Kesehatan

Tips dan Trik Perawatan Wajah Mudah nan Murah dari Rumah

Punya wajah sehat, cerah dan berseri tentu menjadi impian hampir setiap wanita. Wajah yang cantik memang bisa didapatkan dari lahir atau merupakan bawaan secara genetik. Tapi wajah cantik juga bisa diperoleh dengan melakukan perawatan wajah yang tepat. Merawat wajah perlu dilakukan secara rutin agar wajah tetap awet muda dan cantik berseri. Ada banyak sekali jenis perawatan untuk wajah mulai dari perawatan yang bisa dilakukan sendiri di rumah hingga perawatan yang bisa dilakukan di klinik kecantikan dengan bantuan tenaga profesional.

Anda yang punya anggaran perawatan untuk wajah yang berlebih mungkin tidak punya kendala apapun dalam melakukan aneka perawatan di salon kecantikan atau pusat kecantikan lainnya. Tapi kalau anggaran tipis Anda tentu perlu memutar otak untuk mencari langkah perawatan yang tetap terjangkau tapi bisa memberikan hasil sesuai yang diinginkan. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan beragam treatment perawatan menggunakan bahan alami yang ada di sekitar Anda.

www.pexels.com

Mengapa Melakukan Perawatan Wajah Sendiri?

Perawatan menggunakan bahan alami untuk wajah maupun bagian tubuh yang lain memang punya banyak kelebihan tersendiri, berikut diantaranya:

  • Biaya lebih murah

Dibandingkan dengan perawatan di klinik kecantikan ternama, merawat wajah sendiri menggunakan bahan-bahan alami ini bisa jauh lebih ramah di kantong Anda. Ada banyak buah-buahan maupun bahan-bahan natural yang bisa diperoleh dengan harga terjangkau dan bisa dipakai untuk merawat wajah contohnya jeruk nipis, madu dan beragam jenis buah-buahan lain. Bahkan ada pula bahan-bahan yang bisa Anda dapatkan secara gratis dari halaman rumah seperti lidah buaya.

  • Bahan mudah didapat

Ada banyak sekali bahan alami yang ada di sekitar Anda, bahkan dari dapur rumah yang bisa digunakan untuk merawat wajah mulai dari bumbu dapur seperti gula, kopi dan garam untuk scrubbing hingga berbagai jenis buah untuk membuat masker alami.

  • Bisa dilakukan kapan saja tanpa perlu bantuan orang lain

Merawat wajah sendiri di rumah dengan ekstrak bahan alami bisa Anda lakukan sendiri tanpa perlu bantuan tenaga kecantikan profesional. Tapi tentunya Anda tetap harus memastikan higienitas bahan yang digunakan serta proses perawatan yang Anda lakukan.

  • Relatif aman untuk kulit jika dipakai jangka panjang

Kosmetika, obat-obatan maupun bahan kimia yang digunakan dalam perawatan kecantikan selalu punya risiko untuk kulit. Ada jenis kulit tertentu yang kurang cocok menggunakan kosmetika berbahan dasar A misalnya dan jika terus digunakan jangka panjang bisa menimbulkan efek alergi Sebaliknya bahan alami punya risiko yang lebih kecil. Memang tetap ada risiko alergi yang bias ditimbulkan, namun risiko karena penggunaan bahan alami umumnya masih bisa diatasi dan tidak menimbulkan efek yang lama seperti hal nya efek bahan kimiawi.

www.pexels.com
  • Tidak menyebabkan ketergantungan

Anda tentu pernah bertemu orang yang tidak bisa lepas dari krim perawatan muka tertentu. Hal ini berarti orang tersebut sudah ketergantungan dan jika lepas dari krim tersebut justru kondisi muka bisa menjadi semakin parah. Ketergantungan ini biasanya dialami jika menggunakan kosmetik berbahan dasar kimia tertentu. Penggunaan bahan perawatan organik atau alami umumnya tidak menimbulkan efek ketergantungan ini.

Tidak adanya kandungan bahan kimia berbahaya juga sangat baik untuk kesehatan tubuh dan kulit di masa mendatang. Meskipun memang perawatan wajah dengan bahan alami juga punya kekurangan diantaranya adalah efek yang perlu waktu lama. Meskipun efeknya tidak langsung bisa dilihat secara instan cara merawat dengan bahan-bahan alami ini relatif aman dan tidak menyebabkan ketergantungan pada kulit.

www.pexels.com

Perawatan Wajah yang Mudah Dilakukan di Rumah

Meskipun terbilang cukup aman bagi wajah melakukan perawatan dengan bahan-bahan alami juga perlu tips dan trik tersendiri. Salah memilih perawatan alami pun bisa berdampak kurang baik bagi kulit wajah Anda dan bisa berakibat pada berkurangnya rasa percaya diri. Berikut ini beberapa hal yang penting dilakukan sebelum melakukan tindakan perawatan untuk wajah secara mandiri di rumah:

  1. Pelajari pengetahuian tentang bermacam bahan-bahan organik atau alami yang baik bagi kulit

Sebelum melakukan perawatan sendiri yang mudah dan murah tentunya Anda harus tahu dulu ilmunya. Anda bisa mencari informasi mengenai aneka jenis bahan untuk perawatan tubuh termasuk wajah dari banyak sumber. Tapi ingat hanya gunakan sumber-sumber terpercaya yang bisa jadi patokan. Masing-masing bahan alami tentu memiliki efek serta fungsi yang berbeda-beda. Maka dari itu carilah informasi selengkap mungkin sebagai bahan referensi dalam memilih jenis perawatan yang tepat.

  1. Ketahui dan pahami jenis serta karakter kulit Anda

Anda wajib menyesuaikan tipe perawatan dengan apa yang dibutuhkan oleh kulit. Menentukan jenis atau mengindentifikasi jenis kulit perlu dilakuakan sebagai langkah awal menentukan perawatan yang tepat. Coba perhatikan apakah wajah Anda termasuk kategori wajah berminyak, kering ataukah normal. Kemudian apakah wajah Anda tipe wajah berjerawat, berkomedo ataukah wajah berpori-pori besar. Tiap-tiap karakteristik ini bisa ditangani dengan bahan alami yang berbeda. Anda pun bisa mengkombinasikan beberapa bahan menjadi satu untuk mengatasi beberapa masalah kulit sekaligus.

  1. Car informasi mengenai efek samping yang mungkin ditimbulkan oleh masing-masing bahan alami yang akan Anda gunakan

Bahan alami pun tetap punya risiko efek samping untuk kulit maupun kesehatan. Hal ini karena reaksi masing-masing orang bisa berbeda terhadap suatu bahan yang sama. Coba ketahui efek samping apa saja yang sekiranya mungkin muncul dari penggunaan bahan tertentu. Jika Anda mempunya tipe kulit sensitif Anda perlu lebih ekstra hati-hati dalam memilih bahan perawatan yang pas supaya tidak malah menimbulkan efek yang tidak diinginkan.

  1. Pilihlah bahan-bahan yang segar, bersih, bebas penyakit, jamur ataupun kotoran lainnya

Hanya gunakan bahan-bahan alami yang kualitasnya baik. Jika menggunakan ekstrak buah-buahan maka pilihlah buah yang segar yang tidak terdapt jamur atau penyakit. Salah memilih buah justru bisa memindahkan jamur, bakteri ataupun kotoran dari buah tersebut ke wajah Anda yang bias memicu masalah kulit lain seperti jerawat. Jangan pula gunakan bahan yang sudah busuk karena tentu kandungannya sudah tidak semaksimal bahan yang dalam kondisi segar.

www.pexels.com
  1. Olah bahan dengan higienis

Ada bahan-bahan yang bisa langsung diaplikasikan ke wajah dan ada pula yang membutuhkan sedikit proses pengolahan seperti penghancuran. Bahan alami yang sudah baik kualitasnya perlu diolah dengan baik pula menggunakan alat-alat yang bersih dengan tangan yang juga sudah dicuci bersih.

  1. Aplikasikan bahan apapun ke wajah yang sudah dibersihkan sebelumnya

Wajah pun harus dibersihkan secara menyeluruh sebelum menggunakan perawatan apapun, termasuk perawatan alami ini. Hanya aplikasikan bahan-bahan ke wajah yang sudah bersih sehingga hasil perawatan bisa lebih maksimal.

Mendapatkan wajah mulus, sehat dan bersinar bisa dilakukan dengan merawat kulit dari luar ataupun dari dalam. Dari luar Anda bisa menggunakan masker dari campuran berbagai bahan seperti masker buah-buahan, madu, telur atau bahan lainnya. Selain masker scrub dari bahan alami seprti gula, kopi, garam juga bisa digunakan untuk mengangkat sel-sel kulit mati di wajah sehingga wajah tidak kusam dan juga selalu segar.

Tapi kalau muncul masalah pada kulit sebaiknya Anda mengatasinya dengan benar, bisa dengan mendatangi klinik kecantikan ataupun dengan menggunakan obat-obatan untuk kulit seperti obat penghilang bopeng. Obat untuk menghilangkan bopeng ini bisa dipakai untuk membantu menghilangkan bekas luka akibat jerawat yang sudah mengering.

 

Author

Sutaryo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *