floraUmum

Menghias Teras Minimalis? Gunakan Pot Bunga Gantung!

Pot bunga memiliki berbagai jenis, bentuk dan juga warna. Salah satu jenis pot yang paling sering dipilih para pemilik rumah minimalis adalah pot gantung. Pasalnya pot gantung dapat menghemat lahan dan menjadikan pemandangan lebih segar. Namun tanaman yang menggunakan pot gantung itu harus disesuaikan.

Pasalnya tidak semua tanaman pantas untuk ditaruh ke dalam pot gantung yang notabene berukuran kecil. Kemudian untuk pot gantung sendiri ada beberapa macam, Anda harus menyesuaikannya dengan tema rumah yang diusung dan sesuaikan pula dengan lokasinya. Apakah Anda akan menyimpan pot gantung di teras, di halaman rumah atau di balkon.

Halaman rumah biasanya akan dimanfaatkan sebagai tempat untuk bermain, bersantai dan juga untuk tempat tanaman hias. Masing-masing rumah idealnya harus terdapat tanaman agar tampak asri dan segar, terlebih untuk rumah yang berada di kawasan perkotaan nan padat. Tanaman selain dimanfaatkan untuk mempercantik penampilan rumah, selain itu akan membantu kelancaran sirkulasi udara juga.

Namun bagaimana jadinya jika area rumah sangat sempit? Jangan khawatir karena sekarang pot gantung menjadi jawabannya. Pot gantung telah dimanfaatkan banyak orang yang rumahnya minimalis. Pasalnya pot dengan jenis tersebut tidak menyita banyak lahan, hanya dengan digantung maka tampilan rumah sudah semakin cantik.

www.pexels.com

Keunggulan dari Penggunaan Pot Gantung

Meskipun saat ini Anda masih belum tertarik untuk menggunakan pot gantung, namun bagi orang perkotaan pot gantung sudah mulai dipilih. Dikarenakan rumah mereka begitu sempit sampai tidak ada lahan untuk menaruh pot bunga, akhirnya mereka memilih menggunakan pot gantung. Sehingga pot tidak memakan lahan dan rumah tetap terlihat asri karena terdapat beberapa tanaman. Ada beberapa keunggulan dari penggunaan pot gantung. Berikut keunggulannya :

  1. Memberikan keindahan

Kebanyakan rumah pasti mengalami kerusakan pada dindingnya. Entah itu cat yang mulai meluntur, kemudian dinding mulai mengelupas dan sebagainya. Untuk menutupi kekurangan tersebut sebenarnya tak harus dengan cara mengecat ulang atau melepa ulang dinding yang mengelotok. Hanya dengan menghiasnya dengan pot gantung maka kekurangan tersebut akan tersamarkan. Kemudian sesuaikan pula warna pot dengan dindingnya, sehingga terlihat menyatu dan menarik. Setiap mata yang melihat pasti akan tertarik karena keindahannya memancar.

  1. Menghemat lahan di rumah

Rumah yang luas tanahnya hanya sedikit pasti susah untuk ditanami bunga. Padahal rumah jika tidak ada tanaman sama sekali kelihatan gersang. Hanya ada 1 solusi agar rumah Anda tetap asri meskipun tidak memiliki lahan lua, yaitu dengan memilih pot gantung. Pot jenis ini hanya perlu digantung di beberapa tempat yang sekiranya nyaman untuk dilihat. Contohnya di pagar, teras rumah dan sebagainya.

  1. Lebih modern

Dengan menggunakan pot bunga gantung maka tampilan rumah menjadi lebih modern. Lihat saja di rumah-rumah besar, banyak pemilik rumah besar yang justru suka dengan pot gantung. Pasalnya selain dijadikan asesoris rumah, pot jenis tersebut juga akan menjadikan rumah lebih rindang dari sebelumnya. Pot gantung pun telah tersedia dalam berbagai macam, bentuk dan jenis. Dengan demikian Anda akan leluasa dalam menentukan pilihan.

www.pexels.com

Macam-macam Pot Bunga Gantung dengan Model Terkini

Pot gantung masuk ke dalam list asesoris rumah. Dalam pemilihan asesoris harus ada pertimbangan agar setelah di pasang, rumah menjadi semakin menarik. Dikarenakan pot gantung itu tersedia dalam banyak model, maka kami akan berbagi beberapa model terkini yang dapat Anda pilih untuk diaplikasikan dalam rumah.

  • Multicolor Hanging Pot

Untuk yang memilih pot jenis ini, Anda dapat memilih warna sesuai dengan warna dinding dan warna bunga. Untuk bunga yang ditaruh dalam pot gantung, pilih-pilih saja dahulu di toko bunga Jakarta. Ketika teras rumah, halaman rumah atau balkon rumah diisi dengan pot warna warni pasti akan menjadikan rumah Anda bernuansa ceria dan menyegarkan. Ada satu trik dalam penggunaan multicolor hanging pot ini, Anda harus memilih bunga dengan warna yang kontras dengan warna potnya.

  • Pot Gantung Serabut Kelapa

Apabila tema rumah Anda memiliki nuansa yang alami, maka pot bunga gantung yang terbuat dari serabut kelapa ini sangat tepat untuk diaplikasikan. Warnanya yang cokelat akan sangat tepat apabila dipadukan dengan rumah berdesain kayu. Kemudian pot serabut kelapa ini juga akan membantu menstabilkan kelembaban udara. Namun Anda harus menanam bunga yang bobotnya ringan, sehingga pot ini dapat bertahan lama. Banyak sekali tanaman yang bobotnya ringan, seperti anggrey, bunga lily, bunga mawar dan sebagainya.

  • Pot Gantung Up Side Down

Dari namanya saja sudah langsung terbayang bagaimana bentuk dari potnya. Jadi ketika Anda membeli pot gantung tersebut, posisi potnya akan terbalik. Ini merupakan jenis pot yang paling baru dan dijamin trendy. Ada keunikan tersendiri dari pot Up Side Down, yaitu bentuknya sasma seperti kap lampu. Bagi yang ingin mendekorasi ruang kantor, pot ini menjadi pilihan tepatnya. Suasana rileks pasti akan terbangun, sehingga akan mengurangi rasa stress karena sibuk bekerja.

Namun karena posisi potnya terbalik ketika dipasang, maka Anda harus mencari tanaman hias yang tidak butuh banyak air untuk bertahan hidup. Pasalnya ketika memilih tanaman yang butuh banyak air, pot yang modelnya terbalik ini tidak dapat terlalu banyak menyimpan air. Bagi yang mengutamakan trend, pot ini sangat cocok dan tepat.

  • Pot Gantung Merambat

Berdasarkan namanya saja dapat langsung terbayang bagaimana susunan pot gantung merambat tersebut. Banyak rumah perkotaan yang menghias dinding balkon, susuran dan pagar taman rumah dengan tanaman yang ditaruh dalam media pot merambat. Ada kelebihan dalam penggunaan pot merambat ini, media tanah serta tanaman di dalamnya lebih banyak. Sehingga Anda sedikit bebas dalam memilih tanaman, tidak harus tanaman yang ringan.

www.pexels.com
  • Pouch Pot

Namanya saja pouch, pasti bentuknya menyerupai sebuah tas. Pot gantung dengan bentuk pouch ini cukup sering terlihat di beberapa rumah modern dan minimalis. Pasalnya dengan penggunaan pot pouch tidak akan mengurangi laham untuk tempat menyimpan tanaman. Tanaman hanya perlu digantung di dinding rumah yang telah ditancapkan paku, kemudian tanaman yang ditaruh di dalamnya juga beragam. Akan tetapi karena potnya menempel di dinding dan Anda tidak ingin dindingnya kotor, jangan memilih tanaman hias merambat dan selain itu pilih juga tanaman yang tidak begitu berat.

Pasalnya tanaman hias yang merambat itu akan menempel dinding dan seringkali sulit untuk dibersihkan. Kemudian beberapa minggu sekali, Anda juga harus rajin memotong tanaman hias yang ada di pouch pot tersebut. Ketika tanamannya terlalu rimbun justru akan membuat dinding tampak aneh. Namun kami yakin, dengan penggunaan pot bunga berbentuk pouch ini akan semakin memperindah tampilan langit-langit teras dan balkon di rumah Anda.

 

Author

Sutaryo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *