Uncategorized

Pohon Ghorqod dan Fakta di Balik Penanamannya di Israel

 

Dari Abu Hurairah RA, berkata, bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Tidak akan datang hari kiamat sampai kaum Muslimin memerangi bangsa Yahudi. Mereka akan diserang oleh kaum Muslimin hingga bersembunyi di balik pohon dan batu. Namun, semua pohon dan batu akan memberitahukan keberadaan mereka, kecuali pohon Gharqad. Sebab, pohon Gharqad adalah pohon Yahudi.” (HR Muslim).

Anda mungkin pernah mendengar hadits tersebut dari beberapa literatur. Namun, sebagian besar dari Anda mungkin belum pernah melihat, bahkan mungkin belum mengetahui apa itu pohon gharqad. Pohon gharqad atau bisa disebut sebagai pohon Yahudi merupakan salah satu pohon yang akan menjadi saksi perang antara umat Muslim melawan Yahudi di akhir zaman nanti.

Pohon ini memiliki beberapa ciri-ciri, seperti berduri, bertekstur keras, beracun, dan memiliki tinggi sekitar 1 – 2 meter. Akar dari pohon ini mengandung bulu dan duri-duri tajam. Daun dari pohon iniberwarna hijau segar, berbentuk seperti sendok kecil, ada sedikit duri-duri di sekitar daunnya. Pohon ini memiliki bunga yang berwarna putih kebiruan dan bentuknya menyerupai terompet.

Ciri lain dari pohon ini adalah ia memiliki buah yang berbentuk seperti tomat. Kadang, pohon ini biasa dihinggapi oleh beberapa jenis burung. Pohon ini juga termasuk tanaman yang berusia cukup panjang dan bisa dikatakan pohon ini cukup ajaib. Mengapa dikatakan demikian?

Sebab, pohon ini akan terus berdaun di sepanjang musim. Artinya, setiap helai daunnya tetap hijau dan segar, baik di musim dingin maupun musim panas. Karenanya, berdasarkan hadits dan ciri tersebut, sudah banyak orang-orang Israel yang tengah gencar menanamkan pohon-pohon ini di setiap sudut negaranya. Ada yang menanamkannya di tengah hutan, di semak belukar, di halaman rumah, hingga padang pasir.

Kurang lebih, hingga kini sudah ada ribuan pohon gharqad ditanam dibeberapa sudut negara Israel. Setiap tanah kosong yang belum tertanam pepohonan, pohon ini ditanamkan hingga di pinggir-pinggir jalan.Memang, pemerintah Israel terlihat cukup serius dalam penanaman pohon gharqad di negaranya.

 

Author

Sutaryo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *