Kesehatan

Apa Saja Perlengkapan Bayi Baru Lahir ?

Setiap pasangan suami istri tentu mendambakan kehadiran buah hati. Kehadiran buah hadi dapat menjadi salah satu magnet yang menjadikan hubungan pasangan suami istri semakin harmonis. Tanpa adanya buah hati atau keturunan tentu rumah menjadi sepi dan hubungan antara sepasang suami istri kurang lengkap. Oleh sebab itu tidak jarang bagi suami istri mencoba beberapa program untuk mempercepat kehamilan terutama bagi sepasang suami istri yang sudah menunggu bertahun-tahun namun belum juga dikaruniai buah hati. Selain untuk mempercepat kehamilan, biasanya program juga dilakukan oleh sepasang suami istri yang menginginkan jenis kelamin tertentu (laki-laki atau perempuan) dan juga yang menginginkan anak kembar namun tidak mempunyai garis keturunan kembar.

 

Ketika buah hati yang telah anda damba-dambakan hadir ke dunia melengkapi rumah tangga anda tentu banyak persiapan yang harus anda lakukan, terutama jika buah hati anda sudah berada di rumah. Ketika tangisan bayi anda hadir meramaikan rumah anda, maka sejak saat itulah tugas anda sebagai orang tua telah dimulai. Pekerjaan anda semakin bertambah mulai dari memandikan, membersihkan kotoran saat buang air kecil atau besar hingga memandikannya. Siang dan malam anda menjadi lebih sibuk dan terlihat berat, namun semua itu akan anda lalui dengan ringan dan menyenangkan serta mudah jika anda lalui hari-hari anda bersama buah hati anda dengan penuh cinta dan keikhlasan.

 

Menjaga buah hati dan merawat secara maksimal tentu menjadi kewajiban para orang tua. Untuk menjaga dan merawat buah hati secara maksimal maka anda perlu sejumlah alat pendukung yang harus anda siapkan jauh-jauh hari sebelum putra atau putri anda lahir kedunia. Berikut ini adalah Perlengkapan Bayi Baru Lahir yang harus anda siapkan :

www.pexels.com

Pakaian dan Perlengkapannya

 

  1. Popok bayi, berfungsi sebagai celana bagi bayi. Yang harus diperhatikan, dimana popok bayi harus diganti bila buah hati anda sedang buang air baik buang air besar, maupun buang air kecil. Hal ini dapat mencegah terjadinya iritasi pada kulit, dimana kulit bayi masih sangat sensitive dan mudah terjadi iritasi jika keadaan popok lembab. Biasanya bayi memberikan tanda-tanda kepada anda para orang tua ketika buah hati anda buang air kecil ataupun besar yaitu dengan menangis. Karena menangis merupakan komunikasi yang dapat dilakukan bayi kepada anda para orang tua. Popok ini sangat diperlukan dan harus dipastikan ada terutama saat musim hujan tiba. Ketika musim hujan bayi sering kali buang air kecil namun popok tidak kering karena tidak ada sinar matahari. Hal ini dapat disiasati dengan membeli popok yang digunakan sekali pakai.
  2. Celana pendek dan celana panjang, celana pendek dapat digunakan ketika siang hari dan celana panjang dapat digunakan pada malam hari.
  3. Baju lengan pendek dan baju lengan panjang, baju lengan pendek biasa digunakan saat siang hari dan baju lengan panjang dapat digunakan pada malam hari. Karena ketika siang hari cuaca cenderung panas dan malam hari suhu cenderung dingin. Pemakaian baju pendek pada byi ketika siang hari dapat memberi efek lebih nyaman kepada bayi dan juga menjegah adanya bintik-bintik merah terhadap kulit bayi akibat keringat yang berlebih. Sedangkan baju lengan panjang yang dipakai bayi anda di saat malam hari akan membuaty bayi anda lebih nyaman terutama saat tidur dan juga dapat meminimalisir digigit nyamuk.
  4. Sarung tangan dan sarung kaki, perlengkapan ini terkadang bahkan sering sekali di sepelekan. Padahal sarung tangan dan sarung kaki memiliki fungsi yang cukup penting untuk menjaga kenyamanan bayi anda. Sarung tangan berfungsi untuk melindungi kuku bayi yang cenderung cepat panjang agar tidak mencakar wajah atau bagian kulit lain bayi anda. Sedangkan sarung kaki dapat memberi efek hangat terutama ketika malam hari.
  5. Baju hangat dan topi sangat diperlukan bagi bayi anda untuk membuat bayi anda lebih nyaman terutama ketika malam hari.
  6. Kaus dalam dan celana dalam. Kaos dalam atau singlet ini dapat dijadikan pengganti gurita, karena gurita tidak dianjurkan untuk dipakai bayi anda. Sebab dapat mengganggu pernafasan pada bayi anda. Celana dalam bayi dapat dipakai ketika jalan-jalan atau dipagi hari dibawah sinar matahri pagi yang bagus untuk kesehatan bayi.
  7. Gendongan bayi atau kain panjang. Gendongan bayi dapat meringankan anda para orang tua jika menggendong bayi anda dalam waktu yang lama.
  8. Deterjen khusus, sangat perlu diperhatikan mengingat kulit bayi sangat sensitive dan rentan iritasi.
www.pexels.com

Perlengkapan Tidur

 

  1. Tempat tidur atau box bayi harus senyaman mungkin. Pada tempat tidur bayi harus dijauhkan dari benda-benda tajam.
  2. Baju tidur. Baju tidur bayi sebaiknya dipilih dari bahan yang membuat bayi anda nyaman dan hangat.
  3. Alas bayi atau perlak pada tempat tidur bayi sangatlah penting. Karena anda tidak pernah tahu kapan bayi anda buang air kecil dan besar. Fungsi perlah disini, untuk mencegah kotoran mengotori tempat tidur, karena membersihkan perlak lebih mudah dibandingkan harus membersihkan tempat tidur bayi.
  4. Selimut bayi berfungsi untuk menghangatkan tubuh bayi terutama malam hari.
  5. Kelambu berfungsi untuk melindungi bayi anda dri gigitan nyamuk baik ketika malam hari ataupun siang hari. Sehingga tidur bayi anda akan lebih nyaman.
  6. Bantal dan guling khusus bayi, karena penggunaan bantal terutama dapat membentuk kepala bayi yang cenderung masih lunak. Sehingga pemilihan bantal yang bagus sangat perlu diperhatikan.
www.pexels.com

Perlengkapan Mandi

 

  1. Sabun mandi khusus bayi harus diperhatikan oleh para orang tua. Pemilihan sabun secara jelih dan harus sesuai dengan jenis kulit bayi anda, mengingat jenis kulit setiap bayi berbeda. Kesalahan pemilihan sabun dapat membuat kulit bayi anda sensitive.
  2. Sampo khusus bayi ini berfungsi untuk menjaga kebersihan kulit kepala dan rambut bayi anda serta memberi aroma harum pada rambut bayi anda.
  3. Handuk berfungsi untuk mengeringkan badan bayi anda setelah mandi. Handuk harap selalu di jaga kebersihannya dengan cara sering dicuci menggunakan sabun khusus.
  4. Waslap untuk membersihkan badan bayi anda.
  5. Tisu kering dan tisu basah, tisu kering berfungsi untuk membersihkan muntahan bayi anda, yang biasanya disebabkan oleh terlalu banyak minum susu. Sedangkan tisu basah dapat digunakan untuk mengelap bagian tubuh bayi anda yang sering berkeringan khususnya pada siang hari dimana cuaca cenderung panas.
  6. Baskom kecil sebagai tempat air hangat ketika bayi anda dimandikan.
  7. Baby oil yang cocok untuk bayi atau kulit bayi anda
  8. Gunting kuku bayi untuk menjaga kuku bayi agar tetap pendek dan tidak menyakiti dirinya. Dimana kuku bayi cenderung cepat panjang.
  9. Cotton bud berfungsi untuk membersihkan telingan bayi.
  10. Kapas bulat dan obat merah digunakan untuk mengobati dan membungkus pusar bayi anda, terutama ketika bayi anda baru lahir dimana pusar pada bayi cenderung basah atau belum kering.
  11. Bak mandi bayi dapat memudahkan anda untuk memnadikan bayi anda.
  12. Ember atau keranjang yang digunakan untuk pekaian kotor bayi.
  13. Krim pelembab dan lotion berfungsi untuk menjaga kesehatan kulit bayi anda.
  14. Minyak kayu putih atau minyak telon berfungsi untuk menghangatkan tubuh bayi anda.
  15. Bedak bayi dapat menjaga kesehatan kulit bayi anda dan juga memberi aroma harum pada bayi anda.
  16. Penyangga punggung bayi, dimana penyangga ini digunakan saat memandikan bayi yang baru lahir, atau dapat menggunakan handuk yang digulung sebagai pengganti penyangga punggung bayi.
www.pexels.com

Perlengkapan Bepergian

  1. Stroller dapat digunakan untuk mengajak bayi anda jalan-jalan dipagi hari maupun sore hari.
  2. Tas bayi dapat membantu anda untuk membawa semua keperluan bayi, sehingga lebih simple.

Perlengkapan Asi

 

  1. Pompa asi, baik manual maupun elektrik. Pompa asi sebenarnya dapat disewa ditempat pentewaan perlengkapan bayi, namun untuk menjaga kehiginisan asi disarankan untuk membeli mengingat asi merupakan nutrisi utama dan yang paling penting untuk tumbuh kembang bayi anda.
  2. Penghangat asi ini berfungsi untuk menjaga agar asi tetap dalam keadaan hangat.
  3. Botol beling wadah asi perah, berfungsi untuk menyimpan asi hasil perahan ketika anda menginginkan untuk disimpan dalam kulkas, sehingga ketika anda sedang bepergian anda tidak perlu hawatir karena sudah ada cadangan asi yang dibekukan dalam lemari es.
  4. Botol susu atau asi. Untuk botol berbahan plastic pilihlah yang BPA Free.
  5. Sabun pencuci botol. Pemilihan sabun pencuci botol yang tepat sangat diperlukan karena untuk menjaga botol susu bayi anda tetap dalam keadaan steril dan bersih atau jauh dari bakteri yang dapat berkembang dengan baik pada bekas susu yang menempel pada botol susu bayi anda.
  6. Alat steril botol susu dapat juga dengan cara merebus botol susu dengan air didalam panic.
  7. Sikat botol berguna untuk menyikat botol susu bayi anda agar bersih dari bekas-bekas susu yang cenderung dapat menimbulkan bakteri yang tentu sangat membahayakan bayi anda bahkan dapat menimbulkan keracunan jika kurang bersih saat mencuci botol susu.
  8. Termos air panas ini berguna untuk menyimpan air panas jika bayi anda tidak minum asi atau menggunakan susu formula sebagai tambahan asi. Sehingga anda tetap dapat membuatkan susu bagi bayi anda, meskipun anda sedang jalan-jalan atau bepergian anda tidak perlu hawatir lagi terhadap makanan atau susu bayi anda.

 

Jika membaca Daftar Perlengkapan Bayi Baru Lahir diatas, yang harus dibeli memang sangat banyak jumlahnya. Namun dari sekian banyaknya barang yang harus anda beli, sebenarnya dapat mengurangi pembelian barang misalnya dengan cara menyewa. Perlengkapan yang biasanya dapat disewa diantaranya adalah stroller dan tempat tidur bayi. Namun ketika anda memutuskan untuk menyewa hal-hal yang harus anda pastikan adalah kelayakan dan kebersihan pada barang atau perlengkapan yang anda sewa. Selamat berbelanja dan belilah apa saja yang menurut anda perlu dan penting untuk bayi anda. Jangan sampai anda membeli barang yang tidak akan digunakan oleh bayi anda atau tidak dibutuhkan oleh bayi anda.

 

Author

Sutaryo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *