Uncategorized

Perlengkapan Sehari-Hari yang Terbuat dari Pohon Aren

 

Deskripsi

Disekitar Anda banyak tertanam pohon aren tetapi bingung bagaimana memanfaatkannya menjadi barang berguna? Tenang, temukan jawabannya dalam artikel berikut ini.

Artikel

Pohon aren kini mulai banyak dijumpai dibeberapa daerah. Hal itu dikarenakan manfaat dari pohon yang ternyata amat sangat banyak. Selain sering dimanfaatkan untuk membuat beragam olahan yang bisa dikonsumsi seperti gula aren, kolang-kaling, bahan pengembang roti, cuka aren, tuak hingga minuman fermentasi, juga sering dimanfaatkan untuk membuat perlengkapan sehari-hari. Tahukah Anda apa saja perlengkapan yang bisa dibuat dari bahan pohon tersebut? Jika tidak mengetahuinya, simaklah ulasan ini hingga akhir maka jawabanya bisa Anda dapatkan.

5 Perlengkapan yang Terbuat dari Pohon Aren

  1. Pembungkus Makanan

Pohon aren memiliki bagian berupa daun aren yang ternyata kaya akan manfaat. Daun aren ini sering dimanfaatkan sebagai salah satu pembungkus makanan khususnya makanan tradisional yang dijual dipasar, bahkan dapat juga dijadikan pembungkus belanjaan. Hal tersebut sangat bermanfaat karena dapat menggantikan fungsi dari pembungkus plastic yang kurang ramah lingkungan.

  1. Sapu Ijuk

Selain dimanfaatkan sebagai pembungkus makanan yang higienis dan ramah lingkungan, daun aren juga bisa dimanfaatkan untuk pembuatan sapu ijuk. Dilihat dari kualitasnya sapu ijuk berbahan daun aren ini juga terbilang berkualitas. Perlu untuk Anda ketahui, jika sapu ijuk dari daun aren juga memiliki kualitas sama baik dengan sapu dari sabut kelapa.

  1. Sapu Lidi

Pohon aren ini terbilang hampir sama dengan daun kelapa. Untuk bisa menjadikannya sapu lidi Anda harus memisahkan bagian daun dengan  lidinya. Agar sapu lidi bisa dimanfaatkan untuk menyapu rumah atau halaman maka Anda harus menyatukannya dengan yang lain

  1. Papan

Selain bagian daun yang kaya akan manfaat, ternyata pohon aren juga memiliki bagian lain yang bermanfaat yakni batang pohon. Batang pohon dari aren sering dimanfaatkan sebagai papan. Papan-papan kayu yang sudah terbentuk sering kali dijadikan papan tulis, papan peyekat lemari, dan lain sebagainya.

Demikianlah ulasan mengenai 4 perlengkapan yang bisa dibuat dari pohon aren. Buatlah perlengkapan susuai dengan kebutuhan Anda. Pastikan agar perlengkapan yang dibeli memiliki kualitas yang bagus. Sekian, semoga ulasan ini bermanfaat untuk Anda.

 

Author

Sutaryo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *