaryo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *