pendidikan

Pengertian Managemen Dari Para Ahli dan Fungsi di Dalamnya

Dalam segala hal yang kita lakukan di dunia ini pasti membutuhkan aturan. Dengan mengetahui cara mengatur yang benar maka pekerjaan dalam segala bidang bisa berjalan dengan lancar. Proses untuk mengatur oleh sekelompok organisasi maupun lembaga guna mencapai tujuan yang diinginkan adalah pengertian Manajemen. Kata Managemen ini diambil dari bahasa Prancis yaitu management yang berarti seni di dalam mengatur. Bisa juga diartikan sebagai usaha dalam perencanaan, pengorganisasian, pengontrolan dan pengkoordinasian sumber daya untuk mencapai tujuan yang diinginkan dengan efektif dan efisien.

Pengertian Management Menurut Para Ahli

Untuk mengetahui lebih jelasnya, berikut ini adalah pengertian management menurut ahlinya :

  • Mary Parker Follet

Menurut Mary Parker Follet managemen adalah sebuah seni dalam menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain.

pxhere.com
  • Kimball dan Kimball

Manajemen yaitu semua tugas dan fungsi yang di dalamnya terdiri dari penyusunan suatu perusahaan, pembiayaan, kebijakan, penyedia alat sumber daya dalam pemilihan dan penetapan jabatan-jabatan dalam struktur.

  • Chester I Bernard

Manajemen yaitu seni dan ilmu. Yaitu sebuah seni yang mampu mengatur apapun yang perlu diatur.

  • Lawrence A. Appley

Management merupakan keahlian yang dimiliki oleh seseorang bisa juga organisasi yang bisa menggerakkan orang lain untuk mencapai tujuan.

  • Oey Liang Lee

Management yaitu ilmu yang di dalamnya terdapat perencanaan, peyusunan, pengorganisasian, pengarahan, pengendalian terhadap sumber daya untuk mencapai sasaran atau tujuan.

  • Hilman

Pengertian manajement adalah sebagai fungsi untuk mencapai sasaran, dengan melalui perantara dan juga pengawasan usaha-usaha individu.

  • George R Terry

Menurut George R Terry Manajemen adalah proses yang didalamnya terdiri dari perencanaan, pengorganisasian, menggerakkan dan juga pengawasan.

  • Henry Fayol

Manajemen adalah proses yang di dalamnya terdapat perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian dan juga control atau pengawasan kepada sumber daya sehingga tujuan akan tercapai dengan efektif dan efisien.

pxhere.com
  • Ahuja

Merupakan pihak-pihak yang menyediakan atau menawarkan jasa untuk bidang yang berhubungan dengannya.

  • James A.F.Stoner

Pengertian manajemen yaitu proses perencanaan, leadership, pengorganisasian dan juga pengendalian upaya dari anggota organisasi untuk mencapai suatu tujuan.

  • Renville Siagian

Manajemen merupakan salah satu bidang usaha bergerak di bidang pelayanan dikelola dengan tenaga ahli yang sudah berpengalaman.

  • Bennett N.B Silalahi, M.A

Pegertian menejemen menurut Dr. Bennett N.B Silalahi, M.A adalah ilmu perilaku yang di dalamnya terdiri dari aspek social eksak dan bukan dari tanggungjawab keselamatan juga kesehatan kerja.

Ada banyak sekali manajemen yang ada di sekitar kita, ada manajemen strategi, manajemen biaya, manajemen organisasi, manajemen perusahaan, manajemen pemasaran, manajemen produksi, manajemen konstruksi, manajemen pendidikan, manajemen komunikasi, manajemen resiko, manajemen keselamatan dan kesehatan kerja dan masih banyak lagi jenisnya di dunia ini. Adapun unsure-unsur yang ada didalam manajemen meliputi untuk manusia, uang, material atau bahan, mesin, metode dan pasar. Masing-masing memiliki fungsinya masing-masing. Dan unsure tersebut harus ada untuk mencapau tujuan atau target yang ingin dicapai.

pxhere.com

Fungsi Manajemen Dalam Bisnis

Manajemen dalam bidang bisnis sangat dibutuhkan, tanpa adanya manajemen maka bisnis tidak bisa berjalan dengan baik. Berikut ini adalah fungsi manajemen dalam bidang bisnis yang harus diketahui bagi anda yang saat ini akan berbisnis :

  • Perencanaan atau planning

Dalam manajemen bisnis perencanaan harus ada dan sangat penting. Biasanya orang yang melakukan perencanaan adalah orang-orang yang duduk dibangku paling atas. Orang yang berkuasa dan sudah paham tentang bisnis. Contohnya adalah seorang manajer yang mengelola dalam bidang manajemen. Dengan adanya perencanaan maka apa yang menjadi tujuan suatu bisnis di dalam perusahaan akan terwujud dengan baik.

  • Pengorganisasian

Sudah diterangkan dalam pengertian, bahwa fungsi dari manajemen adalah sebagai pengorganisasian dengan cara membagi kegiatan yang besar menjadi yang kecil sehingga masing-masing akan memiliki perannya sendiri. manajer akan lebih mudah dalam melakukan pengawasan, tujuan juga akan tercapai lebih efektif dan lebih efisien. Dalam pengorganisasian manajer dan setiap orang harus tahu apa tugas yang dikerjakan, siapa yang mengerjakan dan bagaimana harus dikerjakan.

  • Penempatan atau staffing

Dikenal juga dengan organizing, namun penggunaannya disini lebih luas. Staffing lebih memperhatikan sumber daya secara luas.

  • Pengarahan atau directing

Fungsi manajemen selanjutnya adalah pengarahan, yaitu suatu tindakan yang mengupayakan agar setiap anggota bisnis mampu mencapai tujuan yang diimpikan. Dalam kenyataannya tidak semua yang direncanakan di awal sesuai dengan rencana, sehingga pihak manajer harus memberikan arahan agar tujuan masih bisa didapatkan dengan baik dan lancar.

pxhere.com
  • Pengawasan atau controlling

Dari semua tindakan mulai dari rencana hingga pengarahan, dibutuhkan pengawasan atau controlling. Pihak atas akan melakukan evaluasi secara menyeluruh untuk mengetahui proses mencapai tujuan atau sasaran. Manajer akan mengawasi dan memastikan bahwa proses mencapai tujuan masih dijalannya.

Dari pengertian manajemen dan fungsinya di atas maka disimpulkan bahwa keberadaan manajemen dalam segala bidang kehidupan kita di dunia ini penting. Dengan adanya manajemen maka sasaran atau tujuan organisasi bisa berjalan dengan baik.

 

 

Author

Sutaryo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *