Islam

Pentingnya Mengenal 20 Sifat Wajib Bagi Allah Bagi Umat Islam

Sebagai umat Islam mengenal sifat wajib yang dimiliki Allah adalah hal yang penting. Sifat wajib ini bisa dikenalkan kepada umat Islam sejak dini. Mengenalkan sifat – sifat yang dimiliki Allah ini bisa digunakan untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT, memperkuat iman seluruh umat Islam, selalu mengingat Allah SWT, dan pastinya memperkaya ilmu mengenai agama Islam lebih dalam. Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dari mengenal sifat wajib Allah.

Allah SWT memiliki sifat wajib yang harus dikenal oleh umat Islam sebanyak 20 sifat wajib. Selain penting mengenal sifat wajib, Alllah SWT juga memiliki sifat mustahil yang tidak kalah penting untuk diketahui umat Islam. 20 sifat wajib yang dimiliki Allah SWT akan dibahas pada artikel kali ini. Perkaya ilmu agama anda melalui https://hasana.id/. Apa saja 20 sifat wajib Allah? Simak penjelasannya di bawah ini.

Langsung saja mari kita kupas satu per satu 20 sifat wajib yang dimiliki Allah SWT. Sifat wajib yang pertama adalah Wujud. Sifat ini memiliki makna bahwa Allah merupakan zat pasti ada. Sifat ke dua yakni Qidam yang memiliki makna bahwa Allah merupakan yang awal dan akhir. Sifat ke tiga adalah Baqa’ dengan makna maha kekal tidak akan mati ataupun punah. Sifat ke empat adalah Mukholafatul Lilhawaditsi dengan makna Allah berbeda dari makhluk yang diciptakannya. Sifat ke lima adalah Qiyamuhu Binafsihi dengan arti Allah tidak bergantung dengan yang lain.

Sifat ke enam yakni Wahdaniyah dengan makna tunggal atau Maha Esa. Sifat ke tujuh adalah Qudrat dengan makna berkuasa. Sifat ke delapan Iradat dengan arti berkehendak. Sifat ke sembilan adalah Ilmun dengan arti mengetahui segalanya. Sifat ke sepuluh adalah hayat dengan makna kekal atau Maha Hidup. Sifat ke sebelas adalah Sama’ yakni mendengar. Sifat ke duabelas adalah Basar dengan arti Maha Melihat. Sifat ke tigabelas adalah Qalam dengan makna berfirman. Sifat ke empatbelas yakbi Qadiran dengan arti berkuasa.

Sifat ke limabelas adalah Muridan dengan arti berkehendak. Sifat ke enambelas Aliman dengan makna Maha Mengetahui. Sifat ke tujuhbelas adalah Hayyan artinya hidup. Sifar ke delapanbelas adalah Sami’an artinya Maha Mendengar. Sifat ke sembilanbelas adalah Bashiran dengan makna Maha Melihat. Sedangkan sifat terakhir adalah Mutakalliman dengan arti Maha Berfirman.

Itulah 20 sifat wajib yang dimiliki oleh Allah SWT yang wajib diketahui seluruh umat Islam. Setiap sifat wajib Allah memiliki makna yang berbeda – beda. Tidak hanya sekedar mengetahui 20 sifatnya saja namun perlu mengetahui maknanya. Mengetahui 20 sifat wajib tersebut akan memperkuat iman diri anda dan lebih mendekatman diri dengan Allah SWT.

Author

Sutaryo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *