Uncategorized

Pohon Johar

 

Pohon Johar merupakan pohon yang banyak tumbuh di Indonesia, pohon ini termasuk kedalam suku polong-polongan dan menjadi pohon penghasil kayu keras di Indonesia. Pohon dengan tinggi berkisar 2-30 meter ini memiliki batang yang pendek dan lurus. Selain ditanam sebagai tanaman peneduh jalan dan penghias taman, pohon ini juga menjadi tanaman yang sering digunakan dalam sistem pertanaman campuran baik sebagai tanaman tepi atau penghalang angin, maupun sebagai tanaman sela.

Kayu pohon johar sendiri termasuk kedalam kayu yang memiliki kekerasan kuat serta awet, sehingga kayu pohon johar tersebut banyak diminati sebagai bahan untuk kontruksi jembatan dan tiang penopang rumah. Selain kuat dan awet kayu pohon johor ini juga memiliki warna dan corak yang indah sehingga banyak dipakai mebel dalam membuat berbagai macam perabotan rumah tangga. Namun kendala yang sering dihadapi dalam pengolahan kayu tersebut adalah tingkat kekerasan kayu yang tinggi, sehingga kayu sulit untuk dipotong dan dibentuk. Namun saat ini pohon johar tidak hanya dapat diolah sebagai bahan mebel dan bangunan saja, namun juga dapat diolah menjadi berbagai macam olahan. Seperti kayu dari pohon johar tersebut dapat dijadikan arang, karena kualitas kayu yang kuat baik digunakan untuk membuat arang. Kemudian daun, bunga, dan polong tanaman johar dapat diguakan sebagai pakan ternak ruminansia.

Dinegara lain seperti Thailand, daun dan bunga pohon johar yang masih muda sering dimasak dalam masakan lokal mereka. Kemudian jika di negara Kamboja akar pohon johar dipakai sebagai obat cacing anak-anak, serta kayu terasnya untuk obat kudis dan obat pencahar.  Di Indonesia sendiri tepatnya di Jawa Tengah rebusan daun pohon johar diolah menjadi teh untuk obat malaria oleh karena itu hampir semua bagian dari pohon johar tersebut dapat diolah dan dimanfaatkan menjadi berbagai macam olahan dan manfaat. Walaupun pohon johar belum diketahui pasti asalnya dari mana, namun pohon johar awal tumbuh di dataran sumatra yang hingga saat ini telah tersebar luas hampir ke seluruh Indonesia.

 

Author

Sutaryo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *