Trik Membuat Rumah Type 21 Terlihat Luas

Dalam istilah ukuran rumah, kita mengenal yang namanya rumah type 21, 36, 54, 60, hingga type 70. Untuk type 21 merupakan sebutan lain untuk rumah minimalis. Rumah type ini memiliki ukuran yang kecil namun cukup untuk dihuni keluarga kecil. Dengan harga yang cukup terjangkau, rumah type ini banyak diminati oleh mereka yang membutuhkan rumah namun memiliki budget yang kurang besar. rumah type ini juga mudah ditemukan di berbagai perumahan minimalis. Apalagi di kota juga sekarang sudah mulai berkuran lahan tanah yang bisa dijadikan rumah, makanya rumah bertype 21 ini cukup banyak diminati.

Sebenarnya selain alasan hemat lahan dan biaya, faktanya rumah minimalis juga banyak digemari oleh meraka yang memang menginginkan rumah berukuran mungil. Rumah type 21 ini biasanya terdiri dari beberapa kamar, kamar mandi, dapur, dan beberapa ruangan lainnya. Meskipun ukurannya kecil, namun rumah type ini juga bisa terlihat luas tergantung dari bagaimana interiornya.

pexels.com

            Trik Membuat Rumah Type 21 Terlihat Luas

Tidak peduli ukuran rumahnya, jika kita bisa menata interiornya dengan tepat, maka tidak mustahil jika rumah minimalis akan terlihat lebih luas. Bagaimanakah caranya? Hal ini tentu saja sangat dibutuhkan oleh mereka yang memiliki rumah berukuran kecil. Terutama yang tinggal di perkotaan, dimana rumah berukuran kecil merupakan hal yang biasa karena keterbatasan lahan. Coba beberapa trik berikut untuk membuat rumah minimalis anda terlihat lebih luas dari yang sebenarnya.

  1. Gunakan cat dinding berwarna cerah

Salah satu trik ampuh untuk membuat rumah minimalis menjadi terlihat luas adalah dengan mengecat dinding anda dengan warna yang cerah. Hal ini akan memberikan kesan luas pada rumah anda. Warna cerah seperti putih, kuning, dan biru muda membuat kesan luas meskipun ada banyak furniture dalam ruangan tersebut.

  1. Gunakan cermin

Trik lain yang bisa digunakan adalah dengan memanfaatkan cermin yang dipasang di bagian dinding. Jika tidak memiliki cermin berukuran besar, maka anda bisa memanfaatkan cermin sedang yang disejajarkan. Cermin memiliki kemampuan merefleksikan ruangan dan akhirnya ruangan yang sempit akan terlihat lebih luas.

  1. Penataan Furniture

Trik lainnya tentu saja terkait dengan pemasangan furniture. Usahakan untuk tidak memasang furnitur dengan posisi mepet di dinding karena hal ini akan memberikan kesan terbatas. Hal ini bertujuan untuk membuat cahaya yang masuk ke dalam ruangan menimbulkan bayangan pada furnitur dan memberikan perspektif ruangan yang lebih besar.

  1. Memanfaatkan karpet motif

Cara lain untuk membuat rumah type 21 terlihat lebih luas adalah dengan menggunakan karpet bermotif meskipun ukurannya kecil. Karpet ini bisa anda pasang di bawah meja tamu maupun di dekat kamar tidur. Selain membuat ruangan terlihat lebih luas, karpet ini juga menambah keindahan ruangan anda pastinya.

  1. Dinding

Trik lainnya juga bisa anda lakukan pada bagian dinding yaitu dengan meletakkan berbagai furnitur yang bisa diletakkan pada dinding. Contohnya saja TV LED yang bisa ditempelkan di bagian dinding agar mencipkatan kesan yang lebih luas. Hal ini juga sebenarnya dapat membuat kita menghemat tempat untuk meletakkan tv seperti meja yang bisa kita manfaatkan untuk keperluan lain.

  1. Lantai

Cara lainnya adalah dengan mengubah bagian lantai bermotif strip. Anda bisa memasang karpet maupun lantai vynil yang bermotif kayu yang memiliki motif strip. Hal ini juga akan menambah kesan klasik dan unik pada ruamh minimalis anda.

pexels.com

Selain ketujuh trik tersebut, mengurangi pintu juga menjadi salah satu cara untuk membuat ruangan dalam rumah type 21 terlihat semakin luas. Misalnya saja di bagian ruang keluarga dan dapur yang bisa disekat dengan dinding dan pintu bisa anda satukan. Hanya saja manfaatkan lemari maupun kaca sebagai gantinya agar ruangan terlihat lebih luas. Jika anda membeli rumah yang telah jadi, mungkin mencopot pintunya bisa jadi solusi yang tepat untuk menghemat ruang. Sebenarnya masih ada banyak cara yang digunakan sebagai trik meluaskan ruangan. Misalnya saja dengan memasang wall art ataupun stiker pada bagian plafon.

            Keuntungan Memiliki Rumah Minimalis

 

Meskipun sebagian orang membeli rumah minimalis atau rumah type 21 satu karena masalah keterbatasan lahan dan budget, namun sebenarnya ada juga keuntungannya. Bahkan dibandingkan dengan rumah yang berukuran besar, kita yang punya rumah minimalis justru merasa diuntungkan. Dan inilah beberapa keuntungan yang bisa kita dapatkan jika memiliki rumah berukuran dan bergaya minimalis.

  1. Harganya terjangkau

Seperti yang telah kita bahas di atas bahwa kebanyakan alasan orang memilih rumah berukuran minimalis adalah karena harganya yang terjangkau. Hal ini terutama untuk anda yang tinggal di perkotaan dimana lahan sudah mulai terbatas dan untuk mendapatkan rumah dengan lahan yang luas tentu tidaklah mudah. belum lagi di kota harga rumah juga jauh lebih mahal.

  1. Lebih mudah diurus

Keuntungan yang kedua tentu saja lebih mudah diurus karena ukurannya yang kecil, terutama jika sudah berhubungan dengan kebersihan rumah. rumah kecil tidak akan waktu yang lama untuk membersihkannya.

pexels.com
  1. Hemat pengeluaran

Keuntungan yang ketiga adalah hemat pengeluaran karena rumah kecil cenderung tidak membutuhkan  lampu yang terlalu banyak. Hal ini tentu saja menghemat pengeluaran untuk membeli lampu maupun membayar tagihan listriknya. Begitu juga dengan pengeluaran untuk membeli berbagai furnitur. Termasuk untuk hal gorden. Rumah yang minimalis, tentu kacanya juga tidak terlalu besar, begitu juga dengan ukuran gordennya. Apalagi kalau beli gordennya di toko gorden Surabaya.

  1. Kehangatan keluarga lebih terasa

Untuk yang sudah berkeluarga, tentu rumah minimalis dapat lebih mendekatkan setiap anggota kelurganya. Rumah juga akan terasa lebih nyaman karena lebih hangat dan hubungan keluarga juga lebih terjaga.

pexels.com

Kurang lebih itulah kelebihan yang bisa kita dapatkan jika kita memiliki rumah minimalis. Keuntungan lainnya adalah bisa dijadikan sebagai investasi. Daripada harus membeli rumah yang berukuran besar langsung dan menunggu uangnya terkumpul, akan lebih baik untuk membeli rumah minimalis dan menggunakan sisa uang anda untuk investasi lainnya. Bukanlah akan lebih untung? Lagipula biaya perawatan rumah kecil juga jauh lebih murah jika dibandingkan dengan rumah berukuran besar. selain itu rumah minimalis juga sedang tren di kalangan masyarakat. Desain rumah yang menggunakan warna utama monochrome ini paling banyak diminati oleh kalangan muda.

 

Selain rumah berdesain minimalis, sekarang ini furniture dengan desain yang minimalis juga telah banyak dijual di pasaran sehingga untuk melengkapi interior rumah minimalis menjadi lebih mudah. Anda bisa berkreasi dengan berbagai hal untuk membuat interior rumah minimalis tetap cantik namun juga terlihat luas. Gunakan trik di atas agar rumah type 21 anda menjadi lebih menarik dan terlihat lebih luas dari sebenarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *